Keutamaan dan Kelebihan Wanita dibanding Laki-laki

Keutamaan dan Kelebihan Wanita dibanding Laki-laki
Wanita memiliki banyak kelebihan dibanding laki-laki. Wanita diciptakan penuh keindahan, khususnya bagi laki-laki yang memandangnya. Wanita memiliki berbagai keistimewaan, bukan saja di mata manusia, tetapi di mata Allah SWT yang menciptakannya.

Dalam Islam, wanita dipandang sebagai salah satu makhluk yang diberikan beberapa kelebihan. Keutamaan wanita ditunjukkan oleh Allah SWT dengan memberikan nama dalam salah satu surahnya di al-Qur’an dengan An-Nisa, yang berarti wanita.

keutamaan wanita

Rasulullah berkata, bahwa makhluk yang harus kita cintai setelah Allah dan Rasulullah ialah ibu, ibu, ibu, barulah ayah. Disebutnya tiga kali nama ibu menunjukkan apresiasi yang sangat tinggi diberikan Islam kepada wanita. Berikut beberapa alasan atau kelebihan wanita yang seharusnya membuat wanita merasa bahagia.
Kelebihan dan keutamaan wanita

Dengan memiliki sifat penyayang yang lebih kuat, membuat doa wanita lebih makbul dibanding doa laki-laki. Ketika hal tersebut ditanyakan kepada Rasulullah SAW, beliau menjawab: “Ibu lebih penyayang daripada ayah dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.”

Barang siapa yang menggembirakan anak wanitanya, derajatnya seumpama orang yang sentiasa menangis karena takut akan Allah SWT dan orang yang takut akan Allah SWT maka akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya. Subhanallah…

Barang siapa yang membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah) lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedekah. Hendaklah mendahulukan anak wanita daripada anak laki-laki. Maka barang siapa yang menyukakan anak wanita seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail AS.

Barang siapa mempunyai tiga anak wanita atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan, lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggung jawab, maka baginya ialah surga.

Perempuan yang taat akan suaminya, maka semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan, semuanya beristighfar baginya selama dia taat kepada suaminya (serta menjaga sembahyang dan puasanya).

Aisyah RA berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, siapakah yang lebih besar haknya terhadap Perempuan? Jawab baginda, “Suaminya.” “Siapa juga berhak terhadap -Laki-laki?” Jawab Rasulullah SAW, “Ibunya.”

Jika seseorang wanita mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1000 kejahatan.

Perempuan yang mendorong suaminya keluar dan berjuang ke jalan Allah dan kemudian menjaga adab rumah tangganya akan masuk syurga 500 tahun lebih awal daripada suaminya, akan menjadi ketua 70000 malaikat dan bidadari. Dan wanita itu akan dimandikan di dalam syurga, dan menunggu suaminya dengan menunggang kuda yang dibuat dari yakut.

Perempuan yang tidak cukup tidur pada malam hari karana menjaga anak yang sakit maka akan diampunkan oleh Allah seluruh dosanya. Dan bila dia menghibur hati anaknya, Allah akan memberi 12 tahun pahala ibadah.

Keutamaan wanita dibanding laki-laki.