Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

100 Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

Jalan-Jalan merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan,jalan jalan biasanya disebut dengan istilah wisata,wisata ke tepat-tempat menarik untuk menghilangkan beban dan penat yang ada dipikiran kita.

Sumatera Utara adalah salah satu Provinsi Di Indonesia ini yang memiliki sejuta tempat wisata menarik,tempat-tempat tersebut sudah banyak yang terkenal didalam dan luar Negeri sekalipun.




Bagi kamu yang ingin dan sedang jalan-jalan kesumatera utara,kami akan memberikan info-info mengenai tempat-tempat wisata mana yang layak untuk anda kunjungi di Sumatera Utara.

100 Daftar Tempat Wisata Menarik di Medan Sumatera Utara

Huta Siallagan



Huta Siallagan Samosir


Memasuki Huta Siallagan, anda akan melihat pemandangan yang umum di Tanah Batak yakni deretan rumah bolon dan sopo. Istimewanya, di sini terdapat deretan batu berbentuk kursi yang tersusun melingkari meja batu. Tempat ini dinamakan Batu Parsidangan. Letaknya persis di tengah kampung, tepatnya di bawah pohon hariara yang memiliki akar melilit. 

Pohon suci seperti ini biasanya ditanam di perkampungan Batak. Adapun Batu Parsidangan ini berada di 2 lokasi. Yang pertama tertata rapi dengan posisi melingkar di bawah pohon dan berfungsi sebagai tempat rapat, dimana rangkaian batunya meliputi kursi raja dan permaisuri, kursi tetua adat, kursi raja untuk undangan dan huta tetangga, dan kursi untuk pemilik ilmu kebatinan. Sedangkan Batu Parsidangan kedua berfungsi sebagai tempat eksekusi, dimana rangkaian batunya tidak begitu berbeda dengan Batu Parsidangan pertama, hanya ditambahkan sebuah batu besar memanjang sebagai tempat pembaringan terdakwa untuk kemudian dipenggal kepalanya.

Taman Wisata Iman Dairi


Taman Wisata Iman

Wisata Rohani Taman WIsata Iman, Sitinjo, Dairi. Indonesia adalah negara yang plural. Itulah sebabnya dibuatlah semboyan Bhinneka Tunggal Ika untuk mempersatukan perbedaan tersebut. Selain di Bukit Kasih Manado yang menonjolkan kerukunan antar umat beragama lewat kehadiran lima tempat ibadah dari masing-masing agama, di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Indonesia juga terdapat tempat wisata religi yang menonjolkan hal yang sama yaitu Taman Wisata Iman. 

Taman religius ini berada di Bukit Sitinjo, Kabupaten Dairi, berjarak sekitar 154 km dari Kota Medan, Dibutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk sampai ke Taman Wisata Iman ini. Sesuai dengan namanya, tujuan wisata satu ini merupakan tujuan wisata religi kelima agama yang diakui di Indonesia.

Museum TB Silalahi
Museum TB Silalahi Center

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat bagaimana budaya Batak, cobalah mengunjungi Museum Batak Balige yang berlokasi di Jl. Pagar Batu 88 Balige, Sumatera Utara atau lebih tepatnya di dalam Komplek TB Silalahi Center, Desa Soposurung. 

Dengan berlokasi di pinggiran Danau Toba, Komplek TB Silalahi menghadirkan pemandangan yang begitu memikat. Terdiri dari 3 lantai, museum ini dirancang dengan desain interior modern yang dibalut oleh ukiran gorga. Di lantai 2 dan 3 gedung, anda bisa menyaksikan kekayaan alam Sumatera Utara berupa Danau Toba dan lanskap Balige yang terlihat jelas.

Bukit Lawang

 Bukit Lawang
Bukit Lawang menjadi atraksi wisata lain yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang merupakan tempat konservasi salah satu satu jenis primata asli Indonesia yang kini keberadaannya hampir punah, Orang Utan. Tak perlu heran jika tempat ini sangat identik dengan maskot Orang Utan yang sangat lucu dan menggemaskan. Ada sekitar 500 Orang Utan yang hidup bebas di taman konservasi ini. 

Kawasan Bukit Lawang ini tidak hanya terkenal dengan satwa Orang Utan saja, melainkan ada beberapa objek wisata lainnya yang tak boleh terlewatkan. Sebut saja Taman Nasional Gunung Lauser. Taman nasional ini sebagian besar kawasannya berupa hutan hujan tropis. Di dalamnya terdapat danau-danau, air terjun alami, sungai, dan sumber air panas. Belum lagi kekayaan hayatinya. Ada begitu banyak satwa liar hidup di hutan tropis di kawasan Taman Nasional Lauser ini. Sebut saja Badak Sumatera, Rusa Sambar, Gajah Sumatera, dan kambing hutan.

Gunung Sibayak

Wisata Ke Gunung Sibayak Di Tanah Karo

Gunung Sibayak menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Penduduk lokal menyebut gunung ini dengan nama Gunung Raja karena kata ‘Sibayak’ dalam bahasa lokal masyarakat Karo berarti ‘raja’. Gunung besar ini tergolong gunung aktif. Dari puncak gunung, gumpalan asap mengepul hingga 2 km tingginya. 

Asap ini berasal dari panas bumi. Pemerintah setempat memanfaatkan energi panas bumi ini sebagai sumber listrik bertenaga uap. Kini di Kabupaten Karo terdapat pusat tenaga listrik tenaga uap. Lokasi gunung yang memiliki ketiggian 2.094 m di atas permukaan laut ini berada di Desa Sibayak. Gunung berapi ini menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam yang hobi naik gunung. Sudah banyak rombongan pendaki yang ‘mencicipi’ keindahan alam Gunung Sibayak ini.

Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

Dibalik keramaian dan padatnya Kota Medan, ternyata terdapat tempat lokasi wisata yang masih asri dan hijau. Lokasi wisata tersebut adalah Cagar Alam Sibolangit yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Akses untuk menuju lokasi sangat mudah, jarak tempuh dari Kota Medan ke lokasi wisata adalah sekitar 40 Km yang dapat di tempuh oleh kendaraan umum, pribadi atau sewaan dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar

Indonesia banyak memiliki gunung api yang masih aktif sampai sekarang, yaitu sekitar 100 gunung api yang masih aktif, seperti yang baru-baru saja terjadi salah satunya adalah meletusnya Gunung Sinabung pada Februari 2014 lalu yang banyak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi, dibalik meletusnya Gunung Sinabung tersebut terdapat sebuah danau dengan pesonanya yang indah, yaitu Danau Lau Kawar. Danau Lau Kawar itu sendiri terletak di kawasan ekosistem Leuser di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Hillpark Sibolangit


Berlokasi di sebuah kawasan perumahan elit di Green Hill City, sebuah taman bermain yang memiliki sejumlah wahana yang sangat cocok untuk mengisi waktu luang berlibur bersama keluarga akan menjadi sebuah hal yang hanya bisa Anda dapatkan di Hillpark Sibolangit.


Air Terjun Janji - Baktiraja Di Tepi Danau Toba


Danau toba terkenal dengan keindahan alamnya, panorama alam yang dimiliki danau terluas nomor 2 di dunia ini ternyata tidak hanya sekedar panorama alam danau dan perbukitan yang mengelilinginya saja. Namun di beberapa lokasi di tepian danau toba, terdapat spot-spot wisata yang begitu indah dan menarik untuk di kunjungi seperti Air Terjun Janji yang berada di Kecamatan Bakti Raja kabupaten Humbang Hasundutan.

Sipinsur


Sipinsur merupakan salah satu tempat wisata paling populer dari Kabupaten Humbang Hasundutan. Di tempat wisata yang boleh dikatakan masih hanya dikenal oleh masyarakat sekitar ini memberikan pemandangan alam yang sangat indah kepada setiap pengunjungnya. Tempat wisata sipinsur ini memiliki luas sekitar 2 Hektar dan dengan ketinggian sekitar 1213 dpl. Dari Sini pemandangan danau toba jelas terlihat dengan sangat luas dan indah. Di kejauhan terlihat pulau samosir yang memanjang ditengah danau toba, sementara itu tepat di bawah lokasi wisata ini terlihat kota muara dan pulau sibandang.

Menara Pandang Tele Samosir



Menara Pandang, Tele Samosir.

Menikmati pemandangan alam Pulau Samosir lengkap dengan Danau Toba memang bisa kita lakukan dari berbagai sudut pandang yang ada dari sekitar danau toba, ada banyak spot wisata disekitar danau terbesar di asia ini yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan salah satu pemandangan yang sangat indah bisa kita nikmati dari Menara Pandang Tele.
Pulau Samosir
Pulau Samosir

Pulau samosir, siapa yang tidak pernah mendengar nama pulau ini lagi. Pulau yang besar di tengah Danau toba ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia dan Dunia. 

Pulau samosir memang memiliki keindahan alam yang memukau, pulau ini juga memiliki daya tarik yang cukup tinggi, selain karena letaknya di tengah danau toba dan memiliki panorama alam yang sangat indah, pulau ini juga sarat dengan cerita-cerita kuno atau dongeng masyarakat yang terkait dari terjadinya pulau ini, dipadukan lagi dengan ilmu pengetahuan yang menyatakan bahwa pulau samosir terjadi karena letusan super volcano pada beberapa ratusan tahun yang lalu semakin membuat rasa penasaran banyak orang dari berbagai negara di dunia untuk datang dan menginjakkan kakinya di pulau ini.

Di Pantai Pandan Sibolga


Pantai Pandan Sibolga

Boleh dikatakan pantai menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia bahkan Dunia. Di Indonesia sendiri memang sangat banyak wisata pantai yang bisa ditemukan, dan masing-masing pantai tersebut memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Tentu hal ini juga didukung dengan letak Indonesia yang merupakan negara Kepulauan. Sehingga tidak heran pantai yang indah banyak di temukan.

Gundaling
Bukit Gundaling

Bukit Gundaling juga tak kalah indahnya dengan objek wisata Bukit Lawang dan Gunung Sibayak yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata alam yang terletak di pinggir Kota Berastagi. Jarak yang perlu ditempuh untuk bisa sampai di objek wisata ini dari Kota Medan sekitar 60 km. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kota Berastagi. 

Keindahan alamnya mampu menarik hati banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Tak hanya dari kalangan wisatawan domestik saja, banyak juga wisatawan mancanegara yang terlihat sedang menikmati liburan di Bukit Gundaling ini. Salah satu daya tarik para wisatawan berkunjung kesini adalah pemandangan sunset dan sunrise indah di tempat ini. Fenomena alam harian ini mampu menjadikan tempat ini menjadi tempat terfavorit untuk menyaksikan detik-detik matahari tenggelam dan matahari terbit.

Warung Jagung Bakar Penatapan

Dalam Bahasa Karo, Penatapan berarti tempat untuk menatap. Penatapan ini berjarak 8 kilometer dari pusat Kota Berastagi. Deretan warung jagung bakar dan rebus sepanjang 1 kilometer dan buka 24 jam menjadi ciri khas dari tempat ini. Jika beruntung, kita bisa menemukan hewan sejenis kera bernama Gibbon yang berlalu-lalang di Penatapan.

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

Sekitar 3 menit dari Penatapan, terdapat Desa Douluh yang menjadi lokasi pemandian air panas belerang dengan banyak kolam. Tarif masuk yang dikenakan tiap pemandian bervariasi. Selain menyegarkan badan, air belerang juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Air Terjun Sikulikap

Setelah mencapai Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo, terdapat gapura Air Terjun Sikulikap di sisi kira jalan. Dari gapura ini, kita harus menuruni anak tangga dan trekking selama 20 menit menuju hutan, barulah sampai di Air Terjun Sikulikap setinggi 30 meter. Selain air terjun, terdapat tebing-tebing yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan olahraga panjat tebing.

Taman Alam Lumbini

Taman ini memiliki pagoda dan stupa umat Buddha yang tertinggi di Indonesia. Adapun replika pagoda di Taman Alam Lumbini merupakan replika Pagosa Shwedagon yang ada di Myanmar. Dengan ornamen warna emas yang sungguh menawan dan dikelilingi oleh taman yang indah, Taman Alam Lumbini sangat mempesona bagi siapapun yang mengunjunginya.

Desa Lingga

Desa ini berjarak 15 kilometer dari Kota Berastagi, lebih tepatnya berada di Kecamatan Simpang Empat. Desa Lingga ini berisi rumah-rumah bersejarah yang berusia lebih dari 250 tahun dan Museum Lingga yang menyimpan koleksi peninggalan Kerajaan Karo. Desa Lingga inilah yang disebut-sebut sebagai cikal bakal terbentuknya Wilayah Karo.

Kebun Raya Tongkoh

Bagi anda penikmat hortikultura, anda bisa mengunjungi Desa Tongkoh yang merupakan gudangnya hortikultura. Di kanan dan kiri Desa Tongkoh terdapat banyak kebun masyarakat yang buahnya dapat dipetik sendiri, yaitu Kebun Stroberi, Jeruk Berastagi, dan Markisa Berastagi. Pemandangan Berastagi semakin indah dengan latar belakang Gunung Sinabung dan warna-warni tanaman hias yang berderet di Desa Tongkoh.

Danau Linting

Menikmati Keindahan Danau Linting Di Deli Serdang

Berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, pasti akan membuat Anda untuk menempatkan Danau Toba sebagai destinasi wisata Anda yang paling utama. Hal itu tidak bisa dipungkiri, sebab Danau Toba merupakan danau terbesar yang berada di Benua Asia. Kali ini, kami akan menggeser sedikit agenda Anda dengan memberitahu salah satu lokasi wisata yang tidak kalah hebatnya, yaitu Danau Linting. Jika Anda belum pernah mendengar satu hal apapun tentang danau yang satu ini

Muara Tapanuli Utara.

Muara merupakan salah satu kota kecil di tepi danau toba, daerah Muara merupakan sebuah Kecamatan di kabupaten Tapanuli Utara dan dikelilingi oleh barisan bukit. Di kota muara ini kita bisa menikmati keindahan danau toba, baik dengan menatap luasanya danau dari atas perbukitan,dari tepi pantainya maupun dengan menggunakan perahu kecil.

Kota muara memiliki memiliki sisi lain dari keindahan Danau Toba pada umunya, jika anda mengunjungi kota Parapat, maka anda hanya menikmati wisata danau toba hanya dari tepi pantainya saja. Namun, disini naik sedikit menelusuri jalan raya yang mengarah ke atas perbukitan, keindahan Danau Toba jelas terpampang di depan mata.

Pemandian Air Soda Di Desa Parbubu Tarutung

Air Soda Di Desa Parbubu

Wisata Pemandian Air Soda, Desa Parbubu, Tapanuli Utara merupakan sebuah keindahan dan keunikan wisata alam yang dimiliki oleh Indonesia, dan beruntunglah Indonesia memiliki wisata seperti ini, karena hanya terdapat dua di Dunia. Ya.... Pemandian Air Soda ini hanya bisa ditemukan di Desa Parbubu Tarutung Sumatera Utara Indonesia dan satu lagi di daerah Venezuela, Amerika Selatan.

Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso, merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer dari Sumatera Utara selain Danau Toba dan Salib Kasih Tarutung, air terjun ini memiliki keindahan yang bisa memberikan decak kagum kepada setiap pengunjungnya. Uniknya, jika anda selama ini menikmati keindahan air terjun dari bawah, jika dengan air terjun sipiso-piso maka anda akan melihat air yang terjatuh dari atas kebawah atau menikmati keindahannya dari atas bukit. Aliran air yang besar datang dari arah pegunungan dan seperti terjebak di tepian jurang, aliran air itu terjatuh dan menghembas tanah di bawah jurang dengan ketinggian kira-kira 120 meter.



Dari kejauhan air terjun yang tertumpah ini terlihat seperti bilah-bilah pisau yang tajam, dan inilah asal muasal nama air tejrun ini, Sipiso-piso. Sementara di bawah, seperti sedang terjadi kabut padahal itu adalah percikan air yang melayang di udara, tidak jarang, tepat di titik jatuhnya air terlihat seperti ada lingkaran warna pelangi. Hal ini tentunya membuat para pengunjung semakin menikmati pemandangan yang ada di depan mata. Sementara itu, dari kejauhan terdengar suara dari hempasan air yang cukup keras, bergemuruh dan seperti meronta kesakitan karena terjatuh dari ketinggian itu.
Salib Kasih Tarutung
Salib Kasih Tarutung
Berkunjung ke Sumatera utara memang sangat tidak membosankan,keindahan alam disana masih sangat lestari jika dibandingkan dengan provinsi lain di indonesia,dengan suhu yang dingin,tak heran membuat wilayah Sumatera Utara menjadi salah satu tempat destinasi yang banyak dikunjungi wisata mancanegara,banyak orang bule(sebutan wisatawan luar negeri) bahkan sampai tinggal di Sumatera Utara,mereka kebanyakan mengagumi wisata Danau toba dan salib Kasih.

Funland Mickey Holiday

Jika Jakarta memiliki Dunia Fantasi, maka Berastagi memiliki Funland Mickey Holiday yang di dalamnya terdapat 34 wahana permainan, seperti Paint Ball, Rafling, Shoot Game, Outbond Center dan sebagainya. Dengan membeli tiket masuk all in one, kita dapat masuk dan bermain sepuasnya di seluruh wahana.

Bukit Kubu

Setelah melewati Desa Tongkoh, terdapat bukit hijau bernama Bukit Kubu. Bukit ini terhampar indah dengan rumputnya yang begitu hijau. Deretan pinus di Bukit Kubu dapat dijadikan tempat piknik keluarga. Ketika musim kemarau dan angin berhembus kencang, banyak wisatawan yang menikmati Bukit Kubu sambil bermain layangan. Selain itu, wisatawan juga dapat menaiki kuda dan ATV yang disewakan. Di Bukit Kubu ini juga dapar dilihat rumah persinggahan Presiden Soekarno yang dibangun pada zaman Belanda.

Nah itulah tempat tempat-tempat wisata Favorit yang ada di sumatera utara,artikel ini akan diupdate jika ada info mengenai tempat wisata menarik di Medan Sumatera Utara Lainnya

1 Comments:

Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan.sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976, atau KLIK DISINI, insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

Reply