Penyebab Mimpi Buruk dan Pengobatannya

Penyebab Mimpi Buruk dan Pengobatannya - Ketika anda terjaga dari mimpi buruk yang menggangu saat tidur tengah malam, anda mungkin berpikir bahwa anda adalah satu satunya orang dewasa yang mengalami mimpi buruk, karena biasanya mimpi buruk memang sering dialami ketika masih kecil. Apakah mimpi buruk menyebabkan anda tertekan? 

Apakah hal tersebut sering terjadi pada anda secara teratur? jika demikian, penting untuk menentukan apakah penyebab mimpi buruk yang anda alami dan bagaimana anda mengobatinya. Pada tips kesehatan di kesempatan kali ini, kenzoo akan mengulas sedikit tentang mimpi buruk yang sering menggangu tidur anda.

Apakah Mimpi buruk itu?

Mimpi buruk jelas realistis, mimpi yang mengganggu Anda terjaga dari tidur nyenyak. Mereka sering membuat jantung Anda berdebar karena takut. Mimpi buruk cenderung terjadi paling sering selama gerakan mata tertidur dengan cepat atau Rapid Eye Movement (REM) karena mungkin anda terlalu kelelahan. Karena periode tidur REM menjadi semakin lebih lama saat malam berlangsung, kemungkinan anda mengalami mimpi buruk paling sering pada pagi hari.

Subyek mimpi buruk bervariasi dari orang ke orang. Sebagai contoh, banyak orang dewasa memiliki mimpi buruk tentang tidak bisa berlari cepat cukup untuk melepaskan diri bahaya atau tentang jatuh dari ketinggian. Jika Anda sudah melalui peristiwa traumatis, seperti serangan kekerasan atau kecelakaan, Anda mungkin memiliki mimpi buruk tentang pengalaman mengerikan Anda tersebut.

Meskipun mimpi buruk dan teror malam menyebabkan orang terjaga dalam ketakutan yang besar, namun keduanya berbeda. Teror malam biasanya terjadi dalam beberapa jam pertama setelah tertidur. Hal itu biasanya sebagai perasaan, bukan mimpi, sehingga orang tidak ingat mengapa mereka takut ketika bangun tidur.

Apa Penyebab Mimpi buruk orang Dewasa?

Mimpi buruk pada orang dewasa sering spontan. Tapi mereka juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan kelainan yang mendasarinya. Beberapa orang memiliki mimpi buruk setelah ngemilmalam hari yang dapat meningkatkan metabolisme dan sinyal otak menjadi lebih aktif. Sejumlah obat-obatan juga diketahui berkontribusi pada frekuensi mimpi buruk. Obat yang bekerja pada bahan kimia di otak, seperti antidepresan dan narkotika, sering dikaitkan dengan mimpi buruk. Non-psikologis obat, termasuk beberapa obat tekanan darah, juga bisa menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa.

Penarikan dari obat dan zat, termasuk alkohol dan obat penenang, dapat memicu mimpi buruk. Jika Anda melihat perbedaan dalam frekuensi mimpi buruk Anda setelah pengobatan, sebaiknya bicarakan dengan doktrer anda. Kurang tidur dapat menyebabkan mimpi buruk yang sering menyebabkan orang kehilangan tidur tambahan. Meskipun mungkin, hal tersebut belum dikonfirmasi apakah siklus ini bisa menyebabkan gangguan mimpi buruk.

Ada beberapa pemicu psikologis yang menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa. Misalnya, kecemasan dan depresi dapat menyebabkan mimpi buruk. Post-traumatic stress disorder (PTSD) atau biasa yang disebut dengan stres pasca trauma, juga sering menyebabkan orang mengalami mimpi buruk berulang. Mimpi buruk pada orang dewasa dapat disebabkan oleh gangguan tidur tertentu. Ini termasuk apnea tidur dan sindrom kegelisahan. Jika tidak ada penyebab lainnya, mimpi buruk kronis mungkin merupakan gangguan tidur yang berbeda.

Apa Apakah Efek Kesehatan dari Mimpi Buruk?

Mimpi buruk menjadi jauh lebih dari mimpi buruk ketika mereka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan dan kesejahteraan. Di antara orang yang mengalami mimpi buruk, mereka yang cemas atau depresi lebih mungkin tertekan tentang pengalaman dan menderita efek buruk bahkan lebih psikologis. Meskipun hubungan ini tidak dipahami, mimpi buruk telah dikaitkan dengan bunuh diri. Karena mimpi buruk mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter medis jika Anda mengalaminya secara teratur.

Kurang tidur, yang dapat disebabkan oleh mimpi buruk, dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis, termasuk penyakit jantung, depresi, dan obesitas. Baca : Kurangnya Tidur Anak Picu Obesitas. Jika mimpi buruk pada orang dewasa adalah gejala apnea tidur yang tidak diobati atau post-traumatic stress disorder, gangguan yang mendasari juga dapat memiliki efek negatif yang signifikan pada kesehatan fisik dan mental.

Pengobatan untuk Mimpi Buruk

Untungnya, ada beberapa langkah yangdapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi mimpi buruk dan efek mereka terhadap hidup Anda. Pertama, jika mimpi buruk Anda adalah hasil dari obat tertentu, Anda mungkin dapat mengubah dosis atau resep untuk mengatasi efek samping yang tidak diinginkan. Bagi orang-orang yang mimpi buruk disebabkan oleh kondisi seperti sleep apnea atau sindrom kegelisahan, dengan mengobati gangguan yang mendasarinya dapat membantu mengurangi gejala mimpi buruk.

Jika mimpi buruk Anda bukan karena konsumsi obat penyembuhan dari sakit yang anda derita, anda tidak perlu panik. Perubahan perilaku telah terbukti efektif untuk 70% orang dewasa yang menderita mimpi buruk, termasuk yang disebabkan oleh kecemasan, depresi, dan PTSD.

Citra latihan pengobatan adalah terapi perilaku kognitif untuk menjanjikan mimpi buruk dan mimpi buruk yang disebabkan oleh PTSD. Teknik ini membantu penderita kronis mengubah mimpi buruk mereka dengan berlatih bagaimana mereka ingin merasa tenang saat mereka terjaga. Dalam beberapa kasus, obat dapat digunakan bersamaan dengan terapi untuk mengobati PTSD terkait mimpi buruk, meskipun keberhasilan mereka belum terbukti sejelas pada citra latihan pengobatan.

Ada sejumlah langkah lain yang dapat Anda ambil sendiri yang dapat membantu mengurangi frekuensi mimpi buruk Anda. Menjaga jadwal bangun tidur yang teratur adalah penting. Jadi dengan melakukan olahraga teratur akan membantu meringankan mimpi buruk penyebab kecemasan dan stres. Anda bisa melakukan yoga dan meditasi. Baca : Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Anda

Ingatlah untuk menjaga kebersihan kamar tidur yang akan membantu mencegah kurang tidur yang dapat membawa pada mimpi buruk. Buatlah kamar tidur Anda menjadi tempat yang santai dan tenang yang disediakan untuk tidur dan seks, sehingga Anda tidak mengasosiasikannya dengan kegiatan stres. Juga, berhati-hati tentang penggunaan alkohol, kafein, dan nikotin, yang bisa mengganggu pola tidur.

Itulah tadi tips kesehatan pada posting kali ini tentang Mimpi Buruk Dan Pengobatannya yang bisa Dangstars Blog bagikan kepada para sahabat. Semoga bisa bermanfaat.