Makanan yang Dipantang bagi Penderita Asam Urat

Makanan yang Dipantang bagi Penderita Asam Urat
Asam urat adalah peradangan yang sangat menyakitkan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Jempol kaki adalah target yang paling umum, tetapi asam urat juga dapat menyerang kaki, pergelangan kaki, lutut, dan tangan. Sebuah serangan asam urat dapat berlangsung selama berhari-hari atau berbulan-bulan. Pria dan orang gemuk beresiko lebih besar. Jika Anda rentan terhadap asam urat, maka harus menjauhi segala makanan pantangan bagi penderita asam urat.

Tidak peduli seberapa bagus obat asam urat yang sedang Anda konsumsi, jika tidak diiringi dengan pengaturan pola makan, maka akan menjadi kurang efektif. 

Oleh karenanya kami sajikan 9 jenis makanan yang harus Anda dihindari untuk mengatasi masalah asam urat:

Kerang. 

Kurangi makanan laut dan daging, kata Lona Sandon, asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas. Karena Makanan hewani ini kaya akan purin, yang akan terurai menjadi asam urat di dalam tubuh. Sebaiknya batasi mengkonsumsi makanan laut paling banyak 4-6 ons setiap harinya.

Ikan teri, tuna dan ikan asin. 

Memang ada beberapa jenis makanan laut dapat dimakan sesekali, namun khusus untuk ikan teri, tuna dan ikan asin harus dihindari sepenuhnya. 

Di sisi lain, udang, lobster, belut, dan kepiting relatif aman, kata Scott Zashin, MD, seorang rheumatologist dan profesor klinis kedokteran di UT Southwestern.


Bir. 

Minum bir adalah bahaya ganda untuk penderita asam urat, menurut Dr Zashin. Tidak hanya meningkatkan tingkat asam urat Anda, bir juga membuat tubuh menjadi sulit untuk membersihkan kelebihan asam urat dari tubuh. Wine adalah pilihan yang lebih baik, tapi minum terlalu banyak adalah ide yang buruk bagi semua orang. Namun selama serangan asam urat datang alkohol merupakan pantangan yang harus dihindari.

Daging merah. 

Semua daging diciptakan dengan kandungan purin yang berbeda-beda. Daging putih umumnya lebih baik daripada daging merah, tapi tidak menjadi masalah untuk makan beberapa jenis daging merah sesekali. Anda dapat memilih jenis daging merah seperti sapi dibandingkan dengan kalkun, kambing dan domba.

Kalkun. 

Daging kalkun dan angsa memiliki kandunga purin yang sangat tinggi, jadi yang terbaik adalah menghindari mereka. Ayam dan bebek adalah pilihan paling aman, menurut Dr Zashin. Sebaiknya pilih daging dari bagian kaki dibandingkan dengan dada ayam dengan kulit. Daging kaki adalah pilihan yang lebih baik daripada dada ayam dengan kulit.

Soft drink. 

Hindari minuman manis dengan tinggi fruktosa sirup jagung, seperti soda non-diet. Karena pemanis akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat. Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak fruktosa lebih berisiko mengembangkan asam urat.

Asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur lebih tinggi purin dibandingkan sayuran lainnya. 

Tapi jika Anda suka makanan ini, tidak ada alasan untuk menghindari mereka sepenuhnya. Karena sepertinya tubuh lebih mudah membuang purin dari sumber nabati.
Jeroan hati dan ginjal adalah termasuk makanan pantangan asam urat yang harus Anda hindari.

Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu melindungi Anda terhadap asam urat. Ini termasuk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks, kopi, dan buah-buahan, terutama buah jeruk. Anda juga harus minum setidaknya 12 sampai 16 gelas air putih setiap hari.




Dengan menjauhi segala makanan pantangan asam urat di atas, tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengatasi dan mencegah serangan asam urat yang sangat menyakitkan.

Makanan yang Dipantang bagi Penderita Asam Urat
Referensi : www.health.com

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak