Pemindahan ibu kota harus direalisasikan

Pemindahan ibu kota harus direalisasikan | Pemerintah sebaiknya mulai serius untuk mengkaji wacana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta. Sebab, banyak persoalan pelik di Jakarta yang belum bisa dipecahkan hingga saat ini.

"Bukan hanya sekedar dipikirkan, tapi sudah harus ada roadmap dan ancang-ancang kapan realisasinya. Presiden SBY sendiri, seingat saya, sudah dua atau tiga kali mewacanakan perpindahan ibu kota," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI Marwan Ja'far, hari ini.

Di tengah suasana banjir, masalah kemacetan yang belum terurai secara komprehensif, dan masalah-masalah sosial lainnya, Marwan melihat, perpindahan ibu kota layak digaungkan kembali. Kesigapan pengambilan kebijakan untuk langkah jangka panjang Jakarta dan Indonesia di masa yang akan datang.

"Jakarta sudah overcapacity, masalah silih berganti. Siapapun gubernurnya, bukan berarti pesimistis, rasanya butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan," ujar Ketua DPP PKB ini.


Di sisi lain, Marwan tidak menyalahkan siapapun. Anggota Komisi V DPR RI ini mahfum, problem Jakarta kompleks. Kata dia butuh kebijakan yang revolusioner dan berani, yaitu memindahkan ibu kota.

"Entah di Kalimantan atau di Papua, di tempat lain yang memungkinkan dan layak, termasuk juga dalam rangka pemerataan pembangunan dan menciptakan sentra ekonomi baru, serta tetap menjaga keutuhan NKRI, perpindahan ibu kota rasanya menjadi sebuah keharusan," jelas Marwan.
(dangstars/okezone.com)