Divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection)


http://dangstars.blogspot.com/2014/06/divisi-pemeriksaan-ban-inspection.html


Sebelum dilakukan Vulkanisir Ban tentunya langkah awal dari semua proses Vulkanisir tentunya adalah divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection).Disini saya tekankan bahwa divisi ini sangat fatal dan harus benar-benar teliti dalam pemeriksaan ban sebelum di Vulkanisir.

Tentunya sang operator divisi pemeriksaan ban harus bertanggung jawab menentukan ban tersebut dapat di proses untuk masak dingin atau masak panas.

Seperti kita ketahui untuk proses masak panas pun ban tersebut masuk ke kategori hot top atau hot full jadi peranan operator divisi ini sangatlah dominan untuk menentukan ban tersebut bisa atau layak di vulkanisir.

Apa yang harus dilakukan divisi pemeriksaan ban (inspection)

Tentu banyak hal yang harus dilakukan oleh sang operator divisi Pemeriksaan ban ini diantaranya :

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/divisi-pemeriksaan-ban-inspection.html

1.Pemeriksaan terhadap casing ban bagian luar

Dasar ban secara kasat mata tentunya dari bagian luar dapat langsung dilihat apakah casing rusak atau tidak baik bagian atas ban (Crown) biasanya kalo sudah nampak benang atau ply ini diragukan untuk di proses dingin makanya dialihkan ke hot top.

Kemudian bagian sudut ban atau Shoulder kalau bagian ini mulus tidak ada sompel langsung dapat dilakukan ke masak dingin namun sebaliknya bila sudah banyak yang sompel-sompel atau cacat sebaiknya dialihkan ke masak hot full.

Selain itu bagian samping ban (side wall) harus diperhatikan bila cacat yang terlalu banyak sebaiknya ditolak ,sebab bagian ini kalau dilakukan vulkanisir secara masak panas bagian cacat tersebut tidak dapat masak melalui cetakan masak panas.Namun demikian untuk bagian side wall yang cacat untuk proses masak dingin masih dapat dilakukan dengan catatan kerusakannya tidak terlalu banyak.

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/divisi-pemeriksaan-ban-inspection.html
2.Pemeriksaan bagian dalam ban ( In Linner)

Dua hal yang penting dan perlu teliti yaitu operator harus jeli terhadap gejala gembung dalam (ply sparation) biasanya bagian in Linner yang akan gemgbung setelah dimasak adalah penampilan atau penampakannya sangat lembek atau kering,lain halnya bila sudah gembung akan nampak langsung.

Dan yang kedua adalah menemukan lobang ,jangan sampai dilewatkan lobang dengan menandai lobang tentunya akan mempermudah bagi divisi selanjutnya,yaitu DIVISI REPAIR.

Sebagai gambaran inilah alat untuk Divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection)

 http://dangstars.blogspot.com/2014/06/divisi-pemeriksaan-ban-inspection.html
 http://dangstars.blogspot.com/2014/06/divisi-pemeriksaan-ban-inspection.html
Salam Vulkanisir