Adakah Jin Muslim dan Jin Kafir ?

Adakah Jin Muslim dan Jin Kafir ?
Jin adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT, mereka juga hidup dibumi ini dan lebih dahulu diciptakan dibanding manusia tetapi alam kita manusia dan bangsa jin berbeda. tapi tahukan anda apakah jin juga ada yang muslim ada yang kafir seperti manusia?



Telah sama-sama kita tahu bahwa manusia dan jin itu diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT, berarti mereka juga mengemban syariat tertentu. dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul terakhir diutus untuk seluruh alam, kata ahli tafsir seluruh alam tersebut termasuk jin dan manusia jadi diantara mereka ada yang muslim mengikuti ajaran yang dibawa Rasulullah SAW.

Diantara dalil yang menguatkan bahwa ditengah bangsa jin itu ada jin-jin muslim yang tulus adalah dalam firman Allah SWT, "Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan kepadamu (Muhammad) serombongan jin yang mendengarkan (bacaan) al-Qur'an, maka ketika mereka menghadiri (pembacaan)-nya, mereka berkata, 'Diamlah kalian (untuk mendengarkannya)!' 

Maka ketika telah selesai, mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. Mereka berkata, ' Wahai kaum kami! Sungguh, kami telah mendengarkan Kitab (al-Qur'an) yang diturunkan setelah Musa, membenarkan (kitab-kitab) yang datang sebelumnya, membimbing kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus, Wahai kaum kami! Terimalah (seruan) orang (Muhammad) yang menyeru kepada Allah. 

Dan berimanlah kepadaNya, niscaya Dia akan mengampuni dosa-dosa kalian dan melepaskan kalian dari azab yang pedih. Dan barangsiapa tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah (Muhammad), maka dia tidak akan dapat melepaskan diri dari siksaan Allah di bumi, padahal tidak ada pelindung baginya selain Allah. Mereka berada dalam kesesatan yang nyata." (Al-ahqaf : 29-32)

ayat diatas menyiratkan secara mendalam betapa besarnya pengaruh yang dirasakan oleh jin-jin itu ketika mendengar al-Qur'an, juga menyingkap keistimewaan besar yang mereka miliki ketika sudah menjadi muslim dan menjadi para da'i yang mengajak kaum mereka untuk beriman dan masuk islam.

Seraya menginformasikan tentang jin, Allah SWT berfirman, "Dan sesungguhnya diantara kamu (jin) ada yang shalih dan ada (pula) kebalikannya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda." (Al-Jin :11)

Imam al-Baghawi didalam tafsirnya berkata, 'dan ada (pula) kebalikannya' , maksudnya bukan yang shalih. 'kami menempuh jalan yang berbeda-beda', maksudnya ada kelompok-kelompok yang terpisah-pisah dan golongan yang beragam. Mujahid berkata, Yang mereka maksud, ada bangsa jin yang muslim dan ada pula yang kafir.

Dalam riwayat lain juga Allah SWT menginformasikan tentang jin dalan FirmanNya, "Dan diantara kami ada yang Islam dan ada yang menyimpang dari kebenaran. Siapa yang Islam, maka mereka itu telah memilih jalan yang lurus. Dan adapun yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi bahan bakar bagi Neraka Jahannam." (Al-Jin : 14-15)

Kata, 'yang menyimpang dari kebenaran', maksudnya adalah kafir.

Wallahu a'lam

sumber:
DR. Abdul Hamid As-Suhaibani, "Misteri Alam Jin Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah", Darul Haq, Jakarta, 2015

1 Comments:

PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGA BESAR SAYA,INI BUKAN REKAYASA ATAU PUN CERITA BENE BENER TERBUKTI SAMASAYA.
ASSALAMU ALAIKUM WR.WB....
Perkenalkan nama saya IBU MASUJI saya sangat berterimah kasih banyak kepada Aki atas bantuanya angka ghoib yang aki berikan kepada yaitu (5061) benar-benar tembus 100%, mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka jitu...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar mampus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk ,hingga akhirnya saya di kasih info kepada teman saya untuk menjadi member AKI RANGGONG,dan ternyata angka ritual ghoib yang AKI kirim kepada saya ternyata jitu..akhirnya terbayar hutang saya ini dan akhirnya saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...bagi anda yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!
KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET…

Reply

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak