Koran Facebook Terbit Akhir Januari?

Koran Facebook Terbit Akhir Januari?
Koran digital Facebook akan segera bisa dinikmati di perangkat mobile. Layanan terbaru Facebook yang disebut dengan Facebook Paper tersebut rencananya akan diluncurkan pada akhir Januari ini.

Sebelumnya Facebook telah melakukan beberapa kali percobaan, dan mendesain ulang tampilan Facebook Paper. Layanan "news reading" layaknya RSS feed reader ini akan mirip dengan Flipboard, aplikasi untuk membaca berita.

Paper, seperti dikutip dari Recode, akan memiliki dua wujud, yaitu aplikasi mobile terpisah atau tampilan web yang disesuaikan untuk perangkat mobile.

Paper dan Flipboard memang memiliki banyak kesamaan, seperti menampilkan berbagai berita dari beragam publikasi seperti The New York Times atau The Washington Post, bersamaan dengan update status dari pengguna Facebook.

Semua itu disebut sumber Recode memiliki format tampilan seperti koran.

Facebook memang berambisi membuat halamannya dikunjungi banyak orang untuk mencari berita. Sebelumnya di tahun 2013 lalu, Facebook berusaha menampilkan kejadian-kejadian penting di dunia di halamannya.

Yang terbaru, di akhir tahun lalu, Facebook mengubah algoritma dalam jejaring sosialnya agar lebih banyak menampilkan berita dibanding foto atau update status tak penting.

Jika Paper jadi diluncurkan, maka hal tersebut adalah akhir penantian panjang tim pengembangnya setelah mengalami beberapa kali penundaan.

Namun, setelah diluncurkan pun Facebook masih memiliki tantangan dengan berupaya menarik audiens untuk menggunakannya.(recode.com)