Penyakit asam urat - Gejala, penyebab dan mengobati


Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.






Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. 

Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Banyak orang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan terkena gout. Hal ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami gout.

Penyebab penyakit asam urat

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga.

Diagnosis penyakit asam urat

Temuilah dokter jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit asam urat. Dalam melakukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes untuk memastikan adanya kristal-kristal natrium urat pada persendian. Hal ini perlu dilakukan karena ada jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala menyerupai penyakit asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah juga biasanya dilakukan.

Sebelum melakukan tes, biasanya pertama-tama dokter akan bertanya mengenai:

Lokasi sendi yang terasa sakit.

Seberapa sering Anda mengalami gejala dan seberapa cepat gejala tersebut muncul.
Obat-obatan tertentu yang sedang Anda konsumsi.

Riwayat penyakit asam urat di keluarga Anda.

Penanganan penyakit asam urat

Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali.

Untuk meringankan gejala penyakit asam urat, Anda bisa menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit, misalnya colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.

Sedangkan untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Selain itu, Anda diharuskan untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat dan segera turunkan berat badan. Utamakan makanan rendah kalori untuk mendukung upaya mendapatkan berat badan ideal.

Kombinasi obat-obatan dari dokter serta perilaku hidup sehat umumnya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal-kristal tajam yang telah terbentuk. Dengan kombinasi tersebut, maka diharapkan pasien penyakit asam urat tidak lagi mengalami kambuh.
Komplikasi penyakit asam urat

Meski penyakit asam urat jarang menimbulkan komplikasi, namun tetap patut kita waspadai. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, di antaranya:

Munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang.

Kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung dan tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan permanen ini biasanya terjadi pada kasus penyakit asam urat yang diabaikan selama bertahun-tahun.

Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal
alodokter.com‎


Pengobatan Asam Urat Dengan Obat Tradisional






1. Daun Sirsak
kandungan yang ada di dalam daun sirsak terdapat Vitamin C dan vitamin A dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, selain itu daun ini juga bisa meringan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat, obat tradisional untuk mengobati asam urat ini perlu Anda coba. caranya cukup sederhana dan mudah, yakni sebagai berikut

  • Ambil daun sirsak muda sebanyak 5 lembar
  • Rebus dengan air yang bersih hingga mendidih
  • Minum ramuan obat tradisional tersebut setelah dingin
  • lakukan cara tersebut rutin tiap hari

2. Jahe
Rempah rempah asli Indonesia ini memang sudah terkenal khasiatnya untuk mengobatai beberapa macam penyakit, salah satunya untuk meredakan nyeri rematik yang diakibatkan asam urat. Selain dapat memperlancar sistem pernafasan dan pencernaan, obat herbal tradisional ini juga mampu meredakan nyeri sendi karena asam urat, sebab jahe bisa mengeluarkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Cukup mengkonsumsi jahe dengan cara dijadikan soup atau lainnya maka khasiat jahe akan terasa jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin.

3. Bunga Rosela
Untuk meredkan nyeri sendi yang disebabakn asam urat, Anda juga bisa memanfaatkan bunga Rosela sebagai obat tradisional. Obat Rosella mengandung banyak zat penting yang sangat dibutuhkan tubuh diantaranya seperti protein esensial, dan vitamin C. Selain itu bunga ini juga mengandung asam amino arginina dan legnin yang cukup berguna sebagai peremajaan pada sel tubuh. cara membuatnya cukup mudah dan bisa dibuat dirumah

  • Siapkan 5 kelopak bunga Rosella kering dan sudah dicuci bersih
  • Kemudian seduh menggunakan air panas sebanyak 200cc
  • Tambahkan madu sebagai pemanis
  • Rutinlah meminum ramuan tradisional tersebut lebih kurang selama 1 bulan agar khasiatnya cepat terasa.

4. Daun seledri
Seledri yang kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata banyak mengandung khasiatnya, salah satunya untuk mengobati asam urat dan rematik. Seledri mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh diantaranya klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A. Sehingga cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi karena asam urat. cara membuatnya

  • Siapkan biji seledri sebanyak 2 gram yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih atau selama 15 menit
  • Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya sebagai obat tradisional
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari



5. Buah cherries
Buah cerries berkhasiat untuk mengobati asam urat, sebab buah ini mengandung banyak magnesium yang tergolong bagus untuk mengatasi rematik. Selain dapat meredakan rasa nyeri, buah cherries juga mampu mencegah inflamasi karena kandungan potasiumnya. untuk meringankan asam urat menggunakan buah cerries, Anda hanya perlu mengkonsumsinya 7 hingga 9 buah ceries setiap hari, banyak cara untuk mengkonsumsinya, bisa dengan dijadikan sirup yang sebelumnya direbus terlebih dahulu. Obat tradisional asam urat ini terbukti ampuh meringankan rematik jika Anda rutin mengkonsumsinya tiap hari.

6. Terapi air hangat
Menggunakan terapi dengan air hangat juga berkhasiat untuk meredakan gejala rematik, dengan terapi tradisional ini nyeri pada sendi akan berangsur hilang, hal ini karena air hangat dapat membuat Anda rileks dan tenang selain itu terapi ini dapat memperlancar peredaran darah yang membeku. Caranya sangat sederhana, Cukup merendam bagian tubuh yang rematik ke dalam air hangat dalam beberapa menit saja

Itulah beberapa macam obat tradisional asam urat yang cukup mudah dibuat di rumah, Sebagai pengobtan asam urat, minumlah ramuan tersebut secara rutin agar hasilnya dapat dirasakan dengan cepat. Semoga bermanfaat untuk pengobatan asam urat Anda.
nitips.com

2 Comments

Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

Reply

Wow amazing i saw the article with execution models you had posted. It was such informative. Really its a wonderful article. Thank you for sharing and please keep update like this type of article because i want to learn more relevant to this topic.

Hadoop Training in Chennai

Base SAS Training in Chennai

Reply