Teori dan Teknik Vulkanisir Ban



Teori dan Teknik Vulkanisir Ban.Tentunya banyak hal yang perlu dilakukan dan persiapan ,diantaranya bahan baku karet dan juga Alat-alat vulkanisir yang mendukung proses vulkanisir agar menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan bagi pengusaha di bidang vulkanisir agar konsumen tentunya puas menggunakan ban vulkanisir.

Bicara tentang Vulkanisir tentunya berhubungan dengan ban dan pabrik serta SDM sebagai pengolah.Dalam artikel kali ini akan kita sedikit kupas tentang Teori dan Teknik Vulkanisir Ban ,namun sementara kita bahas system Teori dan Teknik Vulkanisir Ban Masak dingin ataupun Masak AC istilah lain Cold Proces System.

Adapun Teori dan Teknik Vulkanisir Ban adalah :

1.Inspection - Pemeriksaan Ban

Pada Divisi ini operator harus benar-benar teliti terhadap pemeriksaan ban agar ban yang benar-benar terpilih yang dapat diproses vulkanisir

2.Buffing

Proses Buffing merupakan pembuangan permukaan ban yang licin agar pelengketan karet terhadap ban dapat senyawa

3.Gerenda Tangan – Skiving

Pada Divisi ini adalah membersihkan luka-luka pada ban baik akibat luka benda tajam,bebatuan atau benda lainnya yang mengakibatkan luka pada permykaan ban

4.Repair – Divisi Tambal Ban

Divisi ini sangatlah benar-benar menjadi jantung untuk proses selanjutnya ,dengan memperhatikan besarnya lubang dan menggunakan jenis tambalan yang sesuai dengan ukuran dan besarnya lobang

5.Cementing-Lem

Setelah selesai dari tiap divisi sebelumnya tentunya saatnya ban tersebut di lem agar cushion gum dapat lengket 

6.Extruder
Divisi ini berhubungan erat dengan divisi skiving,karena luka bekas gerenda tangan tersebut,pada divisi ini akan diberikan atau disumbat dengan karet gum kemb ali hingga rata dengan permukaan ban

7.Pemasangan Cushion Gum

 

Pemasangan gum dilakukan sebelum ban dipasang karet

8.Building – Pemasangan Karet

Pada Divisi ini hal yang perlu diperhatikan adalah perataan terhadap sisi kiri dan kanan juga pada sambungan agar jumpa dengan alurnya

9.Pemasangan plastik Kaca Dan Kain

Maksud pemasangan plastic kaca adalah agar envelope tidak lengket terhadap ban.Sedangkan pemasangan kain tentunya untuk pembuiangan angina tau sirkulasi udara antara karet dan envelope

10.Pemasangan Envelope

11.Pemasangan Velg

12.Curing –Proses Masak Dengan Chamber

13. Bongkar Velg Dan Buka Envelope
14.QC – Pemeriksaan Akhir

Demikian Sedikit Tentang Cara Kerja Vulkanisir Ban.
Semoga Bermanfaat
Salam Vulkanisir

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak