Penyebab Akibat Penyakit Darah Tinggi

Penyakit Darah Tinggi Atau Hipertensi
Penyakit Darah Tinggi

Penyakit hipertensi bisa disebabkan akibat beberapa faktor resiko. Beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah :
  •     Akibat diet menurunkan berat badan
  •     Konsumsi asupan garam yang berlebihan
  •     Stress
  •     Ras
  •     Obesitas atau mengalami kelebihan berat badan
  •     Merokok
  •     Akibat faktor genetik
  •     Dan sistem saraf simpatis
  •     Keseimbangan modulator vasodilatasi dan vasokonstriksi
  •     Pengaruh dari otokrin setempat yang mempunyai peran sebagai sistem renin
  •     Angiostensin dan juga aldoteron

Para pasien penderira prehipertensi mempunyai resiko dalam mengalami suatu peningkatan pada tekanan darah untuk berubah menjadi tekanan darah tinggi. Dan mereka yang mempunyai tekanan darah antara 130-139/80-89 mmHg dalam sepanjang hidupnya maka mereka bisa mempunyai resiko 2 kali lebih besar dalam mengalami hipertensi dan juga penyakit kardiovaskular lainnya dibandingkan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

Untuk mereka yang berusia lebih dari 50 tahu, maka tekanan darah sistolik yang lebih dari 140 mmHg yang adalah salah satu bentuk faktor resiko yang bisa menjadi lebih penting untuk terjadinya suatu penyakit kardiovaskular dibandingkan dari tekanan darah diastolik. Dan kemudian resiko dari penyakit kardiovaskular akan mulai terjadi pada tekanan 115/75 mmHg, kemudian akan semakin meningkat tiap mengalami kenaikan mencapai 20/10 mmHg.



Penyakit hipertensi yang bisa menimbulkan suatu kerusakan pada organ tubuh. baik yang secara langsung atau juga tidak langsung yang bisa mengenai jantung, otak, ginjal, serta arteri perifer, dan juga bagian mata. Beberapa penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa penyebab dari kerusakan organ tadi lewat dari akibat langsung karena suatu kenaikan tekanan darah dibagian organ, atau juga akibat dari efek yang terjadi dengan tidak langsung, dan diantara adanya autoantibodi pada reseptor ATI angiostensin II, stres oksidatif, down regulation yang dimulai dari ekspresi nitric oxide synthase, dan juga yang lainya.

Dan penelitian lainnya yang dilakukan juga membuktikan bahwa diet dengan tinggi garam dan juga tingkat sensitivitas pada garam yang mempunyai peranan besar didalam tubuh dari timbulnya suatu kerusakan pada organ target, dan misalnya kerusakan pada pembuluh darah yang terjadi akibat dari peningkatan eskpresi transforming growth factor β.

Akibat Penyakit Hipertensi

Beberapa faktor resiko akibat penyakit darah tinggi adalah :
  •     Penyakit hipertensi untuuk usia lebih dari 55 tahun dan juga wanita yang berusia lebih dari 65 tahun.
  •     Untuk mereka yang merokok
  •     Mereka yang mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas
  •     Physical Inactivity
  •     Dislipidemia
  •     Penyakit diabetes melitus
  •     Mikroabualbuminemia atau GFR kurang dari 60 ml/min.

Jika Anda mempunyai peluang dalam mengidap penyakit darah tinggi maka sebaiknya lakukan pengelolaan tekanan darah jika memang Anda mempunyai resiko, yakni adalah 
Menjaga pola makan dengan baik 
Sebaiknya selalu memilih jenis makanan dan minuman dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan rendah gula, lemak dan juga gara. 
Berhentilah merokok dan sebaiknya berhenti menjadi perokok pasif atau juga jangan terlalu sering terpapar dengan asap rokok.

Melakukan olahraga secara teratur

Bergerak aktif merupakan salah satu hal yang sangat baik dan juga melakukan olahraga paling tidak 20-30 menit dalam setiap harinya.

Membatasi dan jika bisa menghentikan asupan minuman keras.
 Menjaga berat badan agar tetap dalam keadaan normal dengan melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan dengan baik.

Membatasi makanan yang mengandung garam, misalnya tidak mengonsumsi makanan ringan dengan berlebihan.

Menangani stress dengan baik
Stress bisa menyebabkan tubuh dalam memproduksi bahan kimia yang pada akhirnya mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyempitan dan jantung akan berdenyut dengan lebih kencang.

Cara mengatasi penyakit darah tinggi dengan melakukan pelaksanaan gaya hidup yang baik biasanya akan sangat mempengaruhi tekanan darah yang mempunyai suatu implikasi yang sangat baik dalam melakukan pencegahan atau juga pengobatan pada penyakit hipertensi.

Promosi dari kesehatan dalam bentuk memodifikasi gaya hidup yang sangat direkomendasikan untuk individu dengan pra-hipertensii dan juga sebagai salah satu tambahan pada terapi obat untuk individu penderita penyakit hipertensi. Intervensi ini merupakan salah satu bentuk untuk resiko dari penyakit jantung dengan secara menyeluruh.

Walaupun dampak dari intervensi ini tidak untuk resiko dari tekanan darah maka akan lebih terlihat pada orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, percobaan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek, penurunan dari berat badan, dan juga pengurangan dari asupan garam juga sudah ditunjukkan dalam membantu mencegah terjadinya penyakit tekanan darah tinggi. Untuk penderita penyakit darah tinggi, bahkan jika initervensi tersebut tidak menghasilkan suatu penurunan dari angka tekanan darah yang cukup dalam menghindari terapi obat, jumlah obat atau juga dosis dari obat yang diperlukan untuk bisa mengontrol darah yang bisa dikurangi.

Darah Tinggi

Sebagian orang ada yang sudah mengenal darah tinggi dan separuhnya lagi tidak. namun bagi yang tidak mengetahuinya, artikel ini akan menjelaskan tentang penyakit darah tinggi dengan jelas. Termasuk penyakit yang cukup membahayakan bagi orang yang menderitanya, bagi yang tidak bisa mengobatinya dengan tindakan yang cepat. pengobatan darah tinggi ini dapat di terapkan dalam sistem penyembuhan yang tradisional atau tidak.



Pengatasian alami di lakukan dengan bahan atau daunan herbal yang merupakan tanaman Indonesia yang terkandung banyak manfaat di dalamnya. salah satunya memakai daun kemangi yang dapat di pakai untuk obat darah tinggi. membuat ramuan dengan bahan tersebut sangat mudah dan gampang yang tidak perlu campuran bahan lain dan waktu yang cukup panjang. Cucilah daun kemangi ini, yang kemudian jadikan daun ini sebagai lalapan. Karena mayoritas daun ini di makan dengan mentah. Efek yang di alami pun juga tidak ada, sehingga aman di gunakan pada siapa saja.

Penyebab Penyakit Darah Tinggi


Penyakit darah tinggi adalah tekanan darah normal mengalami kenaikan. Dan hal ini di sebabkan oleh berbagai macam penyebab. Dan gejala darah tinggi, tentunya akan terjadi hal seperti, pusing atau sakit kepala, mual, kencing terus menerus, lelah, jantung berdebar kencang dan penglihatan yang kabur. Selain itu, bagi penderita penyakit darah tinggi, lakukan makanan yang memang di anjurkan untuknya, seperti sayur dan buah yang bagus untuk penyakit tersebut.
Penyebab penyakit darah tinggi

Berikut adalah faktor penyebab penyakit darah tinggi yang dapat kami jelaskan di bawah. Dan penyebabnya seperti :

    Faktor usia : umur yang sudah tua atau telah memasuki usia senja akan mudah terserang berbagai macam penyakit apapun, dari yang kecil hingga besar. pada dasarnya, usia yang sudah menginjak kerentanan terhadap penyakit, wajib menjaga kesehatan dari mulai pola makan dan pola tidur. Salah satunya penyakit darah tinggi yang bisa terjadi karena kondisi hal seperti ini. berusahalah untuk menjalankan kegiatan yang sehat agar terhindar segala jenis penyakit. Darah tinggi yang melebihi dari ukuran darah normal yaitu sekitar 120/60 – 140/90 mmhg. Masih banyak lagi penyebab lainnya yang dapat memicu terjadinya hipertensi atau darah tinggi. jangan pernah menyepelekan penyakit ini, yang akan membuat kefatalan pada tubuh kalian, jika bersikap seperti ini.
    
Obesitas : obesitas atau kegemukan termasuk bagian penyakit yang menyerang pada bagian tubuh akibat dari jenis penyebab. Dari mulai makanan yang memiliki lemak jahat, kurangnya air putih, jarang mengkonsumsi buah dan sayur dan olahraga yang tidak pernah di lakukan. Hal ini sungguh sangat di sayangkan sekali untuk Anda, karena tubuh pun keadaannya akan memburuk dan tidak sehat lagi. Obesitas ini dapat terjadi pada anak anak dan orang dewasa. Obat obesitas ini bisa dengan menjalankan proses diet yang sehat dan mengkonsumsi teh hijau tiap hari, yang bisa menurunkan berat badan. penyebab penyakit darah tinggi adalah adanya penyakit obesitas. Faktor resiko yang dapat di alaminya pada penderita hipertensi adalah stroke dan jantung.

    Makanan kolesterol
: kandungan makanan yang kita konsumsi harus selalu keadaan baik, sehat dan bergizi. Jika di dalamnya memiliki kolesterol jahat akan mudah terserang penyakit kolesterol, di mana di dalam tubuh akan terdapat segumpal lemak yang berlebihan akibat dari makanan dan kurangnya memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. dan kolesterol ini akan memicu terjadinya penyakit darah tinggi, jantung dan stroke. Penyakit ini dapat kita sembuhkan dengan menggunakan obat kolesterol yang terbuat dari bahan alami atau kalian juga bisa beli di apotek terdekat dengan resep dokter.

    Kopi
: termasuk bagian dari minuman yang banyak di gemari oleh orang baik anak anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Kopi ini separuhnya memiliki manfaat dan sebagiannya lagi mempunyai keburukan, jika di konsumsi secara berlebihan. kalian dapat menemukan kopi ini di berbagai macam tempat dengan merek dan harga yang di jualkan berbeda. Penyakit asma dan bau kaki yang dapat di sembuhkan dengan kopi. Dan insomnia serta penyakit darah tinggi yang dapat terjadi, apabila kopi di minum melebihi kapasitasnya. Makannya, kalian harus bisa mengurangi atau bahkan mencegah minuman ini, agar tidak menimbulkan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

    Minuman alkohol
: minuman alkohol ini ternyata memiliki kandungan kadar yang berbeda. Ada yang sedang, tinggi dan rendah. untuk orang yang tidak terbiasa akan hal ini, pasti akan merasakan pusing di bagian kepala. Mengkonsumsi minuman ini, sangat tidak baik untuk tubuh dan akan gampang terserang penyakit darah tinggi.

    Rokok
: merokok yang aktif harus segera di pasifkan, karena akan merusak tubuh yang merupakan organ untuk menjalankan sistem kerjanya. Sekarang dari mulai usia muda hingga tua, sudah mulai yang namanya merokok. Banyak penyakit yang di sebabkan oleh rokok. Seperti penyakit darah tinggi, paru paru, kanker, asma, bronkitis dan sesak nafas. Serta tidak baik juga untuk kandungan bayi didalamnya yang dapat mengalami kecacatan. Zat zat yang terkandung di dalam rokok, sangat tidak layak sekali di konsumsi oleh tubuh.


Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional

Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu pemicu munculnya penyakit yang membahayakan seperti serangan jantung, penyakit stroke, dll. Namun sejatinya penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang masih bisa dicegah dan masih bisa diatasi sedini mungkin. Justru karena ada di awal proses menuju maut, maka langkah penanganan yang dilakukan pada penyakit darah tinggi pastinya sudah menjadi suatu hafalan yang mesti di ingat semua orang.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab darah tinggi :

Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional


    Stress

    Stress adalah salah satu penyebab dari peningkatan resistensi pembuluh darah perifer serta curah jantung sehingga akan menyebabkan rangsangan aktivitas saraf simpatik. Dan stress ini berhubungan dengan pekerjaan, kelas sosial, ekonomi, serta karakteristik pribadi seseorang.

    Berat badan
    Salah satu penelitian epidemiologi yang menybutkan mengenai hubungan antara berat badan dengan tensi darah, dan baik pada penderita darah tinggi atau juga pada normotensi atau tekanan darah yang normal. dan di populasi yang tidak ada peningkatan berat berat badan seiring dengan usia yang semakin bertambah, maka tidak akan dijumpai adanya peningkatan darah yang sesuai dengan peningkatan usia. Obesitas atau kegemukan berat badan adalah salah satu penyebab dari tekanan darah naik.

    Penggunaan Alat Kb oral pada wanita
    
Peningkatan ringan pada penyakit tekanan darah biasanya banyak diitemukan oleh wanita yang kb oral yang usianya diatas 35 tahun. dan sudah menggunakan alat kb ini selama 5 tahun, atau juga pada mereka yang mengalami obese. Dan penyakit darah tinggi ini penyebabnya bisa dikarenakan volume plasma yang muncul karena suatu peningkatan dari aktivitas renin-angiotensin-aidosteron yang muncul disaat alat kontrasepsi oral ini digunakan.

    Kebiasaan merokok
    
Penyebab darah tinggi lainnya adalah akibat kebiasaan merokok. Penelitian yang terakhir menybutkan jika merokok adalah salah satu faktor pemicu dari terjadinya penyakit darah tinggi. Dan merokok adalah salah satu faktor resiko yang berpotensi besar untuk ditiadakan di Indonesia. Khususnya adalah pencegahan yang dilakukan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan juga penyakit kardiovaskular.

    Asupan garam yang tinggi
    
Kecenderungan masyarakat kita mengonsusmi asupan garam yang tinggi yang lebih dari 3 gr sehari. pravalensi atau tingkat kejadian dari penyakit darah tinggi akan meningkat sebanyak beberapa persen saja. Dan jika dikonsumsi diatas 5-15 gr dalam sehari, maka resikonya akan meningkat menjadi 5-15%.

Dibawah ini merupakan Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional yang bisa Anda lakukan :

    Akar Pule Pandak

    Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional dengan tumbuhan herbal yang satu ini adalahh ambillah 50 gr akar pule pandak, dan kemudian dicuci sampai bersih. Potonglah menjadi tipis-tipis. Dan setelah itu direbus ke dalam air panas, dan rebuslah akar tadi sampai tersisa 1 gelas aid saja. Dinginkan dan kemudian disaring serta diminum ½ gelas diminum pagi hari dan sisanya diminum sore hari. Tetapi, harus diingat ramuan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang sudah lansia karena beresiko menyebabkan depresi.
    
Mengkudu

    Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional dengan mengkudu adalah ambillah beberapa biji buah mengkudu kemudian dicuci sampai bersih dan setelah itu parutlah. Jika sudah diparut, ambillah airnya dan kemudian minumlah 2-3 kali dalam sehari. jika Anda mengalami penyakit kencing manis atau diabetes maka ramuan ini sangat cocok untuk diminum.
     
Daun meniran

    Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional yang selanjutnya adalah dnegan daun meniran. Caranya adalah cucilah ½ genggam daun meniran dan kemudian digiling halus. Setelah itu ditambahkan dengan ½ gelas air yang sudah matang. Dan setelah itu diperas dan kemudian disaring. Setelah itu minumlah hasil dari perasan tadi. Lakukanlah cara ini 2-3 kali dalam sehari. Jika Anda mengalami penyakit darah tinggi dan juga muncul gejala kaki membengkak, adanya protein didalam air seni atau mengalami penyakit batu ginjal, maka ramuan yang satu ini juga cocok untuk dikonsumsi untuk mengatasinya. Tetapi, jika Anda mengonsumsi menggunakan daun meniran dengan berlebihan, maka resikonya adalah lemah syahwat atau impotensi.

    Mentimun

    Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional dengan bahan herbal selanjutnya adalah dengan mentimun. Cara membuat ramuan ini adalaj ambillah 2 buah mentimun dan kemudian dicuci sampai bersih setelah itu parutlah. Setelah itu, diperas air parutan tadi, dan hasil parutan tadi sehingga yang tersisa hanya tinggal sarinya saja. Dan minumlah sari mentimun dari hasil parutan tadi 2-3 kali dalam sehari.
   
 Rimpang kunyit

    Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional yang kelima dengan rimpang kunyit adalah . cucilah bersih rimpang kunyit. Kemudian jika sudah diparut semua maka tambahkan dengan 1 sendok mamdu murni dan setelah itu diaduk sampai bersih dengan cara diremas. Dan kemudian diperas serta disaring sampai Anda mendapatkan campuran dari sari rimpang kunyit tadi, campurkan dengan madu murni. Minumlah ramuaun ini 2-3 kali dalam sehari.

Itulah informasi mengenai Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi. Semoga informasi Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi secara Tradisional ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Selamat mencoba.

Gejala Penyakit Darah Tinggi

Gejala penyakit darah tinggi . Gejala penyakit darah tinggi adalah suatu tanda tanda atau ciri ciri dari adanya penaykit darah tinggi ini. Penyaki ini bisa dialami oleh siapa saja, bagi yang tidak bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar. Cara menyembuhkan penaykit ini bisa dengan menggunakan bahan herbal, yang dalam pengobatan ini, tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Selain itu ada juga beberapa penyebab yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul.

Salah satu penyebabnya adalah karena faktor minuman. Minuman ini seperti minuman yang mengandung alkohol dan kafein, seperti minuman yang bersoda atau kopi. Maka dari itu, Anda harus menghindarkan atau menjauhkan dari penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Yang umumnya makanan inilah yang bisa memicu terjadinya gejala penyakit darah tinggi ini datang dan mucul. Dan Anda juga bisa menggunakan resep obat dari dokter untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi. Tetapi jika Anda menggunakan resep obat dari dokter untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi ini, akan menimbulkan efek samping.


Penyakit darah tinggi bisa disebut dengan penyakit hipertensi. Dan penyebab darah tinggi lainnya ini, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dan faktor tersebut adalah faktor genetik. Faktor ini bersifat keturunan, yang jika mengalami gejala penyakit darah tinggi yang disebabkan oleh faktor genetik, sangat sulit untuk di sembuhkan. Oleh sebab itu, Anda harus pintar menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar terhindar dari penyakit hipertensi ini, yang pada intinya penyakit ini, bisa berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat dengan cara menghindarkan makanan darah tinggi.

Penyakit ini biasanya akan dialami pada usia dewasa, yaitu sekitar usia 18 tahun keatas. Selain gejala penyakit darah tinggi ini, ada juga makanan penyebab darah tinggi, cara mencegah, cara mengatasi, cara menghindarkan, dan tanda tanda serta ciri ciri pada darah tinggi ini. Salah satu cara mencegah penyakit ini adalah dengan cara mengatur pola asupan makanan dan dengan tidak memakan makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengatur pola hidup sehat dengan cara berolahraga yang rutin dan teratur, agar terhindar dari penyakit darah tinggi ini.

Gejala penyakit darah tinggi
Selain dengan penryataan yang tertera diatas, ada beberapa gejala gejala penyakit darah tinggi ini. Dan gejalanya adalah :
Sering merasakan sakit kepala

Salah satu gejala gejala penyakit darah tinggi ini adalah bisa merasakan sakit kepala. Sakit kepala ini bisa di sebabkan oleh siapa saja, dan tidak di batasi oleh umur atau usia sekalipun. Biasanya penyakit sakit kepala ini terjadi, karena kurangnya istirahat yang cukup. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit hipertensi atau darah tinggi muncul dan datang. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar terhindar dari penyakit ini, yang penyakit ini intinya, bisa berbahya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. 
Sering mimisan

Salah satu gejala gejala penyakit darah tinggi adalah sering terjadi mimisan. Mimisan ini terjadi, karena adanya faktor lelah yang berkepanjangan, akibat dari kegiatan atau aktivitas sehari hari yang super padat. Mimisan adalah penyakit yang mengeluarkan darah dari hidung dan gejala ini bisa dialami oleh siapa saja, bagi yang tidak bisa menjaga kondisi kesehatan untuk diri sendiri. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit hipertensi ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah menyerang pada tubuh atau badan Anda, yang intinya, penyakit ini, bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Sering merasakan mual

Salah satu gejala gejala penyakit darah tinggi adalah sering merasakan mual yang berkepanjangan. Mual ini bisa terjadi karena terlambatnya makan, yang akhirnya bisa menyebabkan masuk angin. Gejala ini bisa dialami oleh siapa saja, bagi yang tidak bisa menjaga kondisi kesehatan untuk diri sendiri. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah menyerang pada tubuh batu badan Anda, yang intinya, penyakit ini bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi atau di tangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat. 
Sering mengalami puisng kepala

Salah satu gejala gejala penyakit darah tinggi adalah sering mengalami pusing kepala. Pusing kepala ini, bisa terjadi oleh siapa saja, bagi yang tidak bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik. Pusing kepala ini terjadi, karena kurangnya istirahat yang cukup. Hal inilah yang bisa memicu terajdinya penyakit hipertensi ini datang dan muncul. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah menyerang pada bagian tubuh atau badan Anda, yang intinya, penyakit ini, bisa berbahaya, jika tidak segera diatasi dan di tangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.


Penyakit Darah Tinggi Pada orang Dewasa

 Tentunya anda semua sudah tidak asing lagi dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi, penyakit darah tinggi pada orang dewasa sering sekali dialami oleh banyak masyarakat indonesia dari jaman dahulu sampai sekarang bahkan bukan hanya dialami oleh penduduk indonesia saja tetapi di negara-negara luar banyak penduduknya yang mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi. Penyakit darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan dari pola makan yang tidak baik dan membuat tekanan darah didalam diri seseorag menjadi naik lebih meningkat dibandingkan tekanan darah yang normalnya. Jangan pernah menganggap remeh penyakit darah tinggi karena jika dibiarkan saja bisa menjadi berbahaya bagi seseorang yang mengalaminya, jika anda slah satu orang yang mempunyai penyakit darah tinggi atau hipertensi sebaiknya mulai saat ini anda berusaha untuk menurunkannya, karena penyakit darah tinggi bisa kumat atau kambuh sewaktu-waktu tanpa diperkirakan.

Walaupun sudah banyak masyarakat yang mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi tetapi banyak masyarakat yang mengaggap remeh penyakit tersebut, penyakit ini bisa menimbulkan beberapa gejala yang pastinya jika anda mengalami gejala tersebut anda akan merasa kesakitan dan tidak nyaman, memang saat ini banyak yang menjual beberapa obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi tetapi anda harus cermat dalam mengkomsumsi obat penurun darah tinggi. Jika anda tidak tepat dalam memilih obat bisa jadi penyakit darah tinggi yang anda alami akan menjadi semakin parah dan akan lebih berbahaya bagi diri anda sendiri.

Penyakit Darah Tinggi Pada Orang Dewasa



Cara Menurunkan Penyakit Darah Tinggi Pada Orang Dewasa Secara Alami Adalah :

Daun Meniran

Cara yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi adalah dengan menggunakan bahan alami daun meniran, anda bisa membuat obat sendiri dengan menggunakan bahan yang alami ini caranyapun sangat mudah dan juga praktis. Pertama-tama anda siapkan daun meniran kemudian anda cuci bersih daun meniran lalu anda tumbuk sampai halus, setelah itu anda tambahkan sedikit air dan anda peras lalu saring air daun meniran tersebut. Minum ramuan tersebut secara rutin dan teratur setiap harinya sebanyak 3 kali, jika anda minum ramuann tersebut dengan teratur tekanan darah tinggi yang anda alami akan segera turun dan tekanan darah anda akan menjadi normal seperti yang lainnya.
Mengkudu

Bahan alami yang lainnya yang bisa anda jadikan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah mengkudu, tidak perlu diragukan lagi bahwa mengkudu merupakan salah satu tanaman yang paling berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang berbahaya salah satunya adalah penyakit darah tinggi pada orang dewasa atau hipertensi. Mengkudu mempunyai kandungan aktif yang bisa menurunkan tekanan darah seseorang secara alami, caranya anda siapkan mengkudu yang sudah metang kemudian anda cuci bersih mengkudu sampai bersih. Mengkudu yang sudah bersih bisa anda parut kemudian anda peras dan saring air mengkudunya, air mengkudu tersebut bisa anda minum tida kali dalam sehari untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang anda alami.

wah! Ternyata anda bisa menggunakan seledri sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi, seledri sangat baik digunakan untuk menurunkan tekanan darah jadi cara ini cukup ampuh untuk anda lakukan dirumah. Caranya anda siapkan seledri secukupnya kemudian anda cuci bersih seledri setelah itu anda rebus seledri yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan dua gelas air bersih, rebus sampai airnya tersisa menjadi 3/4 gelas. setelah itu anda dinginkan ramuan tersebut jika sudah dingin bisa anda minum dua kali dalam sehari, jangan lupa untuk melakukan cara ini dengan rutin dan juga teratur jika penyakit darah tinggi anda ingin segera membaik dan sembuh.

Okeh guys beberapa bahan yang alami diatas sangatlah efektif untuk membantu anda menurunkan tekanan darah tinggi, jika anda mempunyai masalah pada tekanan darah anda bisa mencoba beberapa resep diatas dirumah. Jika anda melakukan semua cara-cara tersebut dengan benar dan juga teratur tekanan darah tinggi yang anda alami akan segera sembuh. Penyakit darah tinggi pada orang dewasa merupakan penyakit yang cukup berbahaya jadi membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk menyembuhkannya, pada dasarnya anda harus melakukan berbagai pantangan yang bisa menyebabkan tekenan darah anda bisa naik dengan cepat, banyak makanan yang bisa membuat tekanan darah tinggi seseorang menjadi naik cukup drastis, jadi anda harus berhari-hati dalam mengkomsumsi berbagai jenis makanan setiap harinnya jika anda ingin benar-benar sembuh

Nah, demikian artikel saya tentang penyakit darah tinggi pada orang dewasa. Terima kasih telah membaca artikel saya! Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua dan jangan lupa untuk mencoba resep-resep membuat obat diatas untuk membantu menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi anda.

Darah Tinggi Ketika Hamil

Tekanan darah tinggi ketika hamil adapat menimbulkan amsalah untuk wanmita hamil dan bayi yang dikandungnya. Untuk si wanita masalah ini dapat mencakup kerusakan ginjal, stroke atau sakit kepala. Untuk bayi, tekanan darah tinggi pada calon ibu dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke plasenta, sehingga bayi yang lahir lebih kecil atau terjadi keterlambatan pertumbuhan intrauterin (IUGR).

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi ketika hamil atau sebelum Anda harus dengan seksama memantau tekanan darah selama kehamilan. Dokter mungkin merujuk Anda ke dokter ahli penyakit dalam (internis) atau dokter keluarga untu membantu mengendalikan tekanan darah anda.

Beberapa obat tekanan darah tinggi ketika hamil aman untuk diminum selama kehamilan, sementara beberapa obatyang lainnya tidak. Jangan berhenti atau mengurangi obat sendiri. Ini dapat berbahaya. Jika Anda merencankan kehamilan, konsultasikan setiap obat yang anda minum untuk mengatasi tekanan daeah tinggi dan keamanan dari obat ini dengan dokter anda.

Tekanan darah tinggi ketika hamil esensial disebabkan oleh faktor ketrunan, lingkungan dan emosi yang labil. Biasanya pada kehamilan lebih dari 30 minggu, sekitar 30% ibu hamil akan mengalami kenaikan tekanan darah, tetapi tanpa menunjukkan adanya gejala. Selain itu, sekitar 20% ibu hamil mengalami kenaikamn tekanan darah, bisa disertai dengan keruhnya air seni (air seni mengandung protein) dan edema (bengkak). Kenaikan tekanan darah ini dapat disertai dengan keluhan sakit kepala, nyeri ulu hati, mual, muntah dan gangguan penglihatan.

Gejala Dan Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa seseorang yang menderita darah tinggi atau hipertensi umumnya menunjukkan gejala seperti mimisan, wajah kemerahan, pingsan, kalit kepala, mual, rasa ingin muntah, gelisah, cepat marah atau mudah tersinggung, sesak napas, pandangan matamulai kabur atau tidak jelas.

Pada keadaan yang kronis dari seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi ini dapat berdampak pada kondisi yang buruk sampai pada kematian. Hal ini disebabkan karena terjadi pembengkakan pada otak yang membuat jalan darah di otak menjadi terhambat dan pembuluh darah pada otak menjadi terhimpit akibat tekanan darah yang tidak normal atau tidak stabil (tekanan darah tinggi).

Mereka yang memiliki resiko terserang hipertensi atau darah tinggi umumnya memperlihatkan gejala, seperti :
– Kepala bagian belakang sering terasa sakit ketika beranjak bangun dari tidur
– Sering lupa dan kemudian mengalami kesulitan dalam konsentrasi
– Mudah tersinggung dan marah
– Terkadang kesulitan dalam tidur
– Tubuh cepat merasa lelah, letih dan lesu
– Pada sebagaian orang terkadang ada yang mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Ketika hipertensi belum menyerang, sebaiknya berhati-hatilah. Penyakit darah tinggi atau hipertensi ini menyerang pada mereka yang memiliki penyakit komplikasi lainnya yang memudahkan penyakit lainnya mudah masuk dan menambah serta mempersulit ruang kesehatan tubuh kita.

Berikut ini ada beberapa upaya yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan dari tekanan darah tinggi, diantaranya :

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang mengalami kelebihan berat badan, hendaknya menurunkan berat badan berlebih agar risiko dari akibat hipertensi pun dapat diminimalisir.

2. Olahraga

Mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit darah tinggi atau hipetensi ini selalu disarankan untuk melakukan olahraga ringan namun rutin dilakukan untuk membantu menormalkan tekanan darah terutama untuk fungsi jantung, agar jantung selalu terlatih dan mampu memompa darah dan oksigen secara optimal dengan begitu darah tinggi dapat dikendalikan.

3. Kelola stress dengan baik

Banyak anggapan masyarakat, orang yang sering marah-marah pasti memiliki darah tinggi. Anggapn itu tidak selalu salah atau benar. Ketika tekanan darah meningkat, beberapa penderita darah tinggi mungkin akan mengalami gejolak atau perubahan emosional. Oleh karena mengelola stress dengan baik merupakan langkah terbaik dalam menghindari tekanan darah tinggi.

Penyakit Darah Tinggi Atau Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi berarti ada tekanan tinggi di dalam pembuluh darah arteri. Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Jadi, darah tinggi bukanlah emosi yang berlebihan meskipun kondisi ini bisa memicu kenaikan tekanan darah.

Tekanan darah dikatakan normal pada angka 120/80mmHg. Tekanan darah antara 120/80mmHg dan 139/89mmHg disebut prehipertensi. Lebih dari 140/90mmHg sudah tergolong hipertensi. Dengan menggunakan alat yang bernama tensimeter, bisa diketahui seberapa tinggi atau rendahnya tekanan darah. Angka sistolik (atas) menunjukkan tekanan dalam pembuluh darah saat jantung kontraksi dan memompa darah menuju arteri. Angka diastolik (bawah) menunjukkan tekanan dalam pembuluh darah saat jantung beristirahat.

WHO (Badan Kesehatan Dunia) menggolongkan hipertensi berdasarkan usia, penggolongannya adalah

1. Kelompok usia 20-20 thn, tekanan darah > 150/90mmHg
2. Kelompok usia 30-64 thn, tekanan darah 160/95mmHg
3. Kelompok usia > 65 thn, tekanan darah > 170/95 mmHg

Awalnya, peningkatan diastolik dianggap faktor risiko yang lebih penting daripada sistolik. Namun anggapan tersebut kemudian terbantahkan. Pada usia lebih dari 50 tahun, peningkatan angak sistolik menggambarkan risiko yang lebih besar. Satu-satunya cara mengetahui ada tidaknya hipertensi dengan mengukur tekanan darah. Sebab, hipertensi tidak memiliki gejala-gejala yang dapat dilihat secara kasat mata.

Ancaman hipertensi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya dan menakutkan, karena memiliki banyak komplikasi apabila tidak dikontrol. Pada kenyataannya, banyak hipertensi yang tidak diobati.

Data WHO menyebutkan, dari setengah penderita hipertensi yang diketahui hanya seperempatnya (25%) yang mendapat pengobatan. Sementara hipertensi yang diobati dengan baik hanya 12,5%. Padahal, hipertensi menyebabkan rusaknya organ-organ tubuh seperti ginjal, jantung, hati, mata hingga kelumpuhan organ-organ gerak.

Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Sebagian besar seseorang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala yang signifikan atau terlihat, namun tekanan darah yang semakin mengalami peningkatan akan mulai menampkakan gejala yang dapat dirasakan dan terkadang gejala tersebut dirasakan semakin berat.

Ciri umum dari seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi adalah :

1. Kepala bagian belakang sering terasa sakit ketika bangun tidur.
2. Sering lupa dan terkadang sulit konsentrasi
3. Mudah marah dan perasaan sensitif
4. Terkadang susah tidur
5. Tubuh cepat merasa lelah dan letih
6. Terkadang mengalami kesulitan dalam buang air besar
7. Mimisan
8. Sering merasa gelisah
9. Pandangan mata menjadi kabur
10. Rasa mual ingin muntah.

Dalam kondisi yang parah, terkadang penderita tekanan darah tinggi akan mengalami perubahan pada fungsi kerja organ tubuh seperti terjadi pembengkakan pada otak yang dapat mengakibatkan stroke, kerusakan pada fungsi ginjal dan jantung.

Ketika hipertensi atau tekanan darah tinggi ini belum menyerang, sebaiknya berhati-hatilah. Umumnya hipertensi ini terjadi dari penyakit komplikasi yang sudah ada yang kemudian akan menambah dan mempersempit ruang kesehatan kita.



Pencegahan darah tinggi



Berikut ini ada beberapa tips atau cara dalam mengatasi hipertensi sebagai suatu langkah pencegahan, diantaranya :


1. Bagi yang mengalami kelebihan berat badan, hendaknya menurunkannya sampai pada batas ideal.
2. Ubahlah pola makan dan pola hidup yang tidak sehat.
3. Kurangi konsumsi atau penggunaan garam secara berlebihan.
4. Berhentilah mengonsumsi alkohol dan merokok.
5. Selalu mengupayakan untuk melakukan olahraga setiap hari paling tidak sekali dalam seminggu.

Menurut Sutanto (2009), faktor yang paling dominan yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi adalah pola makan dan aktivitas tubuh. Diet rendah garam, kolesterol dan lemak jenuh merupakan unsur yang paling penting untuk dilaksanakan. Untuk pola makan yang sehat, kita harus makan dengan gizi yang seimbang yang didapat dari berbagai sumber makanan.

Berikut ini sumber gizi yang dapat dipenuhi dari berbagai sumber makanan, seperti :

1. Sumber karbohidrat, seperti biji-bijian

2. Sumber protein hewani, seperti ikan, unggas, daging putih, putih telur, susu rendah/ bebas lemak

3. Sumber protein nabati yang meliputi kacang-kacangan dan polong-polongan serta hasil olahnnya

4. Sumber vitamin dan mineral, seperti sayur-mayur, dan buah-buahan segar.

Pola makan sehat ini bertujuan untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan yang ideal sehingga dianjurkan untuk menyeimbangkan asupan kalori dengan kebutuhan energi total dan membatasi konsumsi makan yang mengandung kalori tinggi dan atau makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi. Di samping itu, agar melakukan aktivitas fisik yang cukup untuk mencapai kebugaran jasmani yang baik.

Penyebab Penyakit Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan nama hipertensi ini atau tekanan darah yang meningkat dan tekanan darah berada diatas normal. Hipertensi atau tekanan darah tinggi berhubungan langsung dengan penyakit jantung, hipertensi terjadi akibat kerja jantung yang terlalu keras dan cepat dalam memompa darah dan oksigen untuk menyebar luaskan ke seluruh bagian tubuh.

Apabila saluran darah pada jaringan seluruh tubuh mengalami penebalan dan pengurangan elastisitas, maka tubuh akan berusaha untuk meningkatkan tekanan jantung agar pasokan darah berlangsung normal, namun hal ini hanya akan membuat keadaan kerja jantung menjadi lebih cepat dan rusak yang dapat menurunkan fungsi kerja jantung.

Penyakit tekanan darah tinggi akan menyebabkan faktor resiko yang mempertinggi resiko terjadinya hipertensi antara lain, sebagai berikut:

1. Keturunan
2. Usia
3. Berat badan
4. Konsumsi garam
5. Ras
6. Pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat
7. Aktivitas olahraga

Hipertensi juga dapat dipicu oleh terjadinya stress pada diri kita. Banyaknya asupan garam setiap hari yang bersumber dari makanan dan kurang istirahat merupakan faktor resiko dari hipertensi. Oleh sebab itu, bagi yang selalu mengalami beban pikiran yang berat, hendaknya memperbanyak hiburan agar otak bisa fresh. Selain itu, kita juga harus istirahat yang cukup setiap hari dan membiasakan diri dengan makanan yang tidak banyak mengandung garam.

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol adalah gaya hidup yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Obesitas sangat berpotensi untuk meningkatkan terjadinya penaikan tekanan darah yang lebih tinggi lagi dibandingkan dengan orang-orang yang dengan berat badan dan kegemukan yang ideal.

Selain itu, menurut As’adi Muhammad (2009), hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi ialah hal-hal berikut ini :

1. Penyakit ginjal, seperti :

a. Stenosis arteri renalis
b. Pielonefritis
c. Glumeruloefritis
d. Tumor-tumor ginjal
e. Penyakit ginjal polistika (biasanya diturunkan)
f. Trauma pada ginjal (luka yang mengenai ginjal)
g. Terapi penyinaran yang mengenai ginjal

2. Kelainan hormonal, seperti :

a. Hiperaldosteronisme
b. Sindroma cushing
c. Feokromositoma

3. Obat-obatan, seperti :

a. Pil KB
b. Kortikosteroid
c. Siklosporin
d. Eritropoietin
e. Kokain
f. Penyalahgunaan alkohol
g. Kayu manis (dalam jumlah sangat besar)

4. Penyebab lainnya, seperti :

a. Koartasio aorta
b. Preeklamsi pada kehamilan
c. Porfiria intermiten akut
d. Keracunan timbal akut.


Penyakit Darah Tinggi - Gejala Penyakit Tekanan Darah Tinggi, Penyebab Penyakit Darah Tinggi, Pantangan dan Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi

1 Comments:

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak