Pelantikan Siswa Baru SMAN 1 Plus Matauli Angkatan 23

Pelantikan Siswa Baru SMAN 1 Plus Matauli Angkatan 23
Tokoh Nasional Akbar Tanjung melantik 353 siswa baru SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan, Tapanuli Tengah, untuk Angkatan XXIII TA 2016/2017, Sabtu (21/5). Mereka adalah siswa yang lulus seleksi dari 1.635 pendaftar online dan dari tes akademik di 19 kabupaten dan kota.

“Pesan saya kepada para siswa agar giat belajar untuk bisa mengejar cita-cita masing-masing, demi masa depan yang lebih baik,” ujar Akbar Tanjung yang bertindak sebagai pembina upacara pelantikan yang digelar di Aula Gymnasium sekolah.

Sementara itu Gubsu yang diwakili Yuniar mengapresiasi seluruh unsur tenaga pendidik sekolah, yayasan pendiri, serta pemerintah daerah, yang telah bekerja keras mengoptimalkan kemampuan hingga SMA Matauli sukses mengoleksi berbagai prestasi.‬ “Pemprov Sumut pun akan memberikan sumbangan pemikiran, dana, fasilitas, serta dukungan penuh untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah ini,” tuturnya‬.

‪Bupati Tapanuli Tengah Sukran Jamilan Tanjung menyampaikan, SMAN 1 Plus Matauli Pandan merupakan sekolah kebanggaan bersama yang telah mengukir berbagai prestasi yang mengharumkan nama Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, bahkan Indonesia.

Pelantikan Siswa Baru SMAN 1 Plus Matauli Angkatan 23
“SMA Matauli Pandan telah berhasil menginspirasi sekolah lain. Karena itu Pemkab Tapanuli Tengah wajib terus mendukung,” kata Bupati.

Usai pelantikan, dihelat peresmian gedung rusunawa dari Kementrian PU Pera yang telah rampung dibangun di kompleks lahan sekolah itu. Gedung itu akan digunakan sebagai asrama bagi siswa. Dimana mobilernya berupa tempat tidur, kasur, lemari dan meja belajar dihibahkan oleh Pemkab Tapanuli Tengah.
Dr. Ir. H. Akbar Tanjung Resmikan Rusunawa SMA Negeri 1 Matauli Pandan

Dr. Ir. H. Akbar Tanjung meresmikan Rusunawa SMA Negeri 1 Matauli Pandan bertempat di Kompleks SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Sabtu (21/05/2016).

Dr. Ir. H. Akbar Tanjung dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk kesuksesan proses belajar bagi siswa siswi dan kami dari pendiri dan pembina bangga dan bersyukur kepada Tuhan pada hari ini kita akan meresmikan Penghunian Rusunawa SMAN 1 Matauli Pandan.

Untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan tentu harus didukung fasilitas sarana dan prasarana yang harus terus menerus kita tingkatkan. Selain sarana Gedung Sekolah, tentu harus kita benahi salah satunya Rusunawa, sebagai tempat tinggal bagi siswa siswi SMAN 1 Matauli Pandan.

Kita menyadari dengan pendidikanlah dan sumber daya manusialah yang menjamin kemajuan bangsa dan negara. Latar bekakang pendirian Rusunawa SMA Negeri 1 Matauli Pandan bersama Alm. Bapak Jend. TNI. Feisal Tanjung melihat kondisinya minimnya putra putri Tapanuli Tengah yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Atas dasar ini, kami menggagasi Pendirian SMA Negeri 1 Matauli Pandan beberapa tahun yang lalu.

Setelah berdirinya sekolah ini atau dengan adanya Yayasan Matauli ini, yang menjadi aset dan modal melahirkan putra putri bangsa khususnya Tapteng yang memili ilmu pengetahuan sehingga nantinya dapat berdaya saing dengan sekolah - sekolah lain, serta menjadi yang akan menduduki jabatan - jabatan yang membutuhkan orang yang profesional dan potensial dimasa yang akan datang.

Dengan peresmian Rusunawa ini, kami dari pembina dan atas nama yayasan mengapresiasi Kementerian PU dan PERA dan Pemkab Tapanuli Tengah yang telah turut membantu pendirian Rusunawa ini. Kepada anak - anak kami, yang akan menempati Rusunawa ini agar mempergunakan Rusunawa ini dengan sebaik baiknya untuk menimba ilmu dan melanjutkan cita - cita bangsa dan mewujudkan nilai nilai luhur Pancasila dan Undang undang Dasar 1945, kata Akbar Tanjung.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Tengah (H. Sukran Jamilan Tanjung, SE, MM) dalam sambutannya mengucapkan selamat datang Bapak Dr. Ir. H. Akbar Tanjung di kampus SMA Negeri 1 Matauli Pandan. SMA Negeri 1 Matauli Pandan merupakan sekolah kebanggaan bersama, yang telah mengukir berbagai prestasi sehingga mengharumkan Tapanuli Tengah.

Keberadaan SMA Negeri 1 Matauli Pandan telah berhasil menginspirasi sekolah lain untuk meraih pestasi baik di Tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional. Atas dasar hal tersebut, Pemkab Tapanuli Tengah berkewajiban untuk terus membantu dan memmberikan dukungan demi peningkatan prestasi SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Berkaitan dengan pendirian Rusunawa SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Pemkab Tapanuli Tengah telah membantu dalam hal pengurusan Surat Izin Mendirikan Bangunan, memberikan bantuan hibah berupa tempat tidur, kasur, lemari dan meja belajar. Dalam kesempatan ini, kami ingin sampaikan bahwa Pemkab Tapanuli Tengah berkomitmen akan terus membantu demi keberhasilan dan suksesnya pendidikan di SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Peresmian Rusunawa SMA Negeri 1 Matauli Pandan turut dihadiri oleh Walikota Sibolga, Panusunan Pasaribu, mewakili Kapolres, mewakili Dandim 0211/TT, mewakili Danlanal Sibolga, Ketua Yayasan SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 1 Matauli Pandan, orang tua dan para siswa kelas X serta siswa baru Angkatan XXIII SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Sebelum acara peresmian Rusunawa SMA Negeri 1 Matauli Pandan, dilaksanakan Upacara Pelantikan Siswa Kelas X Angkatan XXIII T. P. 2016 – 2017 di Gedung SMAN 1 Negeri Matauli Pandan dengan penyematan tanda siswa olehDr. Ir. H. Akbar Tanjung selaku Ketua Dewan Pembina sekaligus Pendiri Yayasan Matauli Pandan dan penyerahan secara simbolik hak mendidik siswa dari pihak orang tua kepada pihak sekolah yang disampaikan oleh Bupati Tapanuli Tengah.

Penyerahan secara simbolik hak mendidik siswa SMAN 1 Plus Matauli dari pihak orang tua  kepada pihak sekolah

Foto : Penyerahan secara simbolik hak mendidik siswa SMAN 1 Plus Matauli dari pihak orang tua
kepada pihak sekolah


Penyematan Tanda Siswa SMAN 1 Plus Matauli oleh Dr. Ir. H. Akbar Tanjung
Foto : Penyematan Tanda Siswa SMAN 1 Plus Matauli oleh Dr. Ir. H. Akbar Tanjung

Penandatanganan Prasasti Gedung Rusunawa SMAN 1 Matauli Pandan  oleh Dr. Ir. H. Akbar Tanjung

Foto : Penandatanganan Prasasti Gedung Rusunawa SMAN 1 Matauli Pandan
oleh Dr. Ir. H. Akbar Tanjung


Foto bersama Dr. Ir. H. Akbar Tanjung, Bupati Tapanuli Tengah, Walikota Sibolga,  Mewakili Forkopinda Tapanuli Tengah, Panusunan Pasaribu, Sekda Kota Sibolga,  Ketua Yayasan Matauli Pandan dan Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan


Foto bersama Dr. Ir. H. Akbar Tanjung, Bupati Tapanuli Tengah, Walikota Sibolga,
Mewakili Forkopinda Tapanuli Tengah, Panusunan Pasaribu, Sekda Kota Sibolga,
Ketua Yayasan Matauli Pandan dan Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan


Acara tersebut dirangkai dengan atraksi Siswa Angkatan XXIII berupa Defile, Marching Band, Senam Komando, Tari Kreasi dan Pagelaran Seni Tradisional Reog. Selanjutnya, penandatanganan Gedung Rusunawa SMA Negeri ! Matauli Pandan oleh Dr. Ir. H. Akbar Tanjung.
Hadir di acara itu, para orangtua siswa yang dilantik, Pimpinan DPRD Sumatera Utara H Zulkilfi Effendi Siregar, Ketua Yayasan Matauli C Hujairin Pasaribu, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, dan Ketua DPRD Tapanuli Bakhtiar Ahmad Sibarani.
Sumber : tapteng.go.id-http://suaratapanuli.com