Faktor Yang Dapat membunuh Sel Sperma

Faktor Yang Dapat membunuh Sel Sperma
Ada banyak cara untuk menjaga kualitas sperma agar berhasil membuahi sel telur. Salah satunya adalah menghindari hal-hal yang dapat membunuh sel sperma.



Sel Sperma merupakan bagian yang tidak bisa dilepas dalam sebuah proses reproduksi manusia. Seperti yang diketahui, setiap proses kehamilan manusia pasti di awali dengan bertemunya sel sperma dengan sel telur. Oleh karena itu, sangat penting bagi kaum adam menjaga kualitas sel sperma agar bisa membuahi sel telur.



Adapun faktor-faktor yang dapat membunuh sel sperma seperti yang terdapat di bawah ini.



Berikut Faktor Yang Dapat membunuh Sel Sperma:

1. Suhu Panas

Faktor yang dapat membunuh sel sperma yang pertama adalah suhu panas. Sebuah penelitian di Los Angeles yang diprakarsai oleh Danzer, MD, menyebutkan bahwa suhu panas dapat memberikan dampak negative terhadap kualitas sperma. Paul Shin, MD, yang berasal dari Washington DC bahkan menegaskan bahwa jumlah, motilitas serta morfologi sel sperma bisa lebih rendah jika berada di suhu yang cukup panas.

2. Memangku Laptop

Kebiasaan ini ternyata mampu memberikan efek yang sangat buruk terhadap spermatogenesis atau proses pembentukan gamet jantan. Seperti yang diketahui, laptop juga dapat menimbulkan panas. Jadi, apabila memangku laptop cukup lama maka panas yang berasal dari laptop ataupun sejenisnya tersebut mempengaruhi testis sebagai sebagai produsen sperma.

3. Rokok dan Alkohol

Bukan rahasia lagi apabila rokok maupun Alkohol bisa memberikan dampak negative yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh. Begitu juga terhadap system reproduksi pria, baik rokok maupun alkohol juga bisa membunuh atau menurunkan kualitas sperma. Berdasarkan ilmu kedokteran, merokok dapat menurunkan motilitas sperma. 

Tidak hanya itu, benda yang terbuat dari tembakau ini juga mampu memperlambat gerak sperma, merusak DNA sel sperma, serta yang paling membahayakan adalah bisa meningkatkan kecenderungan disfungsi ereksi. Sedangkan alkohol, dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma

.

4. Celana Dalam

Celana dalam yang sempit juga dapat menyebabkan rusaknya sel sperma. Seperti yang diketahui, celana dalam yang sempit tidak memberikan ruang kepada alat kelamin untuk bergerak bebas. Bahkan memberikan tekanan sehingga menyebabkan aktivitas produksi sperma menjadi sedikit terganggu.





5. Varikokel

Varikokel atau yang sering disebut juga varises menjadi salah satu penyebab terbunuhnya sel sperma. Varikokel sendiri merupakan pelebaran pembuluh darah, dalam hal ini pembuluh darah yang melebar adalah di bagian testis. Beberapa hal yang paling sering terjadi akibat varikokel adalah jumlah sperma yang rendah, serta menggangu aliran sperma dari testis. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini adalah dengan cara bedah dan non-bedah. Bedah dianggap menjadi jalan terbaik untuk menjadikan produktivitas sperma kembali meningkat dan berkualitas.



Tentunya selain 5 faktor di atas masih banyak faktor lain yang dapat membunuh sel sperma. Oleh karena itu, salah satu cara agar sel sperma kita tetap berkualitas adalah dengan menjauhi hal di atas.