Ini Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Besar di 2016

Ini Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Besar di 2016
Mengambil jurusan di jenjang kuliah bisa menentukan tingkat kesulitan seseorang mendapatkan pekerjaan. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers (NACE), merilis jurusan kuliah apa saja yang paling mudah mendapatkan pekerjaan di 2016 nanti.

NACE menyebar kuisioner sejak Agustus hingga pertengahan September pada 201 perusahaan. NACE bertanya mengenai rencana mereka merekrut karyawan baru lulus dari jurusan apa. Contoh-contoh perusahaan tersebut adalah Aetna, Chevron, DuPont, Procter and Gamble dan Macy’s.

Dikutip dari Forbes, Kamis (26/11/2015), jurusan yang menghasilkan lulusan yang mudah dapat pekerjaan dibagi menjadi tiga jenjang: sarjana, master dan doktoral.

Untuk jenjang sarjana atau S1, mahasiswa jurusan akuntansi paling banyak dicari perusahaan di tahun depan, 98 perusahaan menyatakan bakal menerima jurusan ini. Disusul ilmu komputer dengan 97. Sementara finance atau keuangan di urutan ketiga dengan nilai 91. Di posisi keempat, ada administrasi bisnis dan manajemen sebanyak 86. Sementara teknik mesin sebanyak 83.

Urutan Jurusan Untuk S1

Berdasarkan studi ini, mahasiswa jurusan ekonomi dan marketing yang bergelar sarjana berada di urutan paling bawah. Sebanyak 64 responden atau perusahaan menyatakan siap menerima lulusan dari jurusan ini.


Urutan Jurusan Untuk S2

Sementara jenjang master atau S2, perusahaan di 2016 paling banyak akan merekrut lulusan ilmu komputer, sebanyak 49 perusahaan menyatakan bakal banyak menerima lulusan di jurusan ini. Menyusul di urutan kedua adalah teknik elektro sebanyak 35 perusahaan. Kemudian ketiga teknik mesin dengan 34 perusahaan.

Di tingkat S2, mahasiswa bergelar master jurusan Manajemen Sistem Informasi paling sedikit bakal diterima perusahaan, hanya 24 perusahaan menyatakan bakal menerima lulusan ini.


Urutan Jurusan Untuk S3

Sedangkan yang terakhir untuk gelar doktor, sebanyak 12 perusahaan menyatakan bakal menerima lulusan teknik elektro dan 9 perusahaan menerima ilmu komputer. Sementara di urutan ketiga adalah teknik perangkat lunak, di mana 7 perusahaan atau responden menyatakan bakal menerima lulusan ini.


Yang terendah adalah jurusan fisika dan teknik industri atau teknik manufaktur. Hanya 4 perusahaan menurut studi NACE mau menerima jurusan ini.