Ulang Tahun Miriam Makeba Ke-81 : Logo Google Doodle Hari Ini

Ulang Tahun Miriam Makeba Ke-81 : Logo Google Doodle Hari Ini.  Ternyata ada, logo google doodle hari ini yaitu ulang tahun miriam makeba yang ke-81 pada senin, 04 maret 2013.
Ulang Tahun Miriam Makeba Ke-81 : Logo Google Doodle Hari Ini
Bagi anda yang belum mengetahui, silahkan simak kisah miriam makeba dibawah ini .

 
Miriam Makeba adalah seorang penyanyi kelahiran Prospek, Johannesburg, Afrika Selatan, 4 Maret 1932. Berkarir sejak tahun 1945 hingga kematiannya 2008. Pada logo tersebut, digambarkan Miriam Makeba sedang bernyanyi memegang Microfon.
Miriam Makeba dilahirkan di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel) pada 4 Maret 1932. Ia adalah seorang legenda musik Afrika dengan reputasi internasional. Selain sebagai penyanyi, Makeba juga merupakan pejuang hak-hak sipil warga kulit hitam di kala politik Apartheid masih diterapkan di Afsel.



Makeba bernyanyi sejak masa kanak-kanak bersama Manhattan Brothers, sebuah kelompok musik ternama di Afsel pada masa itu. Menjelang dewasa, ia mulai menyuarakan ketidaksukaannya terhadap politik Apartheid di negaranya, yang kemudian membuat ia harus diusir pada tahun 1960 dan hidup dalam pengasingan.

Selama 31 tahun hidup di pengasingan, Makeba tidak berhenti berkarya. Lagu-lagunya yang mengisahkan perjuangan persamaan hak dalam bahasa Zulu (salah satu bahasa resmi di Afsel) berkumandang ke seluruh dunia. Perjuangannya ini kemudian dihargai oleh dunia dengan berhasil mendapat penghargaan Grammy Award pada tahun 1966.

Bagi warga Afrika, terutama rakyat Afsel, Makeba sudah dianggap sebagai 'ibu bangsa', bahkan mantan Presiden Afsel Nelson Mandela menjulukinya sebagai 'Mama Africa'. Miriam Makeba wafat pada 10 November 2008 dalam usia 76 tahun setelah mengalami serangan jantung saat konser di Italia. Kala itu, Makeba sempat menyanyi selama 30 menit di atas panggung sebelum akhirnya pingsan dan dilarikan ke sebuah RS di Napoli, namun sayang nyawanya tak dapat tertolong.

Image     http://putugibagi.blogspot.com/