Kerjasama Sumut-Guangdong semakin erat

Kerjasama Sumut-Guangdong semakin erat | Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho diwakili Sekdaprovsu Nurdin Lubis, secara resmi membuka Acara Pertunjukan Dan Pertukaran Kesenian Dan Kebudayaan Provinsi Bersaudara Sumatera Utara – Guangdong di Tiara Convention Hall Medan, tadi malam.

Kerjasama antara dua provinsi ini akan makin menghangatkan hubungan Indonesia dan RRC. Bidang seni dan budaya merupakan hal paling mendasar yang perlu digali dan dan dilestarikan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara. Pertunjukkan dan pertukaran kesenian dan kebudayaan Indonesia- RRC ini merupakan acara yang penting dan strategis sebagai bentuk kepedulian membangun dan melestarikan budaya bangsa sebagai jati diri bangsa yang berbudaya dan berkarakter.

Pada kesempatan itu Gubsu juga mengatakan kegiatan ini merupakan momentum untuk kembali mengenang rasa persahabatan yang mendalam dan mesra dari rakyat Republik Rakyat China dan Rakyat Indonesia, khususnya Provinsi Guandong dan Provinsi Sumatera Utara yang memiliki keberagaman budaya dan bahasa.

"Kegiatan malam ini bukan hanya tontonan dan hiburan melainkan sebagai upaya mempromosikan kebudayaan Indonesia khususnya Sumatera Utara dan RRC. Dan sebaliknya yang cukup berpotensi sebagai wisatawan maupun melakukan hubungan perdagangan antara Indonesia dan RRC," ujar Gubsu.

Seperti yang kita ketahui Pemerintah RRC dengan Indonesia adalah merupakan negara sahabat yang telah lama menjalin kerjasama dibidang kebudayaan dan pariwisata dan juga dibidang perdagangan dan investasi, di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Oleh karenanya kerjasama yang telah dirintis selama ini harus terus dipelihara dan ditingkatkan untuk lebih mempererat dan memperkokoh persahabatan antara Indonesia dan RRC.

Lebih lanjut dikatakan Gubsu melalui event ini kita jadikan sebagai spirit untuk lebih peduli dalam memajukan kesenian dan kebudayaan negara kita agar kesenian dan kebudayaan tidak akan hilang dan tercabut di atas permukaan bumi seiring derasnya arus globalisasi.

"Mari bersama-sama kita tumbuhsuburkan kesenian di daerah dan negara kita sebagai sebuah mahakarya bagi segenap anak bangsa dan menjadi second track diplomacy dalam meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-RRC," ajak Gubsu.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Guangdong China, Mr. Fang Jianhong mengungkapkan kegembiraannya mengunjungi kota medan yang indah dan sejuk bersama dan keramah-tamahan masyarakat Sumatera Utara dan merasa senang berkesempatan mengadakan pertunjukan bersama seniman – seniman Indonesia juga belajar banyak dari mereka. Semoga acara-acara music dan nyanyian yang kami persembahkan untuk masyarakat Sumatera Utara ini merupakan suatu pesan salam sejahtera, dan ungkapan sahabat buat masyarakat Sumatera Utara. "Hidup persahabatan Tiongkok-Indonesia ! ”, soraknya.

Ketua Koordinator Panitia Pelaksana kegiatan Juswan Tjoe menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kepala dinas kebudayaan Provinsi Guangdong, RRC ke Provinsi Sumatera bersama delegasi Guangdong National Music Orchestra Provinsi Guangdong, RRC selain mengadakan pertukaran kesenian dan kebudayaan dengan Provinsi Sumatera Utara yang telah menjalin hubungan kerjasama Provinsi bersaudara juga untuk mengenal lebih dekat kebudayaan Sumut, menjajaki hubungan pendidikan dan melihat potensi hubungan kerjasama dibidang ekonomi, pariwisata, perdagangan maupun bidang lainnya. "Terima kasih dan selamat menikmati pertunjukkannya," ucap Juswan.

Turut hadir dalam acara ini Konjen Republik Rakyat China di Medan Yang Ling Zhu, Ketua Delegasi Guangdong, China beserta rombonga, Konsul negara Sahabat, Mewakili Plt. Walikota Medan, Mewakili Pangdam I/BB, Mewakili Kapoldasu, Mewakili Danlantamal-I Belawan, Mewakili Pangkosekhanudnas III Polonia, dan Para Pimpinan SKPD jajaran Provinsi Sumatera Utara, Lembaga Ekonom Sosial dan Budaya Indonesia-China (LIC) Sumut, Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa dan Sumatera Utara (MITSU-PSP), Asosiasi Provinsi Bersaudara serta yayasan-yasan Tionghoa lainnya.

http://waspada.co.id
Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/wol)