Pedangdut Senior A Rafiq Tutup Usia


Pedangdut Senior A Rafiq Tutup Usia
Penyanyi dangdut senior A Rafiq (64) telah menutup mata untuk selamanya, Sabtu (19/1/2013) pukul 16.00 WIB. Penyanyi yang dikenal dengan lagu-lagunya seperti Pandangan Pertama dan Karena Dia itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Medistra Jakarta.

Pendiri dan mantan Sekjen DPP Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) itu meninggal pada hari ini, Sabtu (19/1), pukul 16.00 WIB di RS Medistra Jakarta.

Informasi itu disampaikan Surya Aka Syahnagra, Ketua Bidang Humas DPP PAMMI, dalam laman Facebook.

"A Rafiq meninggal karena sakit diabetes dan jantung," tulis Surya.

A Rafiq lahir di Semarang, Jawa Tengah, 5 Maret 1948 adalah aktor dan penyanyi dangdut Indonesia. A Rafiq dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai penyanyi dangdut yang cukup terkenal. Lagu dangdutnya Pengalaman Pertama jadi top hit di pertengahan tahun 1978. Lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Nirina Zubir yang duet bersama Slank dan menjadi jalur suara film Get Married.
Selain sebagai penyanyi dangdut, ia juga sempat bermain dalam beberapa judul film layar lebar bersama dengan Farouk Afero. A Rafiq juga sempat menjajal profesi sutradara. Dia menggarap sinetron drama semi musikal berjudul Si Miskin Bercinta.
Pria berdarah India-Pakistan ini mengaku pernah studi akting di LPKJ (sekarang IKJ), dan ikut workshop tentang membuat film yang diselenggarakan TIM bersama Persatuan Artis Film Indonesia.[1] Beberapa anak A Rafiq juga mengikuti jejaknya di dunia hiburan Indonesia, antara lain Fadila A Rafiq, Farhad A Rafiq dan Fairuz A Rafiq.(Dangstars-Kompas.com)