Taktik Menjadi Orangtua Bebas Stres di Tahun 2014

Taktik Menjadi Orangtua Bebas Stres di Tahun 2014
Apa resolusi Anda di tahun 2014 ini sebagai orangtua? Jika di tahun sebelumnya banyak hal yang Anda khawatirkan, ada baiknya Anda menghilangkan kebiasaan “khawatir” itu di tahun ini agar Anda tidak menjadi orangtua yang mudah stres.

Menabung untuk dana pendidikan, dana pensiun, dan kesehatan, tahapan imunisasi anak, cuaca yang tidak terkendali, ancaman teror, dan lainnya, pada dasarnya itu hanya menempatkan Anda pada kondisi stres yang tak berkesudahan.

Tahun ini saatnya Anda mengubah aturan pola asuh pada anak Anda, agar tidak lagi menjadi orangtua yang mudah stres.

Berikut tiga cara anti-stres yang bisa Anda, para orangtua, terapkan di tahun 2014 seperti dilansir Babble.com:

1. Terbuka dan Mau Mencoba Hal Baru

“Ingin deh bikin cookies sendiri buat anak-anakku. Daripada beli, kan belum tentu sehat.” Ayo, lakukan sekarang juga. Anak sulung Anda seringkali melontarkan keinginannya untuk belajar sepatu roda. Anda tidak mengijinkannya karena takut bila ia terjatuh atau mengalami hal-hal yang lebih berbahaya dari itu.

Namanya bahaya bisa terjadi di mana saja. Jangan biarkan kekhawatiran Anda membatasi kreativitasnya. Yang penting, dampingi terus saat anak berlatih dan penuhi semua standar keamanannya.

2. Bijak Menyerap Informasi

Jujur deh, tidak semua informasi yang Anda dapatkan dari media menyenangkan hati Anda, bukan? Meski bermanfaat dan menambah wawasan Anda, pasti ada dari informasi itu yang membuat Anda khawatir, terutama informasi seputar anak.

Misalnya, Anda membaca saat ini di China sedang merebak virus SARS jenis baru. Karena takut terjangkit, Anda memaksa anak-anak untuk mengenakan masker ke mana-mana

Jangan “telan” mentah-mentah semua info yang Anda dapat. Belum tentu juga Anda mengalami pengalaman buruk orang lain. Atau, jangan gara-gara itu Anda jadi berhenti membaca. Bijaklah menyerap informasi yang tepat dengan gaya pengasuhan dan kebiasaan keluarga Anda.

3. Jauhkan Diri dari Pinterest

Di Pinterest atau situs sejenis lainnya kita bisa melihat ragam DIY (Do It Yourself) mengenai apapun. Misalnya saja, bagaimana membuat pesta ulang tahun yang sempurna untuk putri Anda. Tahapan yang mudah dan tampilan foto yang mentereng seringkali “memaksa” diri kita untuk bisa melakukan hal yang sama dengan yang digambarkan di sana.

Jika Anda memang benar-benar bisa dan mampu mewujudkan untuk putri Anda tidak masalah. Namun, jika itu malah menyusahkan Anda, misalnya sampai memaksa Anda mengeluarkan banyak uang dan menyita banyak waktu dengan anak, sebaiknya tidak Anda lakukan.

Dalam dunia parenting, tiap orang punya pengalaman yang berbeda. Apa yang Anda lihat sempurna pada keluarga lain, belum tentu bisa sempurna jika Anda terapkan pada keluarga anda.

Jadi, berhentilah khawatir atau panik dengan hal-hal yang belum tentu sesuai dengan Anda.

Sumber intisari online