Maksimalkan XL BlackBerry Kamu .Kemampuan
BlackBerry memang udah nggak perlu kita ragukan lagi. Dengan BlackBerry
kebutuhan komunikasi yang cepat dan efisien terpenuhi dengan sangat
baik. Apalagi kalau kamu pake XL BlackBerry, dengan segala fitur-fitur
pendukung yang khusus untuk BlackBerry kamu akan semakin membuat
komunikasi lebih cepat dan efisien lagi. Salah satu fitur yang bisa
diterapkan pada BlackBerry kamu adalah Service Books BlackBerry.
Fitur ini adalah list konfigurasi yang ada di BlackBerry kamu untuk memastikan seluruh aktivitas email, browser dan sebagainya berjalan dengan sempurna. Untuk memaksimalkan fitur ini, kamu hanya perlu mengikuti cara di bawah ini:
Fitur ini adalah list konfigurasi yang ada di BlackBerry kamu untuk memastikan seluruh aktivitas email, browser dan sebagainya berjalan dengan sempurna. Untuk memaksimalkan fitur ini, kamu hanya perlu mengikuti cara di bawah ini:
+Mengatasi BB Lambat (Jam Pasir)
Bagi kamu yang memiliki Blackberry dan merasa BB kamu sering lambat, satu hal yang pasti : Jaga kapasitas Memory dengan menjaga jumlah aplikasi ataupun data yang digunakan dan jumlah file yang disimpan. Indikasi dari BB lambat lebih kepada seringnya muncul jam pasir atau blackberry tiba – tiba menjadi tidak responsive, hal ini bisa disebabkan dengan semakin kecilnya kapasitas memory internal. Untuk bisa melihat total memory yang digunakan dari sisi device bisa dengan cara menekan tombol alt + aA + H secara bersamaan (untuk beberapa device seperti 95xx bisa dengan menekan tombol back + sentuh layar kanan atas dan kiri atas bergantian, untuk blackberry dengan tipe 91xx dengan menekan tombol volume atas bawa sampai muncul tombol alt di kiri atas, kemudian ketik huruf “ESCR”) dan akan muncul menu HELP ME, scroll kebawah sampai terlihat tulisan Free Mem dan Mem UsageAda 2 kategori tips perawatan blackberry yaitu wajib rutin dan sekali-kali saja yaitu sbb :
- Wajib Rutin1. Cek file free memory handset Blackberry.
Dengan cara tekan alt + aA + H bersamaan. Dibagian bawah akan terlihat file free dalam ukuran Bytes. Selalu dijaga jangan sampai dibawah 15 MB agar tidak terasa lambat ketika membuka menu ataupun pindah2 aplikasi >
2. Hapus email yang sudah dibaca, prioritas untuk penghapusan bisa dilakukan berdasarkan kebutuhan, contoh menghapus email dari 3 hari yang lalu.
Untuk menghapus seluruh email caranya :
3. Untuk BBM bisa :
- arahkan kursor pada tanggal atau tekan tombol “P” atau “N”
- tekan tombol menu (tombol yang ada logo BlackBerry)
- Pilih Delete Prior
Leave atau keluar dari group yang sudah jarang / dirasa tidak diperlukan
Hapus chat sebelum – sebelumnya (end chat) caranya :
- Masuk ke BBM
- klik salah satu chat kita dengan rekan
- klik menu – end chat
Untuk BBG (BBM Group) terutama di bagian gambar (picture) pastikan kalau sudah di set automatic save ke Media card (atau mungkin untuk menjaga kapastias memory SDCard pilih Never, atau tidak pernah disimpan) Caranya :
- Masuk ke BBM Group
- klik picture
- klik menu – option
- di bagian save picture silahkan pilih sesuai dengan keinginan.
- Pilih Options
- Security Options
- Advanced Security Options, kemudian pilih fitur Memory Cleaning dan pilih modus Enable untuk mengaktifkannya
5. Lakukan Cache Cleaning di menu browser dengan caranya :
- Buka Browser
- Tekan menu BlackBerry
- Pilih Options
- Pilih Cache Operations
- Tekan semua 4 macam Clean Memory lalu Close
Langkah terakhir adalah menghapus semua log event yang ada di blackberry. Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol Alt (jangan dilepas) diikuti dengan menekan tombol LGLG. Disini akan muncul tampilan event log, kemudian tekan menu dan pilih clear log lalu pilih delete.
7. Biasakan melakukan Softreset untuk me-refresh sisa memory aplikasi dengan cara menekan tombol alt (jangan dilepas) kemudian diikuti dengan menekan tombol aA + del secara bersamaan hingga lampu mati dan reboot sendiri).
Setelah log tersebut terdelete, ada satu option lagi untuk bisa memaksimalkan memory internal yaitu dengan tidak menyimpan log ini. Caranya
- Di menu event log tekan menu kembali
- Pilih option (Layar berganti ke layar EvenLogger Options)
- Tekan menu
- Pilih hide all types dan save.
Atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi 3’rd party seperti QuickPull untuk soft reset.
8. Cabut/lepas baterai BlackBerry minimal 1 minggu sekali, dan diamkan selama 1-2 menit, hal ini berfungsi untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat pemakaian aplikasi (chatting, browsing, dll).
Atau cara cepat untuk mendelete aplikasi di OS 5 dan 6, cukup di pilih icon aplikasinya kemudian klik menu dan pilih delete, lalu restart.Untuk OS 4 :
Untuk OS 5 :
- Masuk ke menu options
- Pilih advance option
- Pilih application
- pilih aplikasi yang akan di delete
- tekan menu
- pilih delete
Untuk OS 6 :
- Masuk ke menu options
- Pilih application – pastikan sudah di Third Party
- Pilih aplikasi yang akan di delete
- Tekan menu
- Pilih delete
- Masuk ke menu options
- Masuk ke menu device
- Masuk ke menu Application Management
- Pilih aplikasi yang akan didelete
- Tekan Menu
- Pilih delete
2. Lakukan wipe jika dirasa blackberry sudah dirasakan lemot dan banyak aplikasi yang sering di install maupun un-install, Caranya :
Untuk OS 4 :3. Pastikan File-file multimedia kamu berada di dalam Media Card/Storage Card
Untuk OS 5 dan OS 6
- Masuk ke menu option
- Klik security option
- Masuk ke General Setting
- Klik menu – pilih Wipe
Kemudian ikuti langkah selanjutnya.
- Masuk ke menu options
- Klik security option
- Security Wipe
Notes : untuk proses ini sangat disarankan untuk melakukan proses Backup terlebih dahulu, karena proses wipe sifatnya menghapus semua data yang ada di blackberry.
4. Lakukan Host Routing Table
Pilih Options, Advanced Options, pilih Host Routing Table, tekan tombol logo BlackBerry Kamu dan pilih Register Now.
+Cabut Baterai , solusi awal dan pertama untuk semua problem
Untuk semua problem,
jangan panik dulu, troubleshoot yang diberikan oleh RIM baik untuk
problem hardware dan software sebagai solusi awal adalah dengan cara melepas baterai, dan cukup terbukti.
+Jaga kapasitas Memory dengan menjaga jumlah aplikasi yang digunakan dan jumlah file yang disimpan
Blackberry mempunyai
keterbatasan memori internal, dengan kapasitas minimal 62 MB (tipe BB
8707) sampai dengan 512 MB (Onyx2), jadi lebih untuk menjaga kemampuan
device lebih bagus, disarankan untuk menghapus beberapa email dan atau
aplikasi yang sudah tidak digunakan.
Untuk melihat total memory yang digunakan
dari sisi device bisa dengan cara menekan tombol alt + aA + H (untuk
beberapa device seperti 95xx bisa dengan menekan tombol back + sentuh
layar kanan atas dan kiri atas bergantian, untuk blackberry dengan tipe
91xx dengan menekan tombol volume atas bawa sampai muncul tombol alt di
kiri atas, kemudian ketik "ACER") dan akan muncul menu HELP ME, scroll
kebawah sampai terlihat tulisan Free Mem dan Mem Usage.
Clear Log
Alt + LGLG tekan menu kemudian pilih clear log, lalu muncul pop up yang
menginformasikan apakah kita ingin men-clearkan log tersebut, lalu kita
pilih delete. Setelah log tersebut terdelete, langkah selanjutnya adalah
tekan menu kembali lalu pilih option. Layar berganti ke layar
EvenLogger Options, pilih salah satu pilihan list dibawah, tekan menu
kembali, lalu pilih hide all types dan save. Aktifitas ini akan membuat
BlackBerry kita tidak merekam semua aktifitas log sehingga akan menambah
memory internal blackberry tersebut.
Memory Cleaner.
Aplikasi ini bisa didapat di Option – Security – Advanced Security
Settings – Memory Cleaning. Untuk memunculkan aplikasi ini di home
screen, maka pada menu tersebut pilihlah enable dan place Memory Cleaner
Shortcut on Home Screen dan Save jangan lupa untuk di lock dan kemudian
di unlock. Setelah muncul di home screen, tekan gambar Memory Cleaner,
aktifitas ini akan men clean up registry yang ada pada blackberry
tersbut.
+Permasalahan Browsing dan cara mengatasinya
- Memastikan kalau browsing sudah berlaku untuk apn blackberry yaitu
di menu option – advanced option internet browsing, pastikan kalau
semuanya sudah ada di internet browsing.
- Kemudian klik icon browsing di hompage – klik menu – option – dan di
general setting pastikan internet browser sudah di internet browser.
Dua langkah diatas ini lebih ditunjukan untuk blackberry dengan OS
sebelum OS 6. Sementara untuk OS 6 sendiri tidak ada menu untuk internet
browsing, tipe browsing OS 6 ini lebih ke smart brwosing, yang artinya
device sudah bisa tahu tipe – tipe web yang bisa jalan di WAP (GPRS)
atau web proxy lain (internet)
- Memastikan kalau browsing sudah berlaku untuk apn blackberry yaitu di menu option – advanced option internet browsing, pastikan kalau semuanya sudah ada di internet browsing.
- Kemudian klik icon browsing di hompage – klik menu – option – dan di general setting pastikan internet browser sudah di internet browser. Dua langkah diatas ini lebih ditunjukan untuk blackberry dengan OS sebelum OS 6. Sementara untuk OS 6 sendiri tidak ada menu untuk internet browsing, tipe browsing OS 6 ini lebih ke smart brwosing, yang artinya device sudah bisa tahu tipe – tipe web yang bisa jalan di WAP (GPRS) atau web proxy lain (internet)
+Seputar BBM
Untuk BBM versi awal di-bundling oleh RIM, tapi untuk sekarang BBM lebih
pada aplikasi. Yang membedakan antara media chat lain dengan BBM adalah
kita bisa tahu apakah chat kita sudah terkirim atau belum, sudah dibaca
atau belum dengan melihat notifikasi di samping chat kita.
Kodenya :
-> sedang mencoba untuk melakukan koneksi ke network. D ->
maksudnya untuk pengiriman chat sudah terkirim R -> maksudnya untuk
pengiriman chat sudah terbaca oleh si penerima Jika BBM sudah dirasakan agak lemot yaitu lakukan host routing table, dengan cara :
- untuk blackberry dengan device OS versi dibawah OS 5 : masuk ke menu option – advanced option – Host Ruoting Table:
- untuk blackberry dengan device OS versi 6 :
- dari halaman depan ketik : host routing table, lalu klik icon
- atau bisa dengan cara masuk ke icon option – device – advanced system setting – host routing table
disini highlight yang di bold – klik menu – pilih register now, lakukan
max 5 kali dengan sela 10 detik dari host routing yang pertama dan
apabila tidak cukup membantu ada kemungkinan problem dari sisi aplikasi.
Untuk tahu apakah aplikasi BBM lemot atau fungsi pengiriman pesan via PIN yang lemot :
- lakukan pengirman chat dengan hanya menulis huruf LT (kodenya %T)
diikuti dengan spasi, dari kode ini memunculkan detail waktu (hh:mm:ss),
dari sini kita bisa melihat latency (kecepatan) waktu pengiriman, dan
kapan BBM sudah terbaca.
- Saya sarankan untuk melakukan chat ini ke diri sendiri, kasihan teman kita yang kita lakukan test seperti ini
- Setelah itu coba lakukan pengiriman email via PIN, caranya masuk ke
message – klik menu – cari Compose PIN. Di kolom TO: masukan PIN kita.
Kemudian klik sent.
-
check apakah email via PIN tadi sudah masuk atau belum dan kita bisa
lihat juga lamanya pengiriman sampai masuk ke blackberry, proses ini
dinamakan Peer To Peer beberapa orang menyebutnya dengan PIN To PIN.
Kedua langkah ini bisa kita bawa pada saat komplain ke Customer Service,
sebagai perbandingan apakah BBM yang problem atau sisi internet yang
bermasalah
Menjaga data contact BBM agar selalu tersimpan
BM yang versi terbaru (BBM versi 5) sudah bisa kita lakukan backup agar
memudahkan user pada saat melakukan penggatian device atau installasi OS
baru tidak perlu untuk melakukan invite satu – per satu, caranya :
masuk ke BBM klik menu – option – pilih backup and restore, pilih backup
:
- Pilih backup via remote dan daftarkan di email yang sudah di push ke device
- Pilih backup locally – pastikan backup di SDCard. Untuk restore juga
masuk ke BBM klik menu – option – pilih backup and restore, pilih
restore: Pilih restore via remote – pilih salah satu email tempat kita
melakukan backup lalu tunggu
Untuk BBM versi awal di-bundling oleh RIM, tapi untuk sekarang BBM lebih
pada aplikasi. Yang membedakan antara media chat lain dengan BBM adalah
kita bisa tahu apakah chat kita sudah terkirim atau belum, sudah dibaca
atau belum dengan melihat notifikasi di samping chat kita.
Kodenya : -> sedang mencoba untuk melakukan koneksi ke network. D -> maksudnya untuk pengiriman chat sudah terkirim R -> maksudnya untuk pengiriman chat sudah terbaca oleh si penerima Jika BBM sudah dirasakan agak lemot yaitu lakukan host routing table, dengan cara :
Kodenya : -> sedang mencoba untuk melakukan koneksi ke network. D -> maksudnya untuk pengiriman chat sudah terkirim R -> maksudnya untuk pengiriman chat sudah terbaca oleh si penerima Jika BBM sudah dirasakan agak lemot yaitu lakukan host routing table, dengan cara :
- untuk blackberry dengan device OS versi dibawah OS 5 : masuk ke menu option – advanced option – Host Ruoting Table:
- untuk blackberry dengan device OS versi 6 :
- dari halaman depan ketik : host routing table, lalu klik icon
- atau bisa dengan cara masuk ke icon option – device – advanced system setting – host routing table
- lakukan pengirman chat dengan hanya menulis huruf LT (kodenya %T) diikuti dengan spasi, dari kode ini memunculkan detail waktu (hh:mm:ss), dari sini kita bisa melihat latency (kecepatan) waktu pengiriman, dan kapan BBM sudah terbaca.
- Saya sarankan untuk melakukan chat ini ke diri sendiri, kasihan teman kita yang kita lakukan test seperti ini
- Setelah itu coba lakukan pengiriman email via PIN, caranya masuk ke message – klik menu – cari Compose PIN. Di kolom TO: masukan PIN kita. Kemudian klik sent.
- check apakah email via PIN tadi sudah masuk atau belum dan kita bisa lihat juga lamanya pengiriman sampai masuk ke blackberry, proses ini dinamakan Peer To Peer beberapa orang menyebutnya dengan PIN To PIN. Kedua langkah ini bisa kita bawa pada saat komplain ke Customer Service, sebagai perbandingan apakah BBM yang problem atau sisi internet yang bermasalah
Menjaga data contact BBM agar selalu tersimpan
BM yang versi terbaru (BBM versi 5) sudah bisa kita lakukan backup agar memudahkan user pada saat melakukan penggatian device atau installasi OS baru tidak perlu untuk melakukan invite satu – per satu, caranya : masuk ke BBM klik menu – option – pilih backup and restore, pilih backup :
- Pilih backup via remote dan daftarkan di email yang sudah di push ke device
- Pilih backup locally – pastikan backup di SDCard. Untuk restore juga masuk ke BBM klik menu – option – pilih backup and restore, pilih restore: Pilih restore via remote – pilih salah satu email tempat kita melakukan backup lalu tunggu
+Seputar Network
Kalau diperhatikan tampilan network di blackberry itu ada beberapa : gsm, GSM, gprs, edge, 3g, GPRS, EDGE, (3G dengan logo BB).
Untuk network Gsm, GSM, gprs, edge, 3g, blackberry tidak bisa digunakan sama sekali, sedangkan untuk GPRS, EDGE, (3G dengan logo BB) artinya blackberry sudah bisa digunakan.
Jika tiba – tiba blackberrynya tidak bsia digunakan untuk browsing, BBM,
atau email dan tampilan networknya GSM, atau gprs atau 3g. Solusi
paling mudah coba :
- Cabut batre
- Kalau dirasa bosan dengan cabut batre, masuk klik icon manage
conection – uncheck Mobile Network tunggu sampai OFF kemudian Check
kembali di mobile network
- Atau bisa dengan memindahkan sinyal ke operator lain – tunggu SOS
kemudian di pindah ke operator asal. Untuk prosedur ini, di operator
lebih dikenal dengan Location Update (locup). Jadi locup itu bisa cabut
batre atau bisa membuat SOS.
+Bluetooth dan media card
Kita bahas mengenai bagaimana cara transfer media. Pastikan antar device
sudah terpairing dengan baik, dengan cara untuk blackberry klik icon
manage connection – klik bluetooth connecttion – add new device – pilih
yang search new device. Pastikan device lain sudah muncul.
Untuk transfer media : masuk ke icon media, pilih apa yang mau dikirim –
klik menu – send – bluetooth – pilih device yang akan mau menerima.
Untuk menerima data : masuk ke icon media, klik menu – received via
bluetooth – dan pilih di mana data tersebut akan di simpan. Notes :
pengiriman data hanya untuk gambar, video, musik, ringtones, dokument
(pds, doc, xls, dsb) dan bukan untuk transfer contact.
+Sinkronisasi data untuk pengguna Blackberry internet service
Untuk user Blackberry Internet Services, kita bisa melakukan
sinkronisasi semua data seperti contact, calender, notes, dan task ke
outlook. Caranya dengan menggunakan Desktop Manager (aplikasi ini bisa
di download via www.blackberry.com/download) atau bisa langsung di
install via CD yang dibundling dari device. Setelah terinstal, klik
syncornise dan tentukan apa saja yang akan kita sinkronisasi dan dimana
kita akan sinkronisasi semua data itu.
+Menggunakan BlackBerry APP World
Ini mirip dengan ITunes di Apple, dimana user (bisa) melakukan pembelian kontent yang dijual via APP world dengan menggunakan paypall ataupun credit card. Jadi pada saat melakukan registrasi pertama kali jangan sampai lupa untuk user name dan password, karena ini sifatnya hanya one time.
+Seputar Push Email
Untuk menambahkan
layanan email silahkan masuk ke icon email setting, untuk new user ,
sarankan untuk membuat user name ini agar memudahkan kita pada saat
melakukan proses pergantian device baru agar tidak melakukan penambahan
email kembali satu – persatu. Caranya : Melalui Blackberry
- Klik icon email setting.
- Masukan alamat email dan password (di beberapa kondisi akan
dimintakan mail server, mailbox name, dsb silahkan ditanyakan ke IT
provider Email)
- Kemudian klik create user name isi semua data. Untuk yahoo mail,
pastikan untuk SPAM email tidak aktif. Ini bisa dicheck dengan cara
login ke yahoo mail – klik option – pilih spam.
Melalui Personal Computer
- Buka internet browser – klik www.operator.blackberry .com operator ini : XL, telkomsel, indosat dsb
- Pilih create new account
- Bikin user name dan password
- Masukan alamat email
+Proses Registrasi BlackBerry Bagi pengguna Baru
Registrasi Layanan Blackberry
Bagi para pelanggan yang ingin menikmati paket layanan BlackBerry, proses registrasi terdiri dari dua tahap berikut:
- Registrasi di OPERATOR (XL)
- Registrasi dan Setting koneksi ke RIM*
*RIM (Research in Motion) merupakan produsen dan pemegang tunggal merk BlackBerry
Cara Registrasi di OPERATOR (XL)
Registrasi bisa dilakukan melalui UMB, SMS dan CS 817.
- UMB
- Tekan *123#
- Pilih nomor 4 untuk “Internet & blackberry”
- Pilih nomor 2 untuk “BlackBerry”
- Kemudian pilih paket Layanan Blackberry sesuai dengan kebutuhan pelanggan..
Pelanggan dihimbau untuk melakukan proses pemilihan tidak lebih dari 20 detik per halaman agar tidak mendapatkan respontimed - out.
Contoh:
Setelah menghubungi *123#, pelanggan akan mendapatkan berbagai menu
pilihan yang tertera pada layar ponsel. Pelanggan harus memilih nomor 4
dengan waktu kurang dari 20 detik. Berlaku juga untuk halaman
berikutnya.
- Melalui SMS
Pelanggan dapat mengaktifkan layanan BlackBerry dengan mengirim SMS ke568. Keyword untuk masing-masing layanan dapat dilihat di sini.
