Indonesia Vs Brunei, Timnas U-19 ke Semifinal Setelah Menang 8-0

Indonesia Vs Brunei, Timnas U-19 ke Semifinal Setelah Menang 8-0
Indonesia Vs Brunei, Timnas U-19 ke Semifinal Setelah Menang 8-0

Timnas U-19 Indonesia menang besar atas timnas U-19 Brunei dengan skor 8-0 pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017, Rabu (13/9/2017). Ini membuat Garuda Nusantara meraih tiket ke semifinal.

Harus menang besar untuk bisa lolos ke babak empat besar, Timnas U-19 langsung bermain agresif sejak menit pertama di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar. Hasilnya, Muhammad Rafli Mursalim mengantarkan Timnas U-19 unggul 1-0 lewat sepakan jarak dekat pada menit pertama tepat pada detik ke-43.

Bintang skuad Garuda Nusantara, Egy Maulana Vikri, berkali-kali mencoba menambah keunggulan melalui akselerasinya, namun sempat gagal. Egy akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-18. Tendangannya yang lemah ke tiang jauh dari sisi kanan pertahanan lawan tak mampu dihalau barisan pertahanan Brunei.

Pemain Diklat Ragunan itu mencetak gol kedua pada pertandingan ini dengan cara yang sama dengan gol pertama pada menit ke-23. Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Witan Sulaeman sukses membuat skuat Garuda Nusantara unggul 4-0 pada menit ke-41.

Striker tunggal Timnas U-19, Rafli tak mau ketinggalan dan menyamai catatan gol Egy Maulana pada laga ini. Melalui sundulan, dia membobol gawang Brunei yang dikawal kiper AK Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain pada menit ke-42.

Penampilan menawan Rafli Mursalim belum terhenti, dia mencetak gol indah pada menit ke-45+1 untuk mencetak hat-trick sebelum jeda pertandingan.

Sudah unggul 6-0, timnas U-19 masih bernafsu menambah keunggulan sejak babak kedua dimulai. Dari berbagai banyak serangan yang dilancarkan, Rachmat Irianto dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol tambahan.

Witan bisa memecah kebuntuan sekaligus mencetak gol keduanya untuk membawa Timnas U-19 unggul 7-0 di menit ke-67. Satu menit berselang, pemain pengganti Hanis Saghara Putra menambah keunggulan Garuda Nusantara setelah memanfaatkan cutback dari Egy.


Hanis masuk pada menit ke-66 masuk menggantikan Rafli yang cedera. Dengan gol itu, Timnas U-19 berhasil meraih target untuk menang 8-0 sehingga anak asuh Indra Sjafri melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2017.

Ini membuat Myanmar akan melakoni laga hidup-mati melawan Vietnam pada pukul 18.00 nanti. Vietnam hanya perlu minimal imbang untuk mendampingi Indonesia ke babak empat besar, sedangkan Myanmar harus menang dengan selisih gol paling sedikit dua.

Susunan Pemain:

Indonesia (4-1-3-1-1): M Aqil Savik; Samuel Christianson, Kadek Raditya Maheswara, Rachmat Irianto, Dedi Tri Maulana; M Luthfi Kamal/Syahrial Abimanyu (60’), Feby Eka Putra/Saddil Ramdani (46’), Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim/Hanis Saghara (66’)

Pelatih: Indra Sjafri

Brunei (4-5-1): AK Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain; M Rahimin Abdul Ghani, Andul W Ramli, M, Wafi Aminuddin, M Azirul Aji; M Hanif F Azman, M Nazif Safwan Jalni, Nur Assyraffahmi Norsamri, Abdul Hahariz Herman, M Aqil Danish Aslam; M Hanif Farhan Azman

Pelatih: Fujiwara Takao

Gawang timnas U-19 Brunei yang dikawal kiper AK Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain (kaus hijau) saat dibobol pemain timnas U-19 Indonesia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Rabu (13/9/2017).

 (FERRIL DENNYS/KOMPAS.com)

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak