5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui

SEO didefinisikan sebagai langkah atau upaya yang dilakukan berupa optimlaisasi sebuah blog agar mendapatkan tempat terbaik dalam halaman hasil penelusuran di search engine.




SEO juga tidak hanya berperan penting bagi pemilik blog seperti kita saja. Akan tetapi, SEO juga berperan bagi setiap orang yang bekerja di mana pekerjaan tersebut berkaitan dengan internet. Misalnya, orang yang ikut program affiliasi, dsb. Pemahaman terhadap SEO mutlak diperlukan. Mengapa? Sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap situs atau blog yang mereka gunakan dalam bisnis online di internet. Semakin bagus pemahaman dan penerapan Teknik SEO mereka, maka peluang bisnis online mereka di internet akan semakin menguntungkan.

Lalu, apa saja sih Aturan SEO yang perlu kita perhatikan?

1. SEM.

Apa itu SEM?
SEM merupakan Search Engine Marketing. SEM digunakan untuk mengoptimalisasi blog yang kita miliki agar mendapatkan hasil yang bagus di halaman hasil pencarian search engine. SEM dapat dilakukan dengan dua pilar utaman, yaitu melalui SEO dan Iklan PPC. Penggunaan SEO dilakukan terhadap blog kita untuk mendapatkan yang bagus di halaman hasil pencarian search engine. Sementara Iklan PPC kita gunakan untuk mendapatkan tempat yang bagus di halaman hasil pencarian search engine melalui pembelian jasa iklan yang memungkinkan blog kita dipromosikan di halaman hasil pencarian search engine.


2. Backlink.


Apa itu backlink?
Backlink merupakan sebuah langkah yang kita terapkan dalam memasukan link dari blog lain yang memberikan link menuju blog kita (dilakukan melalui blogroll) maupun link dari dalam blog yang saling mengaitkan antara satu artikel dengan artikel lain dalam blog kita sendiri. Backlink ini sangat penting, karena secara langsung mempengaruhi kualitas pagerank dari blog kita.


3. Pagerank.


Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai pagerank silakan di baca di artikel pengertian pagerank.


4. Linkbait.


Linkbait merupakan bagian dari situs yang dipublikasikan ke dalam blog atau situs yang bertujuan untuk mendapatkan banyak reaksi dengan tujuan untuk mendapatkan banyak backlink sehingga akan meningkatkan pagerank blog kita. Misalnya adalah kita mempublikasikan dalam blog kita sesuatu yang sedang hot seperti yang menjadi hot di situs jejaring sosial. Bagaimana pengaruhnya terhadap blog kita? Saat kita mempublikasikan sesuatu yang sedang naik daun, kita sama saja memanfaatkan momen. Nah, pengunjung akan senang topik yang sedang kita bahas karena merupakan current issue, sehingga blog kita pun akan diminati banyak pengunjung dan diharapkan akan mendapatkan banyak backlink dari blogger lain yang senang terhadap blog kita.


5. Link Farm.


Link Farm merupakan sekumpulan blog yang tergabung dalam sebuah grup di mana masing-masing blog dalam grup tersebut saling memberikan backlink kepada yang lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pagerank. Pada awalnya Link Farm merupakan sebuah alternatif cara yang bagus untuk menaikan pagerank. Akan tetapi, sekarang Link Farm menjadi sebuah hal yang haram untuk dilakukan dan wajib kita tinggalkan agar blog kita tidak terkena penalti atau blog dibanned google karena dianggap sebagai SPAM.

Cukup banyak istilah ataupun aturan baru yang harus kita perhatikan bukan?
Yup, karena itu kita harus pandai-pandai merefleksikan aturan-aturan tersebut agar blog kita tampil optimal dalam perebutan tempat yang baik di halaman hasil pencarian oleh search engine.

Melanjutkan pembahasan yang kemarin mengenai 5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui, untuk aturan SEO lain yang setidaknya perlu kita ketahui walau tidak harus semuanya kita jalani antara lain sbb.

 

1. Anchor text.

Apa itu anchor text? Perhatikan kode HTML di bawah ini.

<a href=”http://dangstars.blogspot.com” target=”_blank”> Dangstars Blog </a>

Pada baris kode HTML di atas, yang dinamakan anchor text adalah Dangstars Blog. Jadi, anchor text bisa kita terjemahkan sebagai sebuah text yang yang ditampilkan dan mengandung sebuah link di dalamnya.

Dalam menggunakan anchor text, usahakan untuk menggunakan kombinasi anchor text dan link yang benar. Misalnya ada link 
http://dangstars.blogspot.com/2013/05/goodyear-rambah-bisnis-ban-vulkanisir.html

maka anchor text yang baik dari link tersebut adalah Goodyear Rambah Bisnis Ban Vulkanisir

Untuk contoh link tersebut jangan gunakan anchor text yang terlalu jauh menyimpang dari isi postingan link yang sebenarnya.

Anchor text dapat membantu search engine dalam mengindeks konten blog. Dengan penggunaan anchor text yang baik dan tepat, akan sangat membantu menaikan kualitas pagerank blog kita.

2. NoFollow.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca lagi artikel Blog DoFollow dan Blog NoFollow.

3. Link sculpting.

Link sculpting ini berguna untuk menyalurkan kualitas pagerank dai halaman utama blog kita ke halaman lainnya dalam blog kita. Biasanya orang akan memberikan backlink pada halaman depan blog kita saja, sehingga halaman itu lah yang memiliki nilai pagerank yang bagus. Nah, dengan link sculpting ini lah kita dapat mendistribusikan kualitas pagerank dari halaman ke halaman lain di blog kita agar menjadi naik. Karena setiap halaman tentunya akan memiliki kualitas pagerank yang berbeda-beda bukan?

Cara kerjanya adalah saat kita membuat postingan blog, kita memberikan kata dalam postingan tersebut dengan link yang mengarah ke halaman yang lain.

4. Title tag.

Tittle tag merupakan sebuah teknik SEO yang digunakan dengan cara membuat optimalisasi judul pada setiap postingan blog kita. Usahakan saat kita membuat postingan blog, pilih judul yang paling pas atau sesuai dengan keyword dari postingan tersebut. Selain itu, penggunaan title tag juga dilakukan dengan melakukan perubahan kode HTML pada template blog kita.

5. Meta tag.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai meta tag, silakan baca kembali uraiannya di halaman Teknik SEO On Page.

Bagaimana kawan?
Ada yang ingin ditanyakan?
Kalau ada yang kurang paham, silakan ditanyakan lewat kotak komentar ya.
Salam blogger!
Sumber panduanbelajarblog.blogspot.com