Tips agar Tak Bangkrut Belanja Akhir Tahun

Tips agar Tak Bangkrut Belanja Akhir Tahun

Ditambah lagi adanya Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas dimana para e-commerce dan online shop meangadakan diskon besar-besaran. Obral besar-besaran memang terlihat fantastis dan begitu menggiurkan.

Penghujung tahun sudah di depan mata. Nuansa shopping pun semakin terasa dengan iklan bertuliskan ‘Big Sale’ terpampang di mana-mana. Jelang penutup tahun, begitu banyak pusat perbelanjaan yang mengadakan pesta diskon akhir tahun dan menawarkan potongan harga yang menarik.

Namun jika tidak berhati-hati, tawaran belanja akhir tahun malah akan membuat Anda menjadi boros dan akhirnya menyakiti keuangan Anda. Mengutip Madison.com, berikut 6 tips menikmati belanja akhir tahun tanpa overbudget.

1. Buat daftar belanja

Hindari pergi berbelanja tanpa membawa daftar belanjaan. Anda mungkin sudah membuat daftar belanja di pikiran, namun tanpa menuliskannya Anda akan lebih mudah tergoda untuk membeli hal-hal lain.

Tanpa daftar belanjaan, Anda akan berakhir dengan sekumpulan barang yang tidak Anda butuhkan hanya karena label diskon. Sebaliknya, Anda bisa menghindari pembengkakan pengeluaran dengan membuat daftar belanja.

2. Buat anggaran

Menyusun anggaran atau budget menjadi kunci untuk menghindari pemborosan, baik itu untuk pengeluaran bulanan, biaya liburan, juga termasuk untuk belanja akhir tahun.

Setelah Anda membuat daftar belanja, lakukan riset atas barang-barang yang ingin Anda beli untuk mencari tahu kisaran harganya. Dengan demikian, Anda bisa mencari dan memilih promo yang terbaik.



3. Cari promo-promo online

Manfaatkan internet untuk mencari penawaran-penawaran yang paling menguntungkan, mulai dari situs ritel, aplikasi, media sosial, sampai situs yang bisa melacak potongan harga.

Ini akan memberikan Anda peluang untuk melakukan penghematan saat belanja akhir tahun. Namun, jangan lupa juga untuk berhati-hati agar terhindar dari penipuan.

4. Beli alat elektronik model sebelumnya

Jika Anda ingin membeli perangkat elektronik seperti smartphone, video game, televisi, atau yang lainnya, pertimbangkan untuk membeli tipe yang lebih lama alih-alih model terbaru.

Toko ritel biasanya melakukan clearance sale yang menawarkan potongan harga besar-besaran untuk menyingkirkan produk-produk yang lebih lama.



5. Tunggu sampai waktu liburan selesai

Tak hanya kala liburan akhir tahun, toko-toko juga biasanya mengadakan clearance sale pasca tahun baru untuk menghabiskan produk-produk sisa yang belum terjual.

Jika Anda tidak sedang mencari suatu item yang spesifik, Anda bisa menggunakan kesempatan pada saat-saat seperti ini untuk mendapat potongan harga yang lebih besar.

6. Rencanakan lebih awal

Untuk liburan ke depannya, cobalah untuk merencanakan belanja lebih awal. Semakin awal, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mencari diskon-diskon menarik.

Selain itu, Anda juga tidak perlu berlomba-lomba dengan orang lain mencari produk yang ingin dibeli baik di situs e-commerce atau pusat perbelanjaan karena Anda sudah benar-benar tahu apa yang Anda cari.

Belanja akhir tahun memang menyenangkan. Namun jangan sampai kesempatan ini malah menguras kocek Anda dan menimbulkan stres setelah liburan selesai. Dengan 6 tips ini, belanja akhir tahun akan lebih menyenangkan baik bagi Anda. (Felicia Margaretha-liputan6.com)