Inilah Penyakit Setelah Lebaran

Beberapa penyakit yang berhubungan setelah hari raya ini atau kambuhnya penyakit lama yang kerap hadir adalah penyakit kronis. Apalagi jika tidak diimbangi dengan konsumsi serat yang baik atau kurangnya minum air putih dan bergerak. Namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam meminimalisir resiko hadirnya penyakit seperti diare, obesitas, kencing manis dan gangguan pencernaan pasca lebaran.

Selain pola makan yang harus diperhatikan, ada berbagai jenis penyakit yang juga perlu kamu ketahui. Pasalnya, saat puasa terjadi perubahan metabolisme dalam tubuh. Nah, saat berlebaran banyak orang yang cenderung tak terkontrol dalam mengonsumsi makanan. Akibatnya terjadi perubahan metabolisme secara tiba-tiba dan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan dan beberapa penyakit.

Lantas penyakit apa sajakah yang bisa timbul? Berikut ini  Dangstars™ sudah menyiapkan daftarnya, seperti dihimpun  Dangstars™ dari berbagai sumber, Sabtu (9/7), supaya kamu bisa lebih berhati-hati dan tetap sehat setelah lebaran.

Diare


1. Diare.

Alat makan tak higienis yang digunakan untuk menyajikan makanan dengan berbagai macam bumbu, lalu dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti diare. Apalagi kalau sampah makanan bertebaran dimana-mana dan tak segera dibersihkan, tentu akan mempengaruhi kesehatan.

Kadar gula darah jadi tak terkontrol
2. Kadar gula darah jadi tak terkontrol.

Umumnya makanan dan minuman yang disediakan saat lebaran tinggi lemak, manis dan asin. Berbagai minuman kaleng yang bersoda juga ada. Jika makanan dan minuman ini dikonsumsi oleh pasien dengan kencing manis akan cenderung gula darahnya jadi tak terkontrol.

Kenaikan kadar kolesterol dan asam urat

3. Kenaikan kadar kolesterol dan asam urat.

Makanan manis, bersantan, lemak juga musuh bagi pasien dengan riwayat hiperkolesterol atau asam urat tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, kadar kolesterol dan asam urat juga jadi bertambah parah.

Radang tenggorokan

4. Radang tenggorokan.

Mudik dan bertemu keluarga biasanya akan membuat orang kurang tidur dan mudah lelah. Bila kondisi ini tak diimbangi dengan pola makan sehat, penyakit ISPA, batuk, pilek dan radang tenggorokan tak dapat dihindarkan.

Penyakit kronis akan kambuh

5. Penyakit kronis akan kambuh.

Beragam makanan dan minuman yang bervariasi dari mulai asin, manis, gurih, bersoda, pedas, asam tentu ingin semuanya dicoba. Selain kolesterol tinggi, asam urat, diabetes, penyakit kronis yang bisa dialami adalah hipertensi (tekanan darah tinggi).


8 Tips Sehat Setelah Lebaran

Tips yang berhasil dilansir dari Dangstars™ dari pakar kesehatan, Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam setidaknya memberikan 8 tips sehat setelah lebaran. 
Tips-tips berikut ini dapat anda terapkan terutama untuk anda yang memang mengidap penyakit kronis.

1.Minum air putih lebih dari 2 liter per hari.
2.Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang disantap, apakah mengandung zat yang tidak baik untuk tubuh.
3.Setelah mengetahui kualitasnya maka perhatikan jumlah kalorinya. Jangan remehkan camilan kecil, apabila rasanya manis pasti mengandung kalori.
4.Jangan banyak mengonsumsi lauk, bila perlu hanya 1 macam lauk saja. Apabila anda terlalu banyak mengonsumsi camilan maka kurangi nasi saat makan besar.
5.Camilan yang mengandung cokelat, lemak dan keju sebaiknya dikurangi karena lemak memiliki kalori lebih besar dari karbohidrat.
6.Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran agar kebutuhan serat dalam tubuh anda tetap terjaga.
7.Jangan malas bergerak! Misalnya ketika hendak bersilaturahmi dengan jarak yang dekat usahakan untuk berjalan.
8.Dan tips yang terakhir usahakan tidur minimal 8 jam per hari.

Kami yakin ketika anda menjalani 8 tips ini, maka penyakit kronis yang anda derita tidak kambuh setelah lebaran.