Pengembangan Industri Vulkanisir Ban Dongkrak Ekonomi Rakyat

Pengembangan industri vulkanisir ban diklaim dapat mendorong perekonomian masyarakat karena banyaknya unit usaha dan industri serta tenaga kerja yang diserap.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Ban Indonesia (APBI) Azis Pane menyatakan industri tersebut memiliki potensi ekonomi hingga Rp36,3 miliar per tahun.

"Yang terdaftar di Badan Koordinasi Penanaman Modal [BKPM] ada 258 perusahaan, tetapi sebenarnya tersebar ribuan di Indonesia, itu perlu ditertibkan dan dibina. Seharusnya pemerintah mulai menyadari bahwa ada satu sektor industri yang dilupakan," ujar Azis belum lama ini.

Ribuan unit usaha dan industri vulkanisir ban yang tersebar menurut Azis perlu dibina untuk menghasilkan ban vulkanisir yang berkualitas. Hal tersebut krusial karena kualitas ban vulkanisir menyangkut pada keselamatan penggunanya.

Menurutnya, industri vulkanisir ban tumbuh menonjol di beberapa negara, di antaranya Jerman dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri menurut Azis hanya terdapat dua pemain besar di Jawa Timur dan Kalimantan.

Berdasarkan data APBI, produksi ban vulkanisir pada 2017 mencapai 20,48 juta unit atau meningkat 2,95% dari produksi 2016 sebanyak 19,9 juta unit. Adapun, produksi 2016 meningkat 4,97% dibandingkan produksi 2015 sebanyak 18.956 juta unit.

Kapasitas terpasang industri tersebut pada 2017 mencapai 25,61 juta unit per tahun atau meningkat 2,95% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 24,87 juta unit per tahun. Industri vulkanisir ban dalam negeri memiliki utilitas sebesar 80%.

Kementerian Perindustrian akan menerapkan standar proses produksi ban vulkanisir yang baik atau good manufacturing practice (GMP) untuk menjaga kualitas produk, terutama dari industri kecil dan menengah (IKM).

Ahmad Gunawan, Sekjen Asosiasi Pabrik Vulkanisir Ban Indonesia (Apvubindo), mengatakan di industri ini sebenarnya sudah ada Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun, penerapannya masih sukarela dan dinilai berat dipenuhi oleh pelaku di segmen industri kecil dan menengah.

Padahal, dari sekitar 1.000 pelaku industri vulkanisir ban sebesar 80% merupakan industri kecil dan menengah. Oleh karena itu, asosiasi dan Kemenperin bekerja sama dalam penyusunan GMP yang dimulai pada tahun lalu.

"Nanti tanggal 15 Juli ini akan difinalisasi, draf kami sosialisasikan ke masyarakat umum, pengguna, produsen, dan kementerian terkait untuk mendapatkan feedback kekurangan dan kelebihannya apa. Baru kemudian diputuskan," ujarnya di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

4 Comments

หนังออนไลน์ ดูหนัง Victoria & Abdul ราชินีและคนสนิท (2017) ดูหนังออนไลน์ฟรี หนังใหม่ฟรี

https://www.doonung1234.com/

Reply

“Benjamin Briel Lee was very professional at all times, keeping me aware of everything that was happening, If I had any questions he was always available to answer. This was my first home purchase, I didn’t know much about the loan process, he made it very easy to understand the things I had questions about. I really enjoyed working with him.”  
He's a loan officer working with a group of investor's who are willing to fund any project or loan you any amount with a very low interest.Contact Benjamin Briel Lee E-Mail: 247officedept@gmail.com  Whats-App Number: +1-989-394-3740.

Reply

Revisit your articles Read it as many times as you like. Thank you very much.

ดูหนังออนไลน์

Reply

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak