Inilah Mobil Buatan Indonesia. | 8 Jenis Mobil Buatan Anak Bangsa
Nah kalo sebelumnya saya ulas Proses Perakitan Mobil Kiat Esemka buatan anak-anak siswa SMK, kali ini saya hadirkan beberapa gambar dan sedikit ulasan macam dan atau jenis-jenis mobil produck Indonesia asli. Dan berikut beberapa Mobil buatan anak SMK dan tangan anak Indonesia yang layak untuk di banggakan dan ditampilkan di muka publik:
1. Mobil Kancil
Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan
merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda
empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL
(singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah
diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya
tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah
Jakarta
2. MOBIL ESEMKA
Mobil yang satu ini hebatnya justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil
Esemka memiliki 5 jenis varian yakni SUV, pick up double cabin, sedan,
pick up single cabin, dan van. Pada gambar di bawah ini merupakan Mobil
Esemka SUV buatan siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan
tidak kurang dari 50 siswa SMK Singosari Malang dan menghabiskan biaya
sebesar Rp. 175 Juta dalam pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka
yang lainnya dikerjakan oleh SMK-SMK lainnya. Untuk harganya anda cukup
mengeluarkan uang 80 Juta saja untuk mendapatkan mobil Esemka ini
3. MOBIL KOMODO
Nama Komodo disematkan bukan karena bentuk mobilnya yang seperti Komodo,
namun lebih pada fungsinya yang seperti Komodo, yakni selain kuat,
Komodo bisa hidup di dua alam sekaligus. Seperti namanya, jangankan di
lumpur, di air sekalipun Komodo sudah teruji kehandalannya. Mobil Komodo
adalah garapan PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat. Komodo
hanya mampu membawa 2 orang penumpang
4. MOBIL TAWON
Mobil imut ini buatan PT Super Gasindo Jaya. Mobil Tawon ini sudah mampu
membawa 4 orang dan dibanderol dengan harga 48 Juta. Dengan kapasitas
mesin 650 cc dan mampu mencapai kecepatan hingga 85 km/jam! Diperkirakan
mobil ini akan menggantikan bajaj2 di Jakarta dan jg akan diproduksi
secara massa
5. MOBIL ARINA
Mobil Arina ini kapasitas mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu
dipacu sampai dengan 70 km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat yaitu
mencapai 40 km untuk 1 liter bensin.Mobil Arina, yang merupakan
singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang
(Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi 100
persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal
berada di bawah Rp 30 juta
6. MOBIL GEA
GEA merupakan singkatan dari(Gulirkan Energi Alternatif). Nama GEA
diberikan karena mobil yang bentuk dan spesifikasi mesinnya sangat mirip
Nano tersebut memakai bahan bakar gas yang dijamin bisa ramah
lingkungan. Jika diberi izin pemerintah, PT Inka memprediksi bisa
memberi harga GEA pada banderol Rp 45 juta – Rp 50 juta per unit. Mesin
GEA ini berkapasitas 650 cc dan telah diuji telah menempuh 10 ribu km
dengan kecepatan 85 km per jam
7. MOBIL WAKABA
Pengembangan mobil WAKABA singkatan dari Wahana Karya Bangsa ini
dilakukan di Universitas Pasundan dengan melibatkan tiga orang peneliti
dan 12 mahasiswa universitas Pasundan. Dana pengembangannya selain dari
Pemda Jawa Barat, juga dari kementrian ristek serta Unpas dan Working
Group yang menghabiskan dana lebih dari Rp 200 juta. Mobil kecil itu
bermesin bensin 500 cc. Mesin yang dipakai mesin buatan BPPT Kemetrian
Riset dan Teknologi, dengan tingkat kecepatan yang low speed.
8. MOBIL MARLIP
Selain mobil-mobil berbahan bakar konvensional di atas, ternyata
jauh-jauh hari anak-anak Indonesia sudah merancang mobil listrik. Adalah
Mobil bertenaga listrik produksi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
(LIPI) —disebut MARLIP (marmut listrik LIPI)—merupakan salah satu wujud
solusi ilmu pengetahuan dan teknologi atas krisis energi di negeri ini.
Marlip di antaranya telah digunakan di rumah sakit, lokasi wisata,
markas kepolisian, dan lapangan golf. Marlip juga digunakan saat
peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung. Namun,
pemanfaatannya tetap belum signifikan.
Spesifikasi teknis Marlip adalah berkecepatan 40 km/jam untuk jalan
datar dan 20 km/jam untuk tanjakan, jarak tempuh 300 km, masa aktif
delapan jam, waktu pengisian baterai tercepat 2,5 jam (rata-rata 4-5
jam), dan berat kosong 300 kilogram untuk jenis city car dan smart.
Harga pesanan Rp 40 juta per unit
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak