Selamat Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2013
“Berkacalah pada sejarah yang telah terukir indah dan berhentilah menatap masa depan dengan mata yang buta.” Selamat Hari Pahlawan.

Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2013 :
PAHLAWANKU IDOLAKU

Kemerdekaaan adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusian dan perikeadilan. Sepenggal kalimat tersebut terdapat dalam kalimat Undang - Undang Dasar 1945 yang mengisyaratkan bahwa suatu kemerdekaan adalah keinginan yang tidak bisa ditawar atau dilakukan dengan ragu - ragu, artinya segala daya dan upaya dalam rangka untuk mewujudkan suatu bangsa yang merdeka harus diperjuangkan dengan cara apapun walaupun harus dengan pengorbanan yang luar biasa. 


Cita - cita perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan pada waktu itu hanya menuntut pada suatu keinginan bersama yaitu Indonesia Merdeka, karena dengan merdeka, maka suatu bangsa akan dapat menentukan nasib dan masa depannya sendiri tanpa tekanan dari penjajah manapun. Representasi dari pengorbanan rakyat Indonesia dalam berjuang mewujudkan suatu Indonesia yang merdeka telah ditorehkan dengan pertumpahan darah melalui pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan korban jiwa yang sangat luar biasa. Untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, maka tanggal 10 November 1945 dijadikan sebagai momentum Hari Pahlawan yang hingga saat ini diperingati sebagai Hari Nasional.

Esensi pertempuran 10 November 1945 dengan tujuan utama adalah Indonesia merdeka telah memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap akselerasi proses pembangunan nasional dari waktu ke waktu seiring perubahan peradaban umat manusia hingga saat ini sehingga esensi 10 November dimaknai sebagai masa perjuangan untuk Indonesia merdeka. 


Seiring perubahan waktu, maka Peringatan Hari Pahlawan dari waktu ke waktu melengkapi implementasi perwujudan kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara melalui berbagai karya dan karsa anak bangsa untuk mewujudkan suatu kehidupan yang lebih baik dibanding dengan masa-masa sebelumnya.

Untuk itu esensi Hari Pahlawan pada masa kini dan masa yang akan datang tidak lagi mengejar suatu keinginan Indonesia merdeka tetapi lebih difokuskan untuk mewujudkan suatu mimpi, harapan dan keinginan kehidupan yang lebih sejahtera dalam arti luas. 


Persoalannya adalah bagaimana kita bisa menarik benang merah dari esensi nilai juang kepahlawanan pada masa lalu menjadi sebuah modal yang dapat digunakan untuk mengangkat harkat, derajat dan martabat bangsa Indonesia ke depan sehingga cerita tentang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak hanya sebagai cerita heroik belaka tapi dapat menjadi inspirasi sekaligus pendorong untuk mewujudkan suatu bangsa yang besar yang tidak hanya cukup menghargai jasa pahlawannya tapi juga menghargai, menghormati dan meneladani satu sama lain kalau ingin dianggap menjadi bangsa yang besar.

Untuk Menghargai Jasa-jasa Pahlawan, Marilah Tanggal 10 November 2013, Pukul 08.15 Waktu Setempat Kita Bersama-sama Mengheningkan Cipta Selama 60 detik.

SELAMAT HARI PAHLAWAN KE 68 TAHUN 2013
10 NOVEMBER 2013
BAGIMU NEGERI, JIWA RAGA KAMI,
NKRI HARGA MATI


Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak