Inikah Penyebab Rezeki Kita Seret?

Inikah Penyebab Rezeki Kita Seret?
Dalam banyak ayat dari Alquran dan hadits shahih disebutkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala merupakan dzat pemberi rezeki. 
Surat Al-Hajj ayat ke 58 bahkan disebutkan Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki. Saat kita sedang merasa lancar rezeki, ayat ini tidak berpengaruh banyak bahkan cenderung terabaikan. Tapi manakala sedang dilanda rezeki seret terkadang keyakinan itu melemah.

Bagi yang merasa demikian cepat-cepatlah beristighfar dan berpikir positif terhadap Allah, atas apa yang sedang kita alami. Ingatlah, Allah tidak akan menelantarkan hambanya yang bertaqwa. Bagaimana mungkin seorang hamba yang taat akan diacuhkan, sedangkan hewan pun Allah jamin rezekinya.

Satu hal yang perlu dicamkan dengan sungguh-sungguh, Allah ‘azza wa jalla adalah dzat yang maha pemberi rezeki dan Dia pula yang berhak menyempitkan rezeki seseorang dikarenakan atas perbuatan orang itu sendiri. Sebagaimana telah disebutkan dalam salah satu ayat berikut:

“Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. [QS. Al-‘Ankabuut: 62]

Apa Penyebab Rezeki Seret?

Allah subhanahu wa ta’ala sebenarnya memberikan rezeki secara adil. Semuanya diberi sesuai dengan takarannya masing-masing. Sesuai apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits shahih berikut:

“Wahai manusia bertakwalah kepada Allah dan pilihlah cara yang baik dalam mencari rezeki, karena tidaklah suatu jiwa akan mati hingga terpenuhi rezekinya, walau lambat rezeki tersebut sampai kepadanya, maka bertakwalah kepada Allah dan pilihlah cara yang baik dalam mencari rezeki, ambillah rezeki yang halal dan tinggalkanlah rezeki yang haram” [HR. Ibnu Majah]

Allah tidak akan mencabut nyawa seseorang hingga rezekinya telah terpenuhi. Namun, terkadang kita mengalami hal yang berbeda. Rezeki yang kita dapatkan mengalami surut, misalnya seorang pedagang yang setiap harinya menjual dagangannya tiba-tiba suatu hari rezekinya seret.

Padahal yang membuat rezeki tidak lancar adalah kita sendiri. Cobalah perhatikan sebuah hadits yang jelas telah menyatakan alasan kenapa rezeki kita terhalang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya seorang hamba dihalangi rizkinya disebabkan dosa yang menimpanya.” [HR. Ahmad]

Dosa merupakan salah satu penyebab rezeki seret. Jadi jika Anda merasa rezeki kurang lancar maka instropeksi dahulu, dosa apa yang telah kita berbuat.