Vulkanisir Dingin yang biasa juga disebut Masak dingin atau Masak Cold merupakan suatu proses vulkanisir yang daya kekuatannya sangat diunggulkan.Kenapa demikian ? Banyak tentunya alasan yang membuat proses Vulkanisir dingin ini diunggulkan selain menggunakan Chamber saat Curing/Masak juga dengan diterapkannya suhu temperatur yang rendah antara 110-114 derajat celsius Dengan demikian akan menjaga keutuhan casing ban tersebut.
Sistem inipun yang benar dan sesuai standard tentunya menggunakan Chamber saat proses Curing.
Sistem inipun yang benar dan sesuai standard tentunya menggunakan Chamber saat proses Curing.
Bila kita melihat dari sisi Sistem Vulkanisir dingin tentunya casing yang dapat diolahnya sangat ketat dalam proses penyortiran atau pemeriksaan sebelum dimasak.Tidak semua casing tentunya dapat diproses dingin hanya ban terntu dan masih utuh casingnya yang dapat diproses vulkanisir dingin.Pada intinya Ban second nomor satu yang layak diproses vulkanisir dingin.
Untuk system dingin dan panas sama sama melewati tahap demi tahap dari proses tersebut, seperti:
Proses masak dingin: menggunakan semacam lapisan karet yang disebut envelopes yang digunakan untuk menutupi casing/ badan ban yang akan dicetak sistem dingin, dan tentunya setelah melewati proses bulding, kemudian setelah itu ban yang telah di lapisi envelopes tersebut dimasukan kedalam ruangan mesin/ chamber yang berbentuk seperti kapsul besar, dan di press dengan tekanan dan suhu yang telah di sesuaikan dan dalam waktu yang telah di program, sehingga menghasilkan produk yang bermutu.
Proses masak panas ban tidak di lapisi oleh envelopes, tetapi setelah ban melewati proses building dengan baik, maka ban tersebut dimasukkan ke dalam chamber / mesin yang berberntuk seperti kerang yang terbuka, dan kemudian ban tersebut akan di press dan di cetak melalui mesin tersebut pada waktu dan suhu yang telah ditentukan pula, sehigga mendapatkan hasil akhir yang baik.
Proses Vulkanisir Ban Dingin
Cerita Tentang Vulkanisir tentunya blog ini mengupas habis rahasia tentang vulkanisir Ban.Menurut yang saya ketahui Bahwa Vulkanisir dibagi menjadi dua yaitu :
Cerita Tentang Vulkanisir tentunya blog ini mengupas habis rahasia tentang vulkanisir Ban.Menurut yang saya ketahui Bahwa Vulkanisir dibagi menjadi dua yaitu :
Vulkanisir System Dingin (precure) dan System Panas (mouldcure) termasuk OTR
Untuk kita ketahui bahwa kedua system ini pada dasarnya, sama sama
memproses ban yang telah habis bunganya alias gundul melalui beberapa
prosedure sehingga menjadi kembali seperti baru. tentunya hanya proses
pengerjaan nya saja yang berbeda.
Untuk system dingin dan panas sama sama melewati tahap demi tahap dari proses tersebut, seperti:
1. Inspeksi awal (pemeriksaan awal ban sebelum masuk ruang produksi), kemudian
2. Proses Buffing (yaitu proses pemarutan/ pembuangan sisa telapak lama),
3. Proses repairing (proses penambalan pada ban yang terdapat lubang/ kerusakan kecil yang masih layak untuk di perbaiki),
4. Proses building (yaitu proses pemasangan tapak karet baru pada ban yang telah di parut)
dan langkah terakhir adalah proses pemasakan / proses inti, disini lah beda nya antara proses panas dan dingin.
Proses masak dingin: menggunakan semacam lapisan karet yang disebut envelopes yang digunakan untuk menutupi casing/ badan ban yang akan dicetak sistem dingin, dan tentunya setelah melewati proses bulding, kemudian setelah itu ban yang telah di lapisi envelopes tersebut dimasukan kedalam ruangan mesin/ chamber yang berbentuk seperti kapsul besar, dan di press dengan tekanan dan suhu yang telah di sesuaikan dan dalam waktu yang telah di program, sehingga menghasilkan produk yang bermutu.
Proses masak panas ban tidak di lapisi oleh envelopes, tetapi setelah ban melewati proses building dengan baik, maka ban tersebut dimasukkan ke dalam chamber / mesin yang berberntuk seperti kerang yang terbuka, dan kemudian ban tersebut akan di press dan di cetak melalui mesin tersebut pada waktu dan suhu yang telah ditentukan pula, sehigga mendapatkan hasil akhir yang baik.
(untuk vulkanisir dingin tapak vulkanisir
tidak dicetak di dalam mesin seperti proses panas, karena tapak
vulkanisir itu telah tercetak pada awalnya/ karet jadi, karena itu di
dalam chamber dingin, ban hanya di press dan disatukan dengan badan ban
dengan cara peningkatan suhu uap dalam mesin, sedangkan proses panas
tapak dicetak di dalam mesin, karena karet tapak nya masih merupakan
karet mentah, sehingga ketika proses pemasakan system panas, karet akan
memuai dan mengikuti alur dari cetakan tersebut)
Divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection)
Sebelum dilakukan Vulkanisir Ban tentunya langkah awal dari semua proses Vulkanisir tentunya adalah divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection).Disini saya tekankan bahwa divisi ini sangat fatal dan harus benar-benar teliti dalam pemeriksaan ban sebelum di Vulkanisir.
Selengkapnya
Divisi Buffing Vulkanisir
Selengkapnya Divisi Buffing Vulkanisir
Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)
Selengkapnya Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)
Divisi Repair Vulkanisir Ban
Langkah Proses Divisi Repair Vulkanisir Ban adalah merupakan Langkah selanjutnya setelah proses Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)
Selengkapnya Divisi Repair Vulkanisir Ban
DIVISI LEM BAN VULKANISIR ( Cementing )
Selengkapnya DIVISI LEM BAN VULKANISIR ( Cementing )
DIVISI Extruder Vulkanisir (FILLING)
Selengkapnya DIVISI Extruder Vulkanisir (FILLING)
Divisi PEMASANGAN CUSHION GUM
Divisi Pemasangan Cushion Gum Vulkanisir adalah tahapan proses vulkanisir ban selanjutnya setelah DIVISI Extruder Vulkanisir tahapan ini adalah...
Selengkapnya Divisi Pemasangan Cushion Gum
DIVISI Pemasangan Karet Vulkanisir (Building)
Selengkapnya DIVISI Pemasangan Karet Vulkanisir (Building)
Divisi Pemasangan Plastik Kaca dan FLAPS Vulkanisir
Maksud pemasangan plastic kaca adalah agar envelope tidak lengket terhadap ban.Sedangkan pemasangan kain (Flaps) tentunya untuk pembuiangan angina tau sirkulasi udara antara karet dan envelope
Selengkapnya Divisi Pemasangan Plastik Kaca dan FLAPS Vulkanisir
Divisi Pemasangan Envelope Vulkanisir
Pemasangan Envelope harus dibarengi dengan penggunaan Outers Envelope agar pemasangan envelope dengan Mudah
Selengkapnya Divisi Pemasangan Envelope Vulkanisir
Klik Selengkapnya Divisi Pemasangan Velg Dan Ban Dalam Vulkanisir (CURING TUBES)
Divisi QC Final Inspection Vulkanisir
divisi ini sangan dominan terhadap ban apa boleh diloloskan atau tidaknya kepada konsumen
Selengkapnya Tentang QC Final Inspection Vulkanisir
Divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection)
Sebelum dilakukan Vulkanisir Ban tentunya langkah awal dari semua proses Vulkanisir tentunya adalah divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection).Disini saya tekankan bahwa divisi ini sangat fatal dan harus benar-benar teliti dalam pemeriksaan ban sebelum di Vulkanisir.
Selengkapnya
Divisi Buffing Vulkanisir
Setelah melewati Divisi Pemeriksaan Ban ( Inspection) Tahapan Proses Vulkanisir Selanjutnya Adalah Divisi Buffing Vulkanisir
Selengkapnya Divisi Buffing Vulkanisir
Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)
Pada Divisi ini adalah membersihkan luka-luka pada ban baik akibat luka
benda tajam,bebatuan atau benda lainnya yang mengakibatkan luka pada
permykaan ban
Selengkapnya Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)
Divisi Repair Vulkanisir Ban
Langkah Proses Divisi Repair Vulkanisir Ban adalah merupakan Langkah selanjutnya setelah proses Divisi Gerinda Tangan Vulkanisir (Skiving)
Selengkapnya Divisi Repair Vulkanisir Ban
DIVISI LEM BAN VULKANISIR ( Cementing )
Setelah selesai dari tiap divisi sebelumnya tentunya saatnya ban
tersebut di lem agar cushion gum pada divisi Filling Dan Cushion gum
dapat lengket
Selengkapnya DIVISI LEM BAN VULKANISIR ( Cementing )
DIVISI Extruder Vulkanisir (FILLING)
Divisi ini berhubungan erat dengan divisi skiving,karena luka bekas
gerenda tangan tersebut,pada divisi ini akan diberikan atau disumbat
dengan karet gum kemb ali hingga rata dengan permukaan ban
Selengkapnya DIVISI Extruder Vulkanisir (FILLING)
Divisi PEMASANGAN CUSHION GUM
Divisi Pemasangan Cushion Gum Vulkanisir adalah tahapan proses vulkanisir ban selanjutnya setelah DIVISI Extruder Vulkanisir tahapan ini adalah...
Selengkapnya Divisi Pemasangan Cushion Gum
DIVISI Pemasangan Karet Vulkanisir (Building)
Pada Divisi ini hal yang perlu diperhatikan adalah perataan terhadap
sisi kiri dan kanan juga pada sambungan agar jumpa dengan alurnya
Selengkapnya DIVISI Pemasangan Karet Vulkanisir (Building)
Divisi Pemasangan Plastik Kaca dan FLAPS Vulkanisir
Maksud pemasangan plastic kaca adalah agar envelope tidak lengket terhadap ban.Sedangkan pemasangan kain (Flaps) tentunya untuk pembuiangan angina tau sirkulasi udara antara karet dan envelope
Selengkapnya Divisi Pemasangan Plastik Kaca dan FLAPS Vulkanisir
Divisi Pemasangan Envelope Vulkanisir
Pemasangan Envelope harus dibarengi dengan penggunaan Outers Envelope agar pemasangan envelope dengan Mudah
Selengkapnya Divisi Pemasangan Envelope Vulkanisir
Klik Selengkapnya Divisi Pemasangan Velg Dan Ban Dalam Vulkanisir (CURING TUBES)
divisi ini sangan dominan terhadap ban apa boleh diloloskan atau tidaknya kepada konsumen
Selengkapnya Tentang QC Final Inspection Vulkanisir
Dan inilah hasil dari Proses Vulkanisir
Demikian Sedikit Tentang Rahasia Kerja Vulkanisir Ban Dingin.
Semoga Bermanfaat
Salam Vulkanisir
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak