Tips Memulai Bisnis Affiliate (Reseller) Bagi Pemula


Tips Memulai Bisnis Affiliate (Reseller) Bagi Pemula

Bisnis Online di internet merupakan sebuah bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Tak terhitung orang yang menjadi kaya dadakan dengan berbisnis online di internet. Namun tentu bisnis online bukan sesuatu yang mudah atau sangat sulit. Ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar bisnis online menjadi sesuatu yang menghasilkan. Bahkan, kalau di prosentasekan antara yang sukses dengan yang gagal lebih banyak yang gagalnya. Karena itu diperlukan pemahaman yang baik dan tekad yang kuat bagi pemula agar menjadi seorang pebisnis online yang sukses.
Pada dasarnya di negeri ini, kebanyakan bisnis online adalah bergerak dalam bidang penjualan ebook, atau mengikuti program affiliate dengan menjadi reseller dari ebook tersebut atau yang disebut affiliate. Ebook yang ditawarkan biasanya seputar tutorial atau panduan. Misalnya saja panduan ngeblog, tutorial blogger, tutorial seo dan lain sebagainya.

Bagi seorang affiliater pemula, mungkin mengalami kebingungan didalam memulai bisnis online di internet.  Artikel berikut mungkin berguna bagi anda pemain baru dalam bidang affiliate.

1.Mulailah dengan membuat sebuah BLOG.
Affiliate biasanya adalah seorang blogger juga, maka tidak mengherankan bila seorang affiliate professional memiliki beragam blog. Bagi pemula, anda bisa membuat blog gratisan. Ada banyak platform blog gratisan yang cukup powerfull seperti wordpress dan blogspot. Pelajari cara penggunaan dan fitur-fiturnya dengan teliti, sehingga anda bisa mengelola blog tersebut dengan baik dan efesien.

2.Buatlah  beberapa artikel pendek
Artikel disini adalah artikel yang berkaitan dengan produk affiliate yang akan anda pasarkan. Artikel ini nantinya berguna sebagai landing page. Buatlah artikel pendek yang menjelaskan tentang produk yang anda ikuti program affiliatenya. Berikan penjelasan secara singkat tapi bisa menggambarkan tentang produk affiliate yang anda jual. Misalnya tentang keuntungan dan kemudahan dari produk affilite tersebut.

3.Mulai berpromosi
Ujung tombak dari sebuah produk marketing adalah promosi. Ya, promosi atau iklan. Seberapa pun bagusnya produk affiliae tanpa di barengi dengan promosi yang baik maka hasilnya pun akan mengecewakan. Lakukan promosi dengan memasang iklan pada iklan baris gratis atau melalui iklan berbayar berbasis banner atau PPC (Pay Per Click). Satu hal yang perlu dihindari bagi affiliate pemula adalah jangan pernah melakukan spam. Spam yang paling sering dilakukan adalah dengan memberi komentar pada blog-blog orang lain yang isinya menjurus ke arah promosi produk affiliate anda. 

4.Sabar, ulet dan tekun
Bisnis apapun pasti membutuhkan kesabaran dalam menjalankan nya. Begitu juga dengan bisnis online di internet. Pastinya membutuhkan kesabaran, keuletan dan ketekunan. Kesabaran diperlukan karena untuk bulan-bulan pertama pebisnis online akan menyerah, ini biasanya dikarenakan belum adanya hasil seperti yang diharapkan. Jangan menyerah, mungkin saja hasilnya akan terlihat dibulan berikutnya, teruslah belajar dan action serta lakukan promosi dengan berkesinambungan.

Selamat menajalankan bisnis online, semoga saja anda sukses