4 Jenis Lemak yang Sehat

4 Jenis Lemak yang Sehat

4 Jenis Lemak yang Sehat |  Kalau mendengar pola makan sehat biasanya yang terlintas di kepala adalah hindari lemak. Sebenarnya, pola makan sehat tidak mengeliminasi bahan makanan tertentu, termasuk lemak. Dalam moderasi, lemak tertentu, seperti lemak sehat untuk jantung mono-dan polyunsaturated, justru diperlukan oleh tubuh.
Sebagai aturan praktis, sedikitnya kurang dari 30 persen dari total kalori Anda harus terdiri dari lemak, dan dari jumlah ini, hanya 25 persen terdiri dari lemak jenuh dan nol persen lemak trans. Maka bijaklah dalam memilih lemak yang diasup. Berikut 4 jenis makanan mengandung lemak yang disarankan untuk dikonsumsi.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa telah lama menjadi favorit para vegan untuk menggantikan lemak dari hewan selama bertahun-tahun. Meski termasuk kategori lemak jenuh, minyak kelapa dapat menjadi instrumen untuk kesehatan Anda, karena membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Tambahkan satu sendok teh kecil pada teh Anda. Anda pun dapat menggunakannya sebagai minyak untuk menggoreng .

2. Alpukat
Asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), seperti  yang dapat ditemukan dalam alpukat, terbukti untuk mengurangi lemak perut.  Selain dibuat jus buah, alpukat bisa dijadikan pengganti mayones dan olesan buat roti isi Anda. Yang perlu Anda lakukan hanya memblender alpukat untuk cocolan atau saus salad dan roti sandwich Anda.

3. Hummus
Selain kacang garbanzo, bahan utama dalam resep ini adalah minyak zaitun. Apakah Anda membelinya di toko atau memilih untuk membuat sendiri, hummus mengandung lemak yang sehat. Jenis utama dari lemak yang terkandung  adalah MUFA. Penelitian telah membuktikan bahwa MUFA terbukti untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung. MUFA juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menormalkan pembekuan darah, dan insulin. Kombinasi ini berguna dapat membantu dengan diabetes tipe 2, jadi masukan hummus dalam menu makanan Anda.

4."Flaxseeds" (biji rami)
Mengunyah flaxseeds , Anda benar-benar menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Sementara biji utuh yang besar sempurna bila dijadikan bahan tambahan membuat  smoothie.



Sumber: FitSugar