Hari Lahir Lotte Reiniger Ke-117

Hari Lahir Lotte Reiniger Ke-117
Bukan Google Namanya kalo kagak menghargai orang makanya hari ini di Google Doodle menyempatkan pasang logo sebagai memperingati  Hari Lahir Lotte Reiniger Ke 117.

Pernahkah anda mendengar nama Charlotte Reiniger atau Lotte Reiniger sebelumnya? Lotte Reiniger sendiri merupakan salah seorang sutradara yang dikenal atas teori yang ditemukannya yakni seni silhouette atau lebih dikenal dengan nama seni siluet.

Seperti yang telah banyak dibahas di google pada hari ini, Kamis (2/6/2016), Lotte Reiniger ialah salah seorang sutradara perempuan yang cukup terkenal, dia sendiri berasal dari Jerman. Lotte Reiniger cukup dikenal karena ialah pelopor dari pelopor film animasi model siluet yang hingga kini pun masih sering digunakan di Walt Disney.

Reiniger sendiri lahir di kawasan Berlin-Charlottenburg, Jerman tepat hari ini pada 117 tahun silam, 2 Juni 1899, Pada tahun 1921, Reiniger sendiri akhirnya menikah dengan Carl Koch. selain sebagai seorang suami, koch pun ternyata menjadi partner kreatif bagi perjalanan karirnya. berawal dari sang suami itulah, akhirnya Lotte Reiniger pun bisa berinteraksi serta bertukar ide dengan para seniman filsuf besar pada masa itu, seperti misalnya adalah Bertolt Brecht, Berthold Bartosch serta sang maestro avant-garde Hans Curlis.



Reiniger sendiri hingga saat ini diketahui telah sukses membuat lebih dari 40 film animasi siluet, adapun beragam karya film dari Lotte Reiniger ini sendiri bisa anda lihat dalam beberapa judul film-film kartun yang ada di Walt Disney. Tak hanya itu saja, teknik animasi siluet, penemuan dari Reiniger ini sendiri pun bahkan tak hanya digunakan dalam beberapa film saja, mengingat Walt Disney sendiri diketahui telah menerapkan penemuan dari Reiniger ini hampir selama 10 tahun lamanya untuk mengembangkan perfilman mereka.

Oleh karena itulah, untuk merayakan hari ulang tahun dari Lotte Reiniger yang ke 117 pada hari ini, Google bersama dengan tim Doodle pun akhirnya mempersembahkan sebuah animasi pendek yang mana bertemakan siluet dan mengangkat kisah dari sang penemu teori seni siluet ini yang tak lain adalah sosok Lotte Reiniger.


Seorang pembuat doodle yang mana pada kali ini berkesempatan untuk membuat sebuah animasi video Doodle penghormatan kepada Lotte Reiniger ini sendiri tak lain adalah seorang doodler yang bernama Olivia Huynh. Dia pun memberi sebuah judul pada Doodle buatannya tersebut dengan judul Lotte Reiniger’s 117th birthday.