Hari Lahir Daeng Soetigna ke-108 di Google Doodle

Hari Lahir Daeng Soetigna  ke-108 di Google Doodle

Hari ini Google ikut memberikan gambar berupa Google Doodle, yakni Hari lahir Daeng Soetigna ke 108.

Daeng Soetigna Adalah seorang guru yang terkenal sebagai pencipta angklung diatonis. Daeng Soetigna lahir di Garut 13 Mei 1908. Pak Daeng pensiun sebagai pegawai negari sipil pada tahun 1964, (saat beliau berumur 56 tahun). Setelah pengabdianya yang panjang untuk mengenalkan musik angklung, Pak Daeng Soetigna wafat pada tanggal 8 April 1984.

Karya terbesar dari pak Daeng yaitu memodifikasi Angklung yang tadinya bernada pentatonis menjadi diatonis. Dan angklung tersebut diberi kehormatan dengan nama Angklung Padaeng.


Daeng Soetigna di logo Google hari ini, Jumat, 13 Mei 2016. Ya, bapak angklung atau pencipta angklung tersebut hadir di Google Doodle hari ini dalam memperingati hari lahir Daeng Soetigna ke-108. Daeng soetigna berasal dari daerah Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Daeng Soetigna menciptakan musik, dikenal sebagai pencipta angklung diatonis. Beliau mendobrak tradisi membuat alat musik tradisonal – dan berhasil serta lihai memainkan musik internasional. Daeng Soetigna aktif pula dalam orkes angklung di pelbagai pementasan di wilayah Nusantara.

Karya Daeng Sutigna yakni modifikasi angklung yang mulanya pentatonis jadi diatonis. Kemudian, beliau diganjar nama kehormatan sebagai Angklung Padaeng. Dalam pada itu, seniman Daeng Sutigna juga dikenal sebagai komposer maestro yang meramu puluhan lagu angklung (aransemen).

Biografi Daeng Sutigna, lahir pada 13 Mei 1908 dan meninggal pada 8 April 1984. Biografi Daeng Sutigna Bahasa Sunda banyak dicari sebab orangtua beliau termasuk bangsawan Sunda. Beliau menikmati pendidikan di zaman Belanda, beruntung sebab saat itu sangat terbatas bagi para peribumi. HIS Garut dan Sekolah Raja (Kweekschool) Bandung adalah sejumlah tempat beliau belajar.

Kemudian, Daeng Sutigna berasal dari Jawa Barat melanjutkan kursus B-1 (setara D-3) dan dikirim bersekolah di Teacher's College Australia. Demikian sekilas profil dan biografi tokoh di logo Google hari ini, dan jika kamu sudah mengetahuinya, bisakah menjawab pertanyaan ini, sebutkan 3 jenis musik di Jawa Barat? Selamat ulang tahun dan hari lahir Daeng Soetigna ke-108.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak