Google Panda Update,Merubah Cara Kerja SEO

Google Panda Update,Merubah Cara Kerja SEO. Topik mengenai SEO sedang menjadi isu hangat yang ramai dibicarakan orang saat ini. Jika Anda mencari topik tentang SEO di Google, Anda akan menemukan setidaknya 576 juta hasil pencarian dan 16 juta hasil pencarian untuk topik “pemasaran SEO”. 

SEO adalah sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Bisnis yang berbasis pada optimalisasi sebuah web pada Search Engine ini menawarkan keuntungan yang besar dan menguntungkan bagi para pelakunya. Namun apa jadinya bila search engine tersebut merubah setidaknya matrik atau algoritma mereka untuk hasil pencarian yang akan mereka tampilkan? 

Baru-baru ini Google melakukannya dengan mengeluarkan “Panda Update”. Hal ini dapat menyaring blog, traffic generation, online marketing blog yang memiliki content farm yang sering mengganggu para pencari di dunia maya. Content farm ini juga sering dianggap sebagai konten tak berujung, oleh karena itu Google memblock beberapa situs yang berisi konten AGC dan UGC tersebut.

Perubahan ini akan meningkatkan kualitas pencarian yang dihasilkan oleh Google, terutama terhindar dari konten spam dan konten tak berujung tadi. Namun hal tersebut pastinya menjadi sebuah kendala besar bagi SEO, mengingat basis perusahaan ini adalah pada search engine. Lalu apa yang harus dilakukan oleh para pebisnis SEO ini? Berikut wawancara dengan Ramon Ray, Smallbiztechnology.com.

Apa yang Anda lakukan saat adanya perubahan tersebut?

Saat itu saya langsung menelpon dan meminta Andreas Cross dan Daniel Laloggia, Search Marketing Mgr. dari Walker Sands Communication, sebuah firma hubungan masyarakat, pemasaran dan agen desain web asal Chicago mengenai masalah ini.

Apakah perubahan yang dilakukan Google ini berimbas pada industri lainnya selain SEO?

Sepertinya tidak ada perusahaan lain yang terkena dampak dari perubahan ini. Sebenarnya ini hanya bagaimana Google melakukan perubahan atas sistem pencarian yang selama ini mereka lakukan.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para pebisnis SEO? Apakah menghubungi Google dan mengajukan protes atau merubah sistem SEO mereka? Atau keduanya?

Mengajukan protes kepada Google bukan sebuah ide yang solutif, mungkin saat ini lebih baik  melakukan perubahan SEO dan menyesuaikan dengan sistem yang ada di Google sehingga usaha mereka tetap berjalan.

Bisakah kita memprediksi, apakah perubahan seperti ini akan terjadi lagi selanjutnya?
Google memang selalu melakukan beberapa kali perubahan dalam setahun. Perubahan sistem ini bisa sangat mendasar dan sedikit dengan dampak yang berbeda.

Memang benar, Google seringkali melakukan perubahan seperti update Panda saat ini. John Mc Phee dari Formic Media Inc, sebuah perusahaan pemasaran sosial media mengatakan bahwa yang terpenting bagi perusahaan SEO adalah backlink. Backlink ini adalah sebuah “mosi percaya” online bagi sebuah situs di dunia maya. Dengan adanya mosi percaya tadi, search engine tidak akan memblok situs tersebut.
Menurutnya, ada dua jenis situs yakni off-site dan on-linking. On Linking inilah yang menghubungkan antara situs dengan weblink Anda. Situs semacam ini yang akan terhapus atau terblok dengan update Panda ini. Oleh karena itu agar situs terhindar dari blok Panda, John menyarankan agar melakukan hal berikut :
Listing situs anda, dan listing beberapa situs low-quality dan pastikan tidak ada link situs Anda disitus low quality tersebut.

Buatlah backlink untuk situs Anda, sangat membantu untuk tidak di blok oleh Google Panda
Lanjutkan dengan membuat kontent yang atraktif di situs Anda.
Sosial media. Optimalisasikan sosial media seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Karena saat ini orang lebih suka untuk berhubungan melalui media sosial semacam itu. Dan Anda bisa memanfaatkannya dengan mencantumkan link di sosial media tersebut.

Untuk mendapatkan beberapa panduan lainnya mengenai Google Panda ini,bagaimana cara memperbaiki SEO, bagaimana menjadi SEO-Friendly dan bagaimana Google Panda menyukai situs anda? Silakan berkunjung ke Wordtracker.com.
Sumber : http://seokita.com/google-panda-update-merubah-cara-kerja-seo.html

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak