Cara Setting Permalink di Blogspot Untuk Optimalkan Blog


Cara Setting Permalink di Blogspot untuk Optimalkan Blog |   Sudah tahu belum? Blogger.com atau blogspot memberikan fitur baru di layanan ngeblog gratisannya, yaitu kita bisa menentukan sendiri permalinknya. Jika dulu kita tidak bisa menyetting permalink dan sering terpotong. Permalink adalah URL (link) permanen yang mengarah pada halaman posting kita. Dulu, permalink ini sudah ditentukan oleh blogspot berdasarkan judul, yang panjangnya terbatas sehingga sering terputus. Contohnya untuk judul postingan "Label di Blogger dan Cara Mengoptimalkannya" permalinknya menjadi seperti berikut ini:

http://dangsars.blogspot.com/2013/01/label-di-blogger-dan-cara.html

Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk search engine, atau kurang search engine optimize (SEO). Ini jugalah yang sering dikeluhkan oleh banyak blogger, dengan permalink yang tidak bisa disetting dan terbatas. Sehingga beberapa keyword yang diikutkan di judul tidak tampil di permalink.

Ternyata kekurangan blogspot yang penggunanya masih nomor satu untuk layanan blog gratisan milik Google ini segera berbenah. Setelah kemarin blogger mengenalkan fitur baru Meta Tag Description, sekarang kita bisa setting permalink sendiri untuk postingan yang akan kita publikasikan di blog. Sehingga kita bisa menuliskan permalink atau tautan permanen ini lebih panjang dan bisa lebih mengoptimalkan blog kita di search engine.
Bagaimana cara setting permalink di blogger.com atau blogspot?
Caranya cukup mudah, Kita buka akun kita di blogger.com lalu saat menuliskan entri baru (posting) di sebelah sidebar kanan tempat kita menulis sudah ada banyak pilihan Setelan entri, di situ ada label, jadwal, dan dibawahnya jadwal itulah ada pilihan setting permalink atau tautan permanen. Ada dua pilihan setiingan tautan permanen, yaitu: URL Otomatis dan URL Khusus.(Lihat Gambar diatas )

URL otomoatis berarti url yang otomatis ditentukan oleh mesin blogspot (aturan lama). Sedangkan URL khusus adalah kita sendiri yang menentukan, pilihlah ini untuk setting tautan permanen. Kita tinggal memasukan teks yang akan dijadikan permalink atau tautan permanen. Teks itu ditulis tanpa spasi, sehingga antara kata bisa kita gunakan tanda hubung (-) ataupun titik (.), contoh saya masukan teksnya begini, "Cara-Setting-Permalink-di-Blogspot-untuk-Optimalkan-Blog", nanti akan menjadi seperti ini:
http://dangstars.blogspot.com/2012/01/Cara-Setting-Permalink-di-Blogspot-untuk-Optimalkan-Blog.html

Jika sudah, klik saja Selesai. Nanti saat kita publikasikan entri yang sudah kita tulis, maka permalinknya akan seperti yang ditunjukkan di pilihan tersebut. Sekarang tidak perlu khawatir untuk menulis judul postingan yang panjang-panjang, takut kalau terpotong di permalink. Karena kita sudah bisa menyetting permalink, dan bisa panjang. Permalink yang sudah kita publikasikan, tidak akan bisa diubah lagi. Untuk lebih pahamnya, segera update blogmu dan menulislah, temukan cara setting permalink ini di sana.