Toyota Agya Terbaru

Review Toyota Agya

Tinjauan Umum

Toyota telah berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu pabrikan yang top di dunia dimana telah meraup keuntungan yang berlimpah selama beberapa dekade terakhir ini dan sukses bagi perusahaan ini, cukup dideskripsikan hanya dengan satu kata – Kualitas. 

Begitu juga halnya dengan hatchback kecil teranyar, Agya, yang merambah pasar Indonesia. Didesain oleh Daihatsu Motor Jepang, Agya berbagi kelas yang sama dengan Daihatsu Ayla di Indonesia. 

Meskipun hadir dalam bentuk hatchback, tapi performa mobil ini dapat dihandalkan di jalanan perkotaan. Inisiatif untuk menerapkan LCGC (Low Cost Green Car) dalam upaya konservasi lingkungan serta tingginya pertumbuhan masyarakat, merupakan salah satu faktor yang mendorong pemerintah Indonesia menerapkan tiga syarat bagi mobil untuk memasuki pasar tanah air. 

Pertama, harga mobil harus berada pada kisaran Rp 95 juta sebelum pajak, kedua mobil harus hemat bahan bakar, jarak tempuh setidaknya 20 kmpl dan terakhir adalah 80% sumber komponen harus berasal dari pasar domestik. 

Toyota pun telah mengembangkan mobil ini berdasarkan pada peraturan yang berlaku itu. 

Toyota Agya tersedia dalam tiga varian berbeda di pasar indonesia yaitu : 
Tipe E (Toyota Agya E Transmisi Manual), 
Tipe G (Toyota Agya G Transmisi Manual dan Toyota Agya Transmisi Otomatis) serta 
the Tipe TRD S (Toyota Agya TRD S Transmisi Otomatis dan Toyota Agya TRD S Transmisi Manual). 

Dilengkapi dengan transmisi otomatis 4 kecepatan dan manual 5 kecepatan, bobotnya mencapai 740 kg, yang terdiri dari 1KR 12 1-liter, mesin bensin 3-silinder 12 Katup DOHC yang bisa mencapai tenaga maksimum sebesar 65 PS pada 6000 rpm serta torsi maksimum sebesar 88kgm pada putaran 3600 rpm. Di sisi estetika, mobil ini hadir dengan tampilan baru yang lebih segar. 

Pada edisi teranyarnya, Agya hadir dengan gaya desain yang lebih elok, lebih canggih dan tingkat efisiensi yang semakin tinggi. Tampilan multi informasi (MID), sistem audio baru, SRS airbags dan interior yang luas menghiasi paket ini. Untuk orang yang menyukai olahraga, hatchback ini juga tersedia dalam varian yang sporty. Untuk membuatnya semakin mencolok, versi TRD dilengkapi dengan side skirt, tampilan bagian depan yang stylish,desain roda yang sangat menarik dan lencana khusus.

Jarak Tempuh dan Tingkat Efisiensi

Salah satu faktor pendukung di balik pengembangan Toyota Agya adalah tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. Tes parameter LCGC mewajibkan kendaraan hatchback apapun agar bisa meraih jarak tempuh maksimal setidaknya 20 kmpl. Toyota mengklaim bahwa jarak tempuh rata-rata Toyota Agya mencapai 21 kmpl. Dengan tangki bahan bakar yang berkapasitas 39 liter, mobil ini bisa menempuh jarak 693 km sebelum diisi kembali, menjadikannya kendaraan perkotaan yang sangat efisien.

Tenaga

Kendaraan kecil dalam kota ini dipersenjatai dengan mesin bensin 3 silinder 12 Katup DOHC. Mesin 1-liter dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 65 PS pada 6000 rpm. Mesin Toyota Agya memproduksi torsi awal maksimum hingga 88 kgm pada putaran 3600 rpm. Bobot tubuh yang ringan mengembangkan rasio daya terhadap berat secara optimal, dan mobil ini tetap dapat menghantarkan performa yang baik. Sebaliknya, untuk mobil dengan ukuran ini, sistem kemudi juga mudah ditangani dan bertenaga.

Akselerasi dan Daya Angkut

Mengingat mobil ini merupakan jenis kendaraan perkotaan yang dikembangkan berdasarkan pada aturan LCGC dan mengadopsi mesin kecil 1-liter, Anda tidak dapat mengharapkan akselerasi yang luar biasa dari Toyota Agya. Toyota Agya mampu mencapai 100km/j dari posisi diam dalam waktu 16,7 detik. Tidak ada yang perlu dibanggakan dengan angka ini. Tetapi cukup memadai untuk sebuah hatchback berdasarkan aturan LCGC yang berlaku . Kecepatan maksimum mencapai 155 km/j.

Eksterior

Toyota Agya akan memberikan Anda kesan bahwa mobil ini sangat sepadan dengan harga yang ditawarkan. Hatchback ini hadir dengan gaya desain yang lebih agresif. Lampu utama yang bersegi dan lancip yang dipasang pada lengkungan gril yang lebar. Bemper bagian depan yang bersegi memiliki lubang udara yang besar, diapit oleh resesi lampu kabut berbentuk segitiga. 

Demikian juga halnya pada sisi samping. Karakter maskulin terlihat pada garis lipatan tebal yang dimulai persis di atas lengkungan roda depan dan berlanjut hingga ke lampu belakang. Tipe G dan TRDS juga dilengkapi ornamen beraksen krom yang atraktif dan sebuah spoiler belakang dengan lampu stop yang dipasang tinggi. Lampu belakang berbentuk trapesium yang menawan, semakin menyempurnakan tampilan belakang. Varian Tipe G dan Tipe TRD S memiliki lebih banyak ornamen untuk menghiasi ekteriornya dibandingkan dengan Tipe E. 

Kedua varian ini memberikan warna hitam pada pilar sentral dan kaca luar elektrik. Juga terdapat pemakaian krom dengan trim krom pada lampu kabut, gril yang lebih rendah, dan pegangan luar pintu. TRD S Sporty dilengkapi dengan Aerokit komplit. Varian tertinggi dari Agya terlihat seperti mesin memperlihat sensasi sesungguhnya dari sebuah hatchback. Varian tersebut memiliki skirting depan yang dimulai dari spatbor di bawah lampu kabut dan lubang udara. Mobil ini juga mempunya skirt samping yang asimetris yang berada di sepanjang mobil, dengan bentuk yang lebih sempit di pintu depan dan melebar di pintu belakang. 


Skirt belakang lebih rendah dan mendapatkan sentuhan desain yang lebih agresif. Juga ada moniker TRD S yang berada tepat di bawah aksesoris pelindung (side protective molding) di pintu belakang. Pada varian ini, juga disematkan lambang TRD S pada bagian belakang. Mobil ini tersedia dalam 7 pilihan warna : solid white, silver metallic, solid black, gray metallic, light blue, metallic blue and red.

Ukuran Ekterior

Agya Tipe E berukuran kompak ini memiliki panjang 3600 mm dan lebar 1600 mm. Semua varian memiliki tinggi 1520 mm dan jarak sumbu roda 2450 mm untuk kenyamanan ruang kaki bagi seluruh penumpang.

Interior

Di seluruh varian, Anda akan menemukan banyak fitur standar. Semua varian telah dilengkapi dengan kunci sentral, power windows dengan fitur auto-down bagi pengendara, kursi besar yang nyaman dengan bahan kain dan sandaran kepala yang bisa diatur pada penumpang depan dan belakang. Kursi belakang dapat dilipat untuk meningkatkan kapasitas ruang bagasi. 

Bahkan, jika kursi belakang dibiarkan tetap pada posisinya, masih terdapat ruang yang cukup untuk menempatkan tiga tas besar. Telah terdapat sistem audio CD/MP3 pada seluruh varian. Dimana varian Tipe E dasar dilengkapi dengan single DIN unit dan Tipe G dan TRD S dengan Double DIN. Kedua sistem audio ini dibekali dengan colokan USB dan input AUX untuk memutarkan musik favorit Anda. Tipe G dan TRD S telah dilengkapi dengan Takometer dan Multi-Information Display (MID) yang tertanam pada instrumen kluster. 

Multi-Information Display menyajikan informasi terbaru mengenai konsumsi bahan bakar. Selain itu, terdapat pengaturan 5 alarm dan juga cruising range meter. Sejalan dengan wiper depan Intermittent, ORVM pada tipe G dan TRD S juga dikontrol secara elektrik. Paket interior pada dua trim lengkap dengan sisipan ornamen perak pada stir, panel instrumen kluster, trim pintu dan di lantai transmisi.

Kenyamanan Interior

Toyota Agya mungkin berukuran kecil, bahkan untuk sebuah hatchback, tapi ruang yang tersedia cukup memuaskan. Anda tidak akan merasa berada dalam mobil yang kecil saat berada di dalamnya. Lima orang dewasa dapat duduk dengan nyaman karena desain interior yang fungsional. Ruang kaki dan kepala juga cukup luas dan sangat memadai. Semua varian dilengkapi dengan 7 pegangan gelas untuk menaruh minuman favorit Anda.

Ukuran Interior

Meskipun ukurannya relatif kecil, tapi dengan adanya jarak sumbu roda yang layak, tersedia ruang kaki yang cukup untuk penumpang di baris depan dan belakang, namun ruang kepala akan terasa lebih sempit. Ruang boot pada Toyota Agya juga cukup layak untuk sebuah Hatchback yakni berkapasitas 260 liter.

Mesin dan Performa

Hanya terdapat satu jenis varian mesin pada Agya. Mesin tersebut adalah mesin bensin 1KR DOHC 12 katup. Mesin tiga silinder serta bahan bakar yang diinjeksikan secara elektrik menghasilkan perfoma yang halus dan responsif. Mesin 988 cc dapat mencapai tenaga maksimum sebesar 65 PS pada 6000 RPM. Torsi yang dihasilkan oleh mesin yang kecil ini juga sangat impresif yakni 88 kgm pada putaran 3600 RPM. Kedua varian yang ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis dan transmisi manual ini, menghantarkan perfoma yang sangat memuaskan dan bisa digunakan dengan nyaman baik di kota maupun di jalan tol.

Roda

Toyota Agya Tipe E dilengkapi dengan pelek baja 13 inchi, sedangkan Tipe G dan TRD S dengan pelek enam palang berukuran 14 inchi. Ban untuk Toyota Agya E berukuran 155/80 R13 sedangkan pelek berukuran 14 inchi dipadukan dengan ban berukuran 175/65 R14.

Stereo dan Aksesoris

Tidak ada yang istimewa dengan sistem stereo pada Toyota Agya, tapi sistem suara yang diaplikasikan cukup memuaskan. Varian Tipe E dasar dilengkapi dengan 1 DIN Integrated Audio dengan pemutar CD, bisa memutar MP3 dan memiliki konektivitas USB dan AUX. Sistem audio 2 DIN yang berkualitas lebih tinggi terdapat pada varian Tipe G dan Tipe TRD S.

Pengereman dan Penanganan

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara Agya dengan jenis lainnya pada sistem pengereman. Kombinasi standar antara cakram depan dan teromol belakang digunakan. Varian transmisi otomatis juga dibekali dengan cakram berventilasi. Tapi, ABS dan EBD tidak tersedia, bahkan juga tidak terdapat opsi tambahan untuk itu. Electronic Power Steering yang digunakan masih tergolong standar untuk seluruh varian. Agya menggunakan MacPherson strut dengan gulungan pegas berada di depan sasis, sedangkan suspensi belakang didukung dengan semi-independent torsion beam dengan coil spring. Suspensi juga cukup halus dan terkadang sedikit masuk jika dibanting terlalu keras ketika menyudut.

Keselamatan dan Keamanan

Bahkan untuk mobil yang dijual pada harga ini, keamanan tetap menjadi hal yang penting. Dual SRS airbag depan menjadi standar di seluruh varian. Sabuk pengaman pada kursi depan dilengkapi dengan Pre-Tensioners dan Force Limiters, dan di kursi baris kedua juga dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk keamanan penumpang.

Pros

  • Mesin bensin yang responsif dan halus
  • Interior yang luas
  • Hemat bahan bakar
  • Harga murah

Kontra

  • Persaingan yang ketat dengan varian yang lebih murah dari Daihatsu Ayla
  • Tidak ada ABS dan EBD
  • Kurang sitem keselamatan secara
  • keseluruhan Varian terendah kurang fitur eksterior dan interior


Source : oto.com

    14 Comments


    I feel happy about and I really like this learning more about this topic. keep sharing your information regularly for my future reference.


    Dot Net training in chennai

    Reply


    Dell customer support service phone number 1800-382-3046 can be accessed anytime and the Dell printer support experts are always available 365*24*7. By dialing the toll-free phone number.The Dell printer support is available 24/7, and one can reach out to the experts for error resolutions. Just dial dell customer service number 1800-382-3046.
    Dell Printer Support Number

    Reply

    I am Grateful™ that you shared this informational post. ✆ Your website has everything that I have been looking for so long. Your knowledge about this topic is quite impressive. I am amazed by the content you shared on this website.☞ I loved this page so much that I have bookmarked it for future reference. Thank you for this valuable piece of information. Sadly I could not find any additional information on this page. The information available here is similar to other websites. I like that your understanding about this subject is very deep. Visit௹☞ Telstra WebmailPlumbers Near MeNorton.com/setupoffice.com/setupoffice.com/setupNurton.com/nu16

    Reply

    Having read this I thought it was extremely informative. I appreciate you finding the time and effort to put this article together. I once again find myself spending a lot of time both reading and posting comments. But so what, it was still worth it!
    KBC Game Show

    Reply

    Wonderful post! We are linking to this great post on our website. Keep up the great writing. KBC Winner List 2020

    Reply

    If you are a sports enthusiast; use Fubo TV through fubotv connect enter code. They cater to sports first over everything, and that is how they have strengthened their identity; all you need to do is opt for Fubo.tv/Connect to get it on your smart TV. Fubo.tv/Connect

    Reply

    FuboTv is one of the great options.When it comes to FuboTv activate code, many people face technical glitches and other issues. Not just during sign up, they face hindrances during fubotv/Connect enter Code. fubotv/activate is a crucial process when you chose fuboTv for the first time. It is advised to take professionals help while activating so that you do not face any hinderance. fubotv/Connect

    Reply

    Toyota Agya Terbaru ~ Dangstars™ >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Toyota Agya Terbaru ~ Dangstars™ >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Toyota Agya Terbaru ~ Dangstars™ >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    Reply

    An interesting discussion is worth comment. I do believe that you should write more about this subject matter, it might not be a taboo matter but typically folks don't speak about such subjects. To the next! Best wishes!! Damascus Skinner Dagger Knife 8 inch with Bone Handle Color Sheet

    Reply

    Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak