Panduan SEO Untuk Pemula

Panduan SEO Untuk Pemula
Panduan SEO Untuk Pemula | Apa itu SEO ? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimizer artinya bagaimana mengoptimisasi website Anda terhadap mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Tehnik SEO yang baik akan membuat website Anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari dan hasilnya beberapa mesin pencari akan memberikan peringkat untuk website Anda. 

Ketika seseorang mencari informasi tertentu di mesin pencari, tentunya atas kata kunci tertentu, maka website yang memiliki kata kunci yang paling mirip dan ranking paling tinggi akan dimunculkan pada halaman pertama. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mengoptimalkan website Anda sehingga mesin pencari akan memunculkan website Anda dihalaman pertama. Ini adalah Panduan SEO untuk pemula, artinya jika Anda belum pernah tahu tentang SEO atau sudah pernah mencoba tetapi belum mendapatkan hasil yang maksimal, silakan baca panduan singkat ini.

Ada 5 hal penting yang akan menentukan tinggi rendahnya ranking website Anda menurut SEOMOZ.

Anchor Text di Backlink dan kata kunci

Apa itu Anchor Text? Anchor text adalah "nama" dari alamat url/link yang menuju website Anda. Link yang menuju website Anda disebut dengan Backlink. Semakin banyak backlink yang menuju website Anda artinya semakin tinggi ranking Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah website dengan nama "Informasi Vulkanisir Ban" maka link yang seharusnya menuju website Anda adalah seperti ini Informasi Vulkanisir Ban bukan Vulkanisir Ban

Kesimpulan, Gunakan anchor text yang sesuai dengan kata kunci yang Anda ingin optimalkan.

Selain itu kesalahan dari banyak pemula SEO adalah kata kunci yang salah dengan tidak memperhitungkan berapa banyak orang yang mencarinya dan berapa tinggi kompetisinya.

Anchor Text pada backlink dan kata kunci yang tepat akan bernilai 73% dalam menentukan ranking website/blog Anda.

Popularitas backlink

Usahakan backlink ke website Anda berasal dari website yang memiliki tema yang sama, apalagi dengan ranking yang tinggi dan tentu saja dengan anchor text yang sesuai. Inilah yang disebut dengan backlink berkualitas.

Faktor lain yang menjadi pertimbangan adalah dofollow dan nofollow link. Nofollow link adalah atribut baru dari google, dimana link nofollow tidak akan memberikan banyak point untuk website tersebut. Perlu diketahui bahwa link nofollow hampir tidak ada nilainya untuk SEO walaupun masih tetap dianggap sebagai backlink. Inilah yang disebut dengan backlink yang berkuantitas, artinya backlink tersebut bernilai jika jumlahnya banyak.

Popularitas dari backlink bernilai 71% dalam menentukan ranking website Anda.

Keragamanan sumber backlink Anda

Maksudnya Adalah jangan menyimpan banyak backlink pada satu website, Google hanya akan menghitungnya sebagai satu. Setelah Anda menitipkan link tersebut, cari website yang lain dan titipkan link Anda disana lalu cari lagi website lain dan begitu selanjutnya.

Usahakan backlink Anda berada di domain yang memiliki alamat IP yang berbeda-beda.

Keragaman sumber backlink Anda bernilai 67% dalam menentukan ranking website Anda

Kata kunci di judul halaman

Google menyukai kata kunci yang disimpan di judul halaman, memudahkan mereka mencatatnya pada database mereka. Sedangkan yahoo menyukai jika Anda mencantumkan tag meta pada kode html Anda.

Seperti artikel ini, saya menyimpan nama artikelnya di judul halaman dan juga pada metanya. Jika ada orang yang mencari di google dengan kata kunci "Panduan SEO untuk pemula" maka mungkin artikel ini berada di halaman pertama, tetapi jika ada yang mencarinya dengan kata "Lihat Panduan SEO untuk pemula" mungkin artikel ini tidak berada di halaman pertama. Perhatikan bahwa kata "lihat" dapat merubah hasil pencarian.

Kata kunci di judul halaman bernilai 66% dalam menentukan ranking website Anda.

Nama Domain

Entah Anda hanya memiliki blog di blogger atau Anda memiliki website dengan alamat domain sendiri, pastikan bahwa nama domain tersebut sesuai dengan temanya. Misalnya jika Anda membuat website tentang hadiah valentine (bahasa Indonesia) maka lebih baik jika Anda memiliki website dengan nama hadiahvalentine.com atau hadiahvalentine.blogspot.com jika Anda membuat blog. Tetapi nama domain hanya akan bernilai jika kompetisinya terlalu tinggi. Memiliki nama domain yang sesuai akan menjadikan website/blog Anda berada di nomor 1 di Yahoo sedangkan di Google Anda tetap harus mencari backlink yang berkualitas.


Nama domain yang tepat bernilai 66% dalam menentukan ranking website Anda.



Silakan Anda simpulkan sendiri artikel diatas. Jika Anda telah mengikuti 5 point diatas tetapi website Anda belum naik ke atas, maka bersabarlah.. Google memerlukan waktu untuk mencatat setiap backlink dan menghitung ranking website Anda. Proses ini dapat memakan waktu mulai dari 1 minggu sampai berbulan-bulan. Sementara itu cari backlink yang lebih banyak lagi.