Seputar Masalah Ban Vulkanisir

Beberapa Penyebab Ban Vulkanisir Gagal

Vulkanisir adalah proses pemasangan compound (karet) baru pada ban yang sudah mengalami kebotakan, dengan menggunakan proses yang mirip dengan pembuatan ban baru. Dengan vulkanisir, perusahaan anda dapat mengurangi biaya operasional, karena vulkanisir dapat memperpanjang umur ban sampai dengan 330%.

Menggunakan ban vulkanisir dapat menghemat biaya, dibandingkan dengan penggunaan ban baru. Oleh karena itu, vulkanisir digunakan dalam operasi skala besar seperti bus (disarankan tidak untuk ban depan), truk, ekspedisi, pemilik traktor dan dump truck. Ban Vulkanisir juga ramah terhadap lingkungan karena kita meng- daur ulang ban bekas.

Ada beberapa cara proses untuk vulkanisir ban, namun Vulkanisir Dingin (Cold cure) dan Vulkanisir Panas (Hot Cure) adalah yang paling lazim yang dilakukan oleh pabrik- pabrik vulkanisir di seluruh dunia.


Apabila ada ban yang vulkanisir yang bermasalah, selalu pihak pabrik vulkanisir yang disalahkan, padahal penyebabnya dapat berasal dari berbagai macam faktor baik dari dalam maupun luar proses vulkanisir itu sendiri,Beberapa Penyebab Ban Vulkanisir Gagal antara lain:

1. Casing Ban

Kegagalan dari casing terutama disebabkan dari konstruksi ban yang sudah rusak, akibat dari ply yang berada di dalam sidewal putus. Hal ini tidak berhubungan ataupun disebabkan oleh proses vulkanisir, kesalahan supir, ataupun karet. Kegagalan casing vulkanisir dapat diminimalisir dengan initial inspection ( inspeksi pertama sewaktu ban belum diproses), apabila diketemukan adanya ply pada sidewall yang putus maka ban akan direject.

2. Gagal Proses 

Kegagalan akibat proses yang buruk dapat diketahui di awal pemakaian ban hingga 300 km pertama, apabila ban digunakan lebih dari itu kemudian gagal, maka kegagalan bukanlah kesalahan dari proses.
Kegagalan pada proses biasanya diakibatkan antara lain oleh;
a. kotoran yang masih tersimpan dibawah tread, casing kurang bersih waktu diproses.
b. proses skiving dan repair yang buruk.
c. proses masak ban yang tidak sempurna akibat adanya problem pada mesin chamber.
hal diatas tadi sangat jarang terjadi, tapi akan sering ditemua apabila tidak ada quality control yang baik dari pabrik.

3. Aplikasi Ban yang Salah

Penggunaan ban dan tread yang tidak tepat guna. Apabila pada tread ban ditemukan retak alur, tepi ban cuil, dan aus samping maka dapat dipastikan bahwa ban yang digunakan tidak cocok dengan truk dan medan yang dikerjakan. Sebagai contoh aplikasi ban pada trailer 40 feet, pada ban yang dipasang di axel ke 3 trailer akan mengalami gaya geser dengan tanah yang cukup besar pada saat trailer tersebut hendak memutar. Oleh karenanya disarankan agar memakai ban yang mempunyai tepi bundar bukan yang bertepi persegi (lug) dan mempunyai ukuran yang sangat lebar.

4. Kesalahan atau Tidak Adanya Pemeliharaan Ban

Ban yang tidak dimaintain akan sering mengalami kegagalan dibandingkan ban yang dirawat dengan baik. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah, tekanan pada ban (jangan under ataupun over, yang optimal adalah 120psi, atau rekomendasi pabrik (lihat sidewall)), Aplikasi atau penggunaan ban yang tidak cocok, beban muatan yang berlebihan, dsb.

5. Kesalahan Supir

Kerusakan yang termasuk kesalahan akibat penggunaan adalah tertusuk benda tajam, kerusakan pada sidewall, tekanan angin yang berlebih atau kurang, muatan berat, kebocoran, dan ban dijalankan saat tidak ada angin.

6. Penggunaan Material yang Buruk saat Proses Vulkanisir. 

Kotoran pada ban yang secara tidak sengaja masuk pada saat proses penambalan ban menggunakan Tyre Patches, cairan cement yang buruk, filling yang digunakan untuk menembel sudah mati.

7. Cushion Gum yang sudah Matang ataupun Setengah Matang. 

Hal ini dapat timbul akibat dari penyimpanan Cushion Gum yang tidak benar. Apabila Cushion Gum yang disimpan sangat banyak dan tidak cepat digunakan biasanya karet pada cushion gum akan mengalami proses vulkanisasi secara natural dan menjadi matang ataupun setengah matang. Hal ini akibat dari cushion gum berbentuk sangat tipis dan mudah masak di suhu ruang sekalipun. Hal ini dapat dihindari dengan menyimpan cushion gum di ruang ber AC atau memiliki temperatur rendah.

8. Penggunaan Tread Rubber yang Jelek. 

Tread rubber yang jelek akibat dari proses produksi yang tidak sempurna ciri-cirinya adalah:
a. Porositas pada karet Tread akibat dari proses pemasakan yang jelek (temperatur dan tekanan kurang).
b. Karet Tread Rubber pada saat dipotong memiliki banyak lubang udara.
c. Bagian bawah Tread terkontaminasi dengan cairan pelumas yang digunakan untuk melepaskannya pada cetakan.
d. Bagian bawah Tread tidak dibuffing dengan baik, sehingga tidak dapat menempel di Casing dengan sempurna.
e. Bagian bawah Tread tidak diberi cairan cement pada saat hendak ditempel ke Casing.

LENGKAP CARA KERJA VULKANISIR BAN

7 Comments

Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan Uang
Gaib,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa
Garut,Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun
berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang
hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan
website dari (Ki PANDA DEWA Kyai), sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang
lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk
pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh
YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.Kyai Semua petunjuk saya ikuti dan
hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2'MILIAR yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang
di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat
ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang
mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi Ki.PANDA DEWA di
No. [+6285398996887] (0853/9899/6887) jika ingin seperti saya silahkan hubungi,
Ki.PANDA DEWA 100% memberikan bukti bukan janji atau.pun rekayasah...

Reply

Excellent and very cool idea and the subject at the top of magnificence and I am happy to this post..Interesting post! Thanks for writing it. What's wrong with this kind of post exactly? It follows your previous guideline for post length as well as clarity..
Architectural Firms in Chennai
Architects in Chennai

Reply

Plagiarism can be intentional and even accidental. There are situations when the students work on different subjects but somehow fall prey to the menace of plagiarism while consulting different resources.

For More Visit :- Significance of the Labour Day Holiday

Reply

AOL Desktop Gold Customer Service helpline number provide all the technical and Non Technical error solution which happen with your account while you login,working on it,creating an new service access,change her account password etc.AOL desktop gold is more powerful desktop application for every user.But AOL desktop gold is little bit paid service by AOL corporation.

Reply

Hello All, A Dissertation Help is written within the kind of a long essay that is usually required for getting the degree at the doctoral level. It needs a thorough examination of the chosen topic. the aim that a dissertation writing serves is producing a valuable piece of writing that is also the amalgamation of a subject that's considerable with apt research using the understanding and knowledge that the author has acquired through his academic years.

Reply


Real Mail Info For Best Email Solution

Connect with Real mail Info to get instant help and solution for all the emails porblems.
Like these mails aol mail , verizon mail , forntier mails, sbc global mails , Ymails , ATT Emails , included with services.

Reply

Great post. Take a moment and check out Global assignment help . This assignments is going to cater you with best written assignments on humanities.

Reply

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak