Daihatsu Xenia 1.3 R M/T Harga Rp 179,3 juta
Nah tinggal memberi pernik di sektor eksterior, maka Xenia Attivo pantas menyandang nama crossover. Desain gril lebih lebar dan cluster ampu menjadi lebih dinamis dan modern dari versi sebelumnya.
Daihatsu Xenia 1.3 R M/T | |
Mesin | 1.298 cc 4 silinder VVT-I, 92 dk |
Torsi maksimum | 122 Nm / 4.400 rpm |
0-100 km/jam | 11,9 detik (klaim) |
Konsumsi bbm | N/A |
Transmisi | Otomatis 4-speed / rwd |
PxLxT | 4.140 x 1.660 x 1.695 mm |
Wheelbase | 2.665 mm |
Harga Rp 179,3 juta |
Memiliki kemampuan jelajah tinggi menjadi ciri khas sebuah kendaran crossover. Kondisi inilah yang dibidik Daihatsu dalam meracik salah satu model di Xenia. Bila sebelumnya Daihatsu hanya menyediakan model Sporty dan Family, kini Crossover turut mewarnai pilihan konsumen Tanah Air.
Sebenarnya pemilihan nama crossover cukup cocok untuk Daihatsu Xenia terbaru ini. Perbaikan di sektor suspensi tanpa mengubah kontruksi kaki-kaki, membuat Xenia terasa nyaman dengan ground clearance cukup tinggi – 180 mm. Alahasil, daya jelajah pun menjadi kian baik, apalagi ia mengadopsi penggerak belakang.
Sebenarnya pemilihan nama crossover cukup cocok untuk Daihatsu Xenia terbaru ini. Perbaikan di sektor suspensi tanpa mengubah kontruksi kaki-kaki, membuat Xenia terasa nyaman dengan ground clearance cukup tinggi – 180 mm. Alahasil, daya jelajah pun menjadi kian baik, apalagi ia mengadopsi penggerak belakang.
Nah tinggal memberi pernik di sektor eksterior, maka Xenia Attivo pantas menyandang nama crossover. Desain gril lebih lebar dan cluster ampu menjadi lebih dinamis dan modern dari versi sebelumnya.
Dilengkapi roof spoiler dengan stoplamp | Anda sudah dapat membuka pintu bagasi dari luar |
Pelek alloy 14 inc menjadi kelengkapan standar attivo | Aksesori untuk mempertegas aura crossover |
Bangku yang terbagi menjadi 50:50 kian membuat praktis untuk membawa barang di generasi kedua ini |
Attivo yang masuk dalam varian R, mendapat 7 aksesoris tambahan pada bagian eksterior. Diantaranya over fender, back door moulding, front bumper guard, side tone guard, rear bumper, rear door moulding dan roof tail. Masih ditambah pelek alloy 6 spoke berukuran 14 inci sebagai peranti standar. Dengan begitu menjadikan Attivo berpenampilan paling gagah dari varian lainnya.
Kami pun mengujinya langsung di Denpasar, Bali. Di rute pertama, sengaja kami memilih untuk menjadi penumpang di baris kedua. Paling kentara adalah kelir dua warna memberikan suasana hangat dan mewah. Kami tak merasa khawatir dengan cuaca panas pulau Bali, berkat AC double blower yang sudah menjadi perangkat standar varian R.
Bagi penumpang yang memiliki postur tubuh di atas rata-rata dimanjakan dengan mekanisme geser sesuai keinginan dan mekanisme lipat mengakomodir akses masuk untuk penumpang baris ke tiga. Penambahan headrest pada baris ketiga dan safety belt untuk semua tempat duduk memberi nilai plus dari unsur kenyamanan dan keselamatan.
Saatnya bagi kami untuk mencoba performa All New Xenia Attivo kali ini. Rute perjalanan dari daerah Kuta menuju Ubud nan eksotis menjadi menu berikutnya. Desain pilar A yang lebih landai dari pendahulunya meminimalkan blind spot dan membuat kami bisa lebih menikmati pemandangan pulau seribu Pura ini.
Kesan pertama saat menduduki All New Xenia adalah penampilannya yang kini lebih berkelas akibat paduan kelir abu-abu gelap dan beige di dasbor. Pencerahan juga merambah ke bagian panel instrumen yang didominasi warna merah, digital trip meter, jam dan indikator bensin membuatnya terlihat semakin segar.
Impresi berkendara dengan All New Xenia Attivo semakin menyenangkan berkat peranti Elektronic Power Steering (EPS). Saat parkir, setir terasa enteng. Tapi saat diajak melaju kencang, setir akan terasa lebih berat sehingga membuatnya terasa lebih mantap saat bermanuver. Keuntungan lainnya adalah peranti ini dapat menekan konsumsi BBM karena bekerja tanpa membebani kinerja mesin.
Kami pun mengujinya langsung di Denpasar, Bali. Di rute pertama, sengaja kami memilih untuk menjadi penumpang di baris kedua. Paling kentara adalah kelir dua warna memberikan suasana hangat dan mewah. Kami tak merasa khawatir dengan cuaca panas pulau Bali, berkat AC double blower yang sudah menjadi perangkat standar varian R.
Bagi penumpang yang memiliki postur tubuh di atas rata-rata dimanjakan dengan mekanisme geser sesuai keinginan dan mekanisme lipat mengakomodir akses masuk untuk penumpang baris ke tiga. Penambahan headrest pada baris ketiga dan safety belt untuk semua tempat duduk memberi nilai plus dari unsur kenyamanan dan keselamatan.
Saatnya bagi kami untuk mencoba performa All New Xenia Attivo kali ini. Rute perjalanan dari daerah Kuta menuju Ubud nan eksotis menjadi menu berikutnya. Desain pilar A yang lebih landai dari pendahulunya meminimalkan blind spot dan membuat kami bisa lebih menikmati pemandangan pulau seribu Pura ini.
Kesan pertama saat menduduki All New Xenia adalah penampilannya yang kini lebih berkelas akibat paduan kelir abu-abu gelap dan beige di dasbor. Pencerahan juga merambah ke bagian panel instrumen yang didominasi warna merah, digital trip meter, jam dan indikator bensin membuatnya terlihat semakin segar.
Impresi berkendara dengan All New Xenia Attivo semakin menyenangkan berkat peranti Elektronic Power Steering (EPS). Saat parkir, setir terasa enteng. Tapi saat diajak melaju kencang, setir akan terasa lebih berat sehingga membuatnya terasa lebih mantap saat bermanuver. Keuntungan lainnya adalah peranti ini dapat menekan konsumsi BBM karena bekerja tanpa membebani kinerja mesin.
Mesin tidak mengalami perubahan spesifikasi dari pendahulunya |
Perjalanan menuju kawasan Ubud yang dipenuhi jalan berlubang terasa cocok untuk merasakan suspensi baru All New Xenia Attivo. Konstruksi baru yang diusung membuat All New Xenia Attivo terasa nyaman saat melibas lubang namun tetap stabil bermanuver.
Memasuki kawasan Ubud yang memiliki kontur tanah perbukitan akan menjadi ajang pembuktian perangkat transmisi otomatis All New Xenia Attivo. Tenyata jalan menanjak yang cukup curam tidak menjadi masalah buat All New Xenia dengan mesin berkapasitas 1.298 cc 92 dk ini
Kenyamanan kabin All New Xenia Attivo masih ditambah dengan head unit 2 DIN dengan layar monitor 7 inci yang mampu mengoperasikan format MP3, CD dan DVD. Dengan head unit ini, siaran televisi pun dapat ditangkapnya. Lebih hebat lagi Attivo dilengkapi kamera parkir yang tersambung dengan head unit. Kian mudah dan mewahnya penampilan Xenia Attivo ini.
Penampilan gagah dan segudang fitur kenyamanan dan keamanan baru yang ditawarkan All new Xenia Attivo menjadikannya bukan lagi pilihan alternatif. Permintaan yang tinggi akan kendaraan transporter akan membuatnya menjelma menjadi kendaraan ideal untuk keluarga baru jatuh cinta padanya.
Memasuki kawasan Ubud yang memiliki kontur tanah perbukitan akan menjadi ajang pembuktian perangkat transmisi otomatis All New Xenia Attivo. Tenyata jalan menanjak yang cukup curam tidak menjadi masalah buat All New Xenia dengan mesin berkapasitas 1.298 cc 92 dk ini
Kenyamanan kabin All New Xenia Attivo masih ditambah dengan head unit 2 DIN dengan layar monitor 7 inci yang mampu mengoperasikan format MP3, CD dan DVD. Dengan head unit ini, siaran televisi pun dapat ditangkapnya. Lebih hebat lagi Attivo dilengkapi kamera parkir yang tersambung dengan head unit. Kian mudah dan mewahnya penampilan Xenia Attivo ini.
Penampilan gagah dan segudang fitur kenyamanan dan keamanan baru yang ditawarkan All new Xenia Attivo menjadikannya bukan lagi pilihan alternatif. Permintaan yang tinggi akan kendaraan transporter akan membuatnya menjelma menjadi kendaraan ideal untuk keluarga baru jatuh cinta padanya.
Car entertaiment menjadi daya tarik untuk menarik konsumen | Panel instrument baru terlihat lebih sporty | |
Bangku baris kedua dapat diatur maju mundur | Tuas transmisi mengadopsi G-type agar lebih aman |
RIVAL | |
All New Avanza 1.3 G AT | |
Mesin | 1.298cc 4 silinder VVT-i, 92 dk |
0-100 km/jam | N/A |
Harga | Rp 168,6 juta (on the road) |
(+) | Image Toyota, harga lebih murah |
(-) | Tanpa car entertainment, penampilan standar |
FIRST OPINION Merapatkan barisan. Itulah yang coba dilakukan Daihatsu dengan menghadirkan model Attivo ini. Dengan harga Rp 179,3 juta, konsumen akan memiliki banyak pilihan. Toyota Avanza Veloz dan Nissan Grand Livina SV bertransmisi matik menjadi lawan kuatnya. Apalagi kedua model tersebut telah mengsusung mesin 1.500 cc. Apakah ini menjadi strategi yang tepat untuk Daihatsu Xenia? SEKILAS PANDANG
|
E225/Dangstarsl34-36(7-29Des2011)
Penulis : Andhika Praditiyo autobildindonesia.com
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak