Cara kerja SEO untuk Page Rank blog

Cara kerja SEO untuk Page Rank blog | SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik agar halaman web/blog kita muncul di halaman pertama dari hasil pecarian mesin pencari. Untuk hasil pencarian Google nilai PageRank akan sangat berpengaruh dalam SEO.

Sebentar, taukah anda apa itu PageRank?
PageRank merupakan algoritma google dalam indexing informasi yang dihimpun oleh spider.
Okay kita lanjut ke SEO, lalu apa yang menjadi parameter sebuah teknik SEO dianggap optimal oleh Seacrh Engine Google??!

SEO optimal di google adalah meningkatnya nilai PageRank. Sehingga PageRank menjadi ukuran akan keberhasilan SEO dan menjadi parameter optimalnya teknik SEO yang dilakukan.
Namun Kenyataannya?!

Bagi yang menggeluti SEO, secara tidak langsung mereka juga menggeluti cara meningkatkan PageRank. Namun, tidak semua teknik SEO akan menjadikan PageRank meningkat. Karena disisi lain SEO lebih berorientasi bagaimana Keyword yang dibidik menempati posisi strategis seacrh engine. Sehingga bisa dikatakan belajar SEO akan berdampak pada perubahan PageRank nantinya.

Lalu apakah SEO dan PageRank bisa dikatakan 2 hal yang berbeda?!

SEO berorientasi pada keyword yang teroptimasi, sedangkan PageRank berorientasi pada nilai ranking oleh google. Ketika seseorang mengejar PageRank, sengkali tidak menggunakan teknik SEO. Dan berbeda pula ketika seseorang mengimplementasikan SEO, kenaikan PageRank bukan yang utama.
Nah perludiketahui terlebih dahulu bagaimana search engine bekerja sehingga mampu memunculkan hasil.

1. Crawling, adalah proses mengambil informasi yang berguna dari sebuah halaman website/blog. Biasanya dilakukan oleh spider, sebuah mesin yang kerjanya mencrawl informasi page. Ketika sebuah spider menemukan suatu link dia akan menelusuri kembali link-link tersebut, begitu pula seterusnya link tersebut dibolehkan oleh sebuah page untuk dicrawl oleh spider-spider mesin pencari. Spider google dinamakan googlebot.

2. Indexing, adalah proses memasukkan data yang dibawa oleh spider dalam database. Nah, proses indexing disini dilakukan untuk mengurutkan data tersebut sesuai aloritma masing-masing search engine. Pada google PageRank menjadi algoritma penentuan indexing. Dimana semakin tinggi PageRank, maka posisi indexing akan berada di urutan teratas dalam database.

3. Searching, adalah proses pencocokan data dari pengguna yang ingin mencari sebuah keyword dengan data base sesuai dengan indexing yang ada. Sehingga apa-apa yang sesuai dengan keyword yang dicari akan dimunculkan berdasarkan urutan indexing.

4. Result, adalah proses menampilkan hasil dari searching yang dilakukan oleh pengguna terhadap mesing pencari. Sehingga hasil yang dimunculkan merupakan jawaban dari proses searching suatu database yang sudah terindex. Dan biasanya pengunjung hanya akan melihat hasilnya antara 1-5, jika mereka tidak menemukan hasilnya pada page tersebut, maka keyword pencarian akan diganti dengan lainnya.

Dari proses itulah, indexing menjadi penentu dimana sebuah informasi pada suatu halaman website/blog akan diurutkan dalam database yang nantinya akan berimbas pada hasil pencarian. Dan proses indexing ini diawali dengan crawling sebuah halaman website. Sehingga sekarang bagaimana agar sebuah halaman website terjamah oleh spider mesin pencari terutama google?!. Dan akhirnya akan terindex dalam database google. Secara sederhana terdapat 2 cara jitu :

1. Otomatis, artinya spider akan otomatis mendatangi halaman website/blog kita dan nantinya akan mendapatkan informasi dari website/blog kita kemudian mengindexnya dalam database. Nah, cara ini dapat terjadi apabila link-link website/blog kita diletakkan dalam wesite-website/blog-blog yang sudah terindex. Artinya pada pola ini kita harus banyak menebar link terutama di link-link dofollow.

2. Manual, artinya kita memasukkan sendiri link kita kedalam list spider sebuah mesin pencari. Pada google terdapat alamat yang dapat dijadikan untuk mendaftarkan link, yakni Addurl. Dengan memasukkan link kita kedalam list spider tersebut maka setidaknya website/blog kita termasuk kedalam list spider google. Sehingga memungkinkan website/blog kita akan terjamah oleh spider dan akhirnya akan terindex oleh google.

Kedua cara itulah cara jitu terindex di google. Baik yang otomatis maupun yang manual semuanya bisa dilakukan. Sehingga nantinya akan mengindikasikan seberapa cepat website kita terindex oleh google dengan kedua cara diatas.

Daftar SEO terbaik :
1. http://google.com/addurl.html
2. http://submit.seacrh.yahoo.com/free/request
3. www.addme.com
4. www.dmoz.com
5. http://search.mns.com/
6. http://addurl.altavista.com/addurl/new
7. http://addurl.alltheweb.com/add_url
8. http://submit2.jayde.com/
9. www.derectnry-search.org
10. www.positiontech.com/inktomi
11. www.gloprom.com
12. www.freewebsubmission.com
13. www.submitawebsite.com
14. www.indocenter.co.id
15. www.searchindonesia.com
16. www.halloindonesia.com