Arti Penting Dari Manajemen Bisnis | Manajemen bisnis merupakan upaya pengaturan secara menyeluruh untuk
menjalankan sebuah usaha bisnis yang profesional dan menghasilkan tujuan
bisnis yang dituju dan diinginkan. Manajemen bisnis dibutuhkan dalam
rangka tercapainya tujuan sebuah usaha bisnis baik dari aspek profit
maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh pihak dari pengelola
bisnis.
Sebuah proses pengaturan diperlukan agar sebuah usaha
tidak sembarangan, mampu melakukan perencanaan, target-target yang
diinginkan serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan sebuah resiko
usaha bisnis.
Sebuah langkah profesional yang dilakukan sebelum merancang sebuah manajemen bisnis biasanya dilakukan dengan membuat sebuah rancangan global sebuah bisnis atau yang dikenal dengan business plan.
Business plan menyangkut bagaimana manajemen bisnis serta
perencanaannya dari berbagai aspek, diantaranya adalah manajemen
pemasaran, manajemen produksi, manajemen finansial dan sebagainya.
Melalui sebuah business yang mantap, biasanya sebuah usaha akan
meyakinkan untuk dikelola secara maksimal.
Untuk bentuk usaha
bisnis dengan skala kecil pun diperlukan sebuah upaya manajemen bisnis
yang baik, hanya berbeda pada ukuran skala saja serta pengerjaannya yang
lebih sederhana dan bisa dikerjakan rangkap oleh satu atau dua orang
dari pengelola bisnis tersebut. Beberapa hal yang menjadi patokan utama
manajemen bisnis diantaranya adalah beberapa hal berikut ini:
1. Manajemen produksi
Manajemen
produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan
bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan
bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses
produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan
produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
2. Manajemen pemasaran
Manajemen
bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan,
bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau
pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan
produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen
pemasaran.
Tanpa adanya sebuah manajemen pemasaran yang baik,
maka sebuah perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan
atau income yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap
eksistensi sebuah perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun
akan bisa terjual laris apabila perusahaan Anda memiliki seorang manajer
pemasaran yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam
merancang sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.
3. Manajemen distribusi
Manajemen
bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen
pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila
manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan
terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada
konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi
tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
4. Manajemen finansial
Manajemen
finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan
pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan
menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan
anggaran yang dimiliki.
Tanpa adanya sebuah manajemen bisnis yang
baik di bidang keuangan, maka biasanya perusahaan tidak mendapatkan
data keuangan yang jelas. Hal ini biasa dialami oleh para pengelola
bisnis kecil yang masih amatiran, dimana manajemen keuangan jarang
diperhatikan sehingga untung atau ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit
ditentukan.
Beberapa bentuk manajemen bisnis di atas sangat
penting diperhatikan oleh para pengelola usaha bisnis yang ingin sukses
dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa adanya sebuah manajemen
yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan
baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya.
sumber: rajapresentasi.com
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak