Desain Grafis dan Alam Semesta

Desain Grafis dan Alam Semesta
Terinspirasi dari Situs Desain Grafis Indonesia (http://dgi-indonesia.com/portfolio-inspiration-perspektif-19-desainer-grafis-muda-indonesia).. tentang perspektif desain grafis (Graphic Design) dan apa itu desain grafis menurut para pelaku design yang masih muda belia, maka saya menulis di blog ini tentang desain grafis atau graphic design, ada 19 desainer yang ditampilkan dengan perspektif masing-masing mengenai makna design grafis..., lalu saya kembali ke mesin pencari google menuliskan kata design grafis dan merujuk pada image.., wow... !!!...amazing.. betapa banyaknya model warna-warni yang bergaya ini itu...atau mungkin saja ada yang meng-kategorikannya dengan berbagai aliran misalnya.. ibarat dunia lukis yang punya aliran.., 

Di situs wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis), disitu tertulis jelas bahwa Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. 

Dan dalam wikipedia yang berbahasa inggris pun didefinisikan sebagai berikut : Graphic design is a creative process, one most often involving a client and a designer, and traditionally completed in conjunction with producers of form (printers, sign makers, etc.). jadi proses kreatif yang terjadi hingga menghadirkan bentuk-bentuk dalam media cetak serta media lainnya.., 


Kedua pemaparan itu baik dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia memiliki kata kunci yang bisa saya tarik, yaitu Proses kreatif, menyampaikan pesan secara efektif, dan ada bentuk.. maka meski misalnya hanya ada titik maka itu pun bentuk.. seperti huruf Hijaiyah (islam) ada titik yang mendapatkan perhatian misalnya huruf Ba Ta dan Tsa.. kapan saja titik-titiknya diabaikan atau dihilangkan maka berubahlah pesannya atau maknanya malah. 

Desain grafis menurut pengamatan saya sudah lama dikenal oleh manusia, bahkan di zaman prasejarah sekalipun dimana bahasa inggris atau pun bahasa Indonesia belum ada ^_^, artinya saat itu mungkin juga rakyat primitif menggunakan bahasa isyarat walau ada suara yang keluar (mungkin pembaca pernah melihat film-film fiksi dengan setting masyarakat prasejarah), dan karena mereka manusia biasa bukan manusia super yang memiliki telepati yang dahsyat maka untuk berkomunikasi mereka membuat bentuk-bentuk agar bisa menyampaikan pesannya.., misalnya ada yang menggambarkan binatang-binatang di dinding-dinding batu goa dengan maksud menyampaikan pesan. 

Menggambar di dinding-dinding atau artefak-artefak, bagiku itu sudah menjadi desain grafis, dan dari itu bisa menjadi inspirasi pada dunia digital saat ini membuat bentuk-bentuk yang mengantarkan kembali ke nilai-nilai sejarah. 

Bahkan alam raya ini adalah bentuk, bentuk yang sistematis dari maha karya sang Maha Sempurna.., cobalah amati tatanan galaxy (meski dalam bentuk miniatur) mengantarkan alam pikiran kita untuk menjangkau atau mencoba mengeksplorasi alam ini... . 

Ketakjuban dan ketidakberdayaan sebagai makhluk pun berkecamuk, nilai-nilai abstrak dalam alam semesta dan tubuh manusia atau makrokosmos dan mikrokosmos yang terus berproses melibatkan manusia hingga manusia pun mencoba mengadu bentuk atau desain abstrak dalam garis-garis dan titik-titik serta warna-warni.. 

Dan, disamping dari itu bahwa desain grafis adalah proses kreatif sebagaimana manusia dan nilai-nilai dalam dirinya terus berproses demi suatu tujuan.. sebab siapa yang mengenal dirinya maka akan mengenal PenciptaNya dan akan mengenal tujuannya.. 

Jadi bagaimana dengan pembaca makna desain grafis itu?. Atau makna alam semesta dengan bentuknya yang sistematis? sumber gambar : http://www.advertisingelements.com/services/graphic-design/