Hari lahir Karl Landsteiner ke-148

Hari lahir Karl Landsteiner ke-148
Singkat kata singkat cerita Karl Landsteiner adalah penemu golongan darah.
 Karl Landsteiner merupakan seorang ilmuwan Austria yang menemukan golongan darah manusia. Melalui Karl Landsteiner yang lahir di Wina 14 Juni 1869, kita mengenal empat golongan darah manusia yakni golongan darah O, A, B dan AB. 

Mengapa google sampai memberikan penghormatan dengan memasang doodle Karl Landsteiner di hari ulang tahunnya yang ke-148? Berkat penemuan golongan darah oleh Karl Landsteiner sangat membantu dunia kedokteran dalam melakukan donor atau transfusi darah. Misalnya, golongan darah AB hanya bisa memberikan transfusi atau donor darahnya kepada sesama pemilik golongan darah AB.

Karl Landsteiner kemudian lebih dikenal sebagai ahli biologi yang memulai karirnya di Universitas Wina kemudian berpindah ke Amerika Serikat tahun 1922 dan menjadi peneliti senior pada Rockefeller Institute of Medical Research.

Hari lahir Karl Landsteiner ke-148
Ilmuwan Austria Karl Landsteiner sang penemu golongan darah di dalam laboratoriumnya (Foto: derstandard.at)

Jasa terbesar Karl Landsteiner, selain penemuan golongan darah juga virus polio dan serum dalam darah. Berkat penemuan ini, menandai perkembangan baru dalam dunia kedokteran khususnya dalam transfusi darah bagi pasien korban kecelakaan atau kurang darah.

Semasa hidup dan berkarya, berdasarkan catatan wikipedia, Karl Landsteiner menerima banyak penghargaan. Pada tahun 1926, Karl Landsteiner menerima Aronzon Prize, sebuah penghargaan di bidang mikrobiologi. Kemudian pada tahun 1930, Karl Landsteiner dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran. Bukan hanya itu, setelah meninggal pada tanggal 26 Juni 1943 di New York, Amerika Serikat dalam usia 75 tahun, pemerintah Austria mematri sosok Karl Landsteiner dalam pecahan uang 1000 Schilling (mata uang Austria) tahun 1997. Bahkan sosok Karl Landsteiner pernah jadi foto perangko Austria.

Mengingat sumbangsihnya yang begitu besar bagi peradaban manusia khususnya dalam bidang kedokteran, tak heran bila hari ini Selasa (14/6) google memasang doodle Karl Landsteiner sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-148. Dalam doodle tampak jelas Karl Landsteiner bersama tabung darah lengkap dengan golongan darah O, A, B, dan AB. 

Sejak masih menjadi pelajar, Karl sudah menyukai riset dimana pertama kali dirinya mempublikasikan mengenai pengaruh diet terhadap komposisi abu darah. Selanjutnya, dirinya kuliah di Universitas Wina jurusan kedokteran dan lulus tahun 1891. Pada tahun 1922 Karl pindah ke Amerika Serikat dan menjadi peneliti senior pada Rockefeller Institute of Medical Research.

Selain berhasil menemukan golongan darah manusia, Karl juga berhasil menemukan virus polio dan serum dalam darah. Berkat penemuan ini, menandai perkembangan baru dalam dunia kedokteran khususnya dalam transfusi darah bagi pasien korban kecelakaan atau kurang darah.

Karena jasanya dalam dunia kedokteran ini, Karl Landsteiner mendapat banyak penghargaan. Pada tahun 1926, Karl Landsteiner menerima Aronzon Prize, sebuah penghargaan di bidang mikrobiologi. Kemudian pada tahun 1930, Karl Landsteiner dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran.

Karl landsteiner akhirnya meninggal dunia pada usia 75 tahun tepatnya tanggal 26 Juni 1943 di New York, Amerika Serikat. Selepas wafatnya ini, pemerintah Austria memberikan penghargaan khusus dimana pemerintah Austria mematri sosok Karl Landsteiner dalam pecahan uang 1000 Schilling (mata uang Austria) tahun 1997. Selain itu, sosok Karl ini juga pernah dijadikan gambar pada perangko Austria.

Hari ini Selasa (14/6) google merayakan ulang tahun Karl Landsteiner yang ke-148. Google memasang doodle Karl Landsteiner pada halaman pertamanya. Itulah tadi tentang Siapakah Karl Landsteiner?

1 Comments:

Dulu kehidupan saya sekeluarga sangat susah,karna masalah keuangan
tapi stelah sya mengetahui bahwa AKI ((AGUM SARTO))
bisa meberikan angka goib 2d.3d dan 4d 100% tembus
dan sya sudh menang dputaran sgp dan hk benar2 tembus.ini smua berkat
bantuan AKI ((AGUM SARTO))
dan sya coba menghubngi beliau dan alhamdulillah,kini aku bisa merubah kehidupan
sya sekeluarga menjadi lebh baik,jadi sya sarankan kepada anda semua
jika ingin merubah nasib anda menjadi lebih baik,hubugi AKI ((AGUM SARTO))
dnmr hpx: 085,398,996,887 Pasti tidak mengecewakan trima kasih¤.

Reply