- Melalui CS 817
Tim Customer Services XL siap membantu apabila pelanggan mengalami
kendala dalam melakukan registrasi. Pelanggan dapat menghubungi 817 dari
ponsel dan pilih untuk berbicara dengan operator XL. Sebutkan dengan
rinci pesan yang diterima dan paket layanan BlackBerry apa yang
didaftar.
Catatan:
- Registrasi layanan XL melalui UMB dan SMS dapat dilakukan melalui:BlackBerry Paket Layanan
- Pelanggan dapat menghubungi tim Customer Service XL apabila menemui kegagalan dalam proses registrasi.
- Melakukan panggilan ke 817 akan dikenakan tariff normal.
Cara Registrasi dan setting koneksi ke RIM
Setelah
proses registrasi di XL berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan
registrasi ke RIM, pastikan sinyal sudah menunjukkan GPRS, EDGE atau 3G
dengan logo BlackBerry (tampilan yang tertera pada layar ponsel: ).
Apabila masih ada masalah dengan sinyal, silahkan lihat Blackberry Tips pada bagian “Seputar Network”.
Setelah memastikan sinyal BlackBerry sudah OK, Pelanggan dapat melakukan langkah berikut:
- Host Routing Table (HRT).
HRT adalah proses untuk melakukan koneksi dari ponsel BlackBerry pelanggan ke pihak RIM.
- Untuk BlackBerry denganOS 4 dan OS 5
- Pilih“Setting” (icon yang tertera pada layar ponsel adalah: )
- Pilih “Advanced Option”
- Pilih “Host Routing Table”
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
- Untuk Blackberry denganOS 6
- Dari halaman awal ponsel ketik : Host Routing Table
- Klik icon yang tertera pada layar ponsel :
Cara lainnya:
- Pilih “Option”
- Pilih “Device”
- Pilih “Advanced System Setting”
- Pilih “Host Routing Table”
- Highlight angka 51001130 (atauangka yang tampaklebihhitam)
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
- CREATE ACCOUNT
Pelanggan dapat membuat dan atau menambah akun email kedalam
BlackBerry baik melalui desktop yang terhubung ke internet maupun ponsel
BlackBerry.
Cara Membuat Akun Email dari Desktop (PC atau Laptop).
- Pastikan komputer sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
- Buka aplikasi Internet Explorer dan ketik alamat situs:www.xl.blackberry.com
- Pilih “Create New Account”
- Muncul notifikasi mengenai Term & Condition
- Centang bagian “I have read and understand the Legal Terms and Conditions.” Lalu klik “I Agree”. Setelah itu akan muncul layar baru :
Pada layar ini, pelanggan harus memasukkan nomor PIN dan IMEI BlackBerry.
Laluklik “continue”
- Selanjutnya akan muncul “Account Setup”, pelanggan hendaknya membuat User Name dan Password.
Catatan : Password harus terdiri dari minimal 8 karakter, maksimal 16
karakter, dengan minimal 1 huruf uppercase, 1 angka, dan 1 karakter.
Setelah selesai klik Next.
- Akan muncul halaman untuk mengaktifkan email kita (push mail), seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll.
Catatan : Email yang dipush adalah email yang layanan POP atau SMTP atau IMAP-nya sudah diallow, contoh adalah free mail seperti yahoo ataupun Gmail ataupun Hotmail yang sudah di set allow oleh provider email.
Sampai disini proses untuk aktifasis udah berhasil, dan dalam 20
menit email akan mulai masuk ke BlackBerry. Karena BlackBerry itu
bersifat push email, maka email yang masuk hanya email yang datang 20
menit setelah disinkronisasikan ke BlackBerry. (Email yang terdahulu
tidak akan masuk ke BlackBerry)
Cara MembuatAkun Email Dari BlackBerry.
Para pelanggan harus memiliki akunBlackberry IDyang sudah
terintegrasi ke aplikasi APP World untuk membuat akun email dari ponsel
BlackBerry. Ketentuan ini dikeluarkan setelah RIM melakukan upgrade
system dan software mereka.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun email dariBlackBerry:
- Pilih icon “Setup”
- Masuk ke menu “Email Setting”
- Masukan ID BlackBerry yang sudah dibuat sebelumnya.
- Masukan alamat email seperti : Yahoo, Gmail, Hotmail, dll.
Catatan: Email yang dipush adalah email yang layanan POP/ SMTP/ IMAP-nya sudah diallow, untuk alamat email gratis sepertiYahoo, Gmail, Hotmail, dsb sudah di set allowoleh provider email yang bersangkutan.
PROSES REGISTRASI BLACKBERRY Bagi Pengguna Lama Blackberry
Bagi pelanggan yang sudah memiliki BlackBerry sebelumnya, proses registrasinya lebih mudah.
Untuk
melakukan registrasi melalui RIM, pelanggan harus memastikan sinyal
ponsel menunjukan GPRS, EDGE atau 3G dengan logo BlackBerry (tampilan
yang tertera pada layar ponsel: ).
XL
menyediakan Blackberry Tips “Seputar Network” untuk memberikan
kemudahan bagi pelanggan yang menghadapi kendala dengan sinyal ponsel
BlackBerry.
Setelah memastikan sinyal BlackBerry sudah OK,
Pelanggan dapat menghubungi RIM untuk melakukan registrasi dengan
melakukan langkah berikut:
- Host Routing Table (HRT).
HRT adalah proses untuk melakukan koneksi dari ponsel BlackBerry pelanggan ke pihak RIM.
- Untuk BlackBerry denganOS 4 dan OS 5
- Pilih “Setting” (icon yang tertera pada layar ponsel adalah: )
- Pilih “Advanced Option”
- Pilih “Host Routing Table”
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
- Untuk Blackberry denganOS 6
- Dari halaman awal ponsel ketik : Host Routing Table
- Klik icon yang tertera pada layar ponsel :
Cara lainnya:
- Pilih “Option”
- Pilih “Device”
- Pilih “Advanced System Setting”
- Pilih “Host Routing Table”
- Highlight angka 51001130 (atauangka yang tampaklebihhitam)
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
Pelanggan dapat membuat dan atau menambah akun email kedalam BlackBerry baik melalui desktop maupun ponsel BlackBerry.
Cara Membuat Akun Email dari Desktop (PC atau Laptop).
- Pastikan komputer sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
- Buka aplikasi Internet Explorer dan ketik alamat situs:www.xl.blackberry.com
- Di kolom existing user, masukan user name dan password lalu klik log In
CATATAN :
- Apabila pelanggan melakukan kesalahan dalam memasukan user name atau
password lebih dari 3(tiga) kali, gunakan fitur “Forgot Password”dan
ikuti lanjutan yang tertera pada layar. Pelanggan akan dihadapkan pada
pertanyaan rahasia yang akan memberi petunjuk selanjutnya.
- Customer Service XL akan siap membantu pelanggan, apabila masih
menghadapi kendala dalam memasukan user name dan password. Pelanggan
akan diminta untuk memberikan data seperti yang pernah dimasukan ketika
membuat alamat email.
- Pelanggan harus melakukan validasi password.
- Pilihicon “Help “
- Klik “Send Service Book”
Apabila notifikasi yang tertera pada layar sudah diterima,
maka proses aktifasiakun email sudah berhasil. dan dalam 20 menit email
akan mulai masuk ke BlackBerry. Dan karena BlackBerry itu bersifat push
email, maka email yang masuk adalah email yang 20 menit setelah di
sinkronisasikan ke BlackBerry. (Email yang terdahulu tidak akan masuk ke
BlackBerry)
Cara Membuat Akun Email Dari BlackBerry.
Para pelanggan harus memiliki akunBlackberry IDyang sudah
terintegrasi ke aplikasi APP World untuk membuat akun email dari ponsel
BlackBerry. Ketentuan ini dikeluarkan setelah RIM melakukan upgrade
system dan software mereka.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun email dari BlackBerry:
- Pilih icon “Setup”
- Masuk ke menu “Email Setting”
- Masukan ID BlackBerry yang sudah dimiliki.
- Klik Next
- Klik Menu
- Pilih “Send Service Book”
Catatan: Email yang dipush adalah email yang layanan POP/ SMTP/ IMAP-nya sudah diallow, untuk alamat email gratis seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dsb sudah di set allow oleh provider email yang bersangkutan.
Registrasi bisa dilakukan melalui UMB, SMS dan CS 817.
- Tekan *123#
- Pilih nomor 4 untuk “Internet & blackberry”
- Pilih nomor 2 untuk “BlackBerry”
- Kemudian pilih paket Layanan Blackberry sesuai dengan kebutuhan pelanggan..
Contoh:
Setelah menghubungi *123#, pelanggan akan mendapatkan berbagai menu pilihan yang tertera pada layar ponsel. Pelanggan harus memilih nomor 4 dengan waktu kurang dari 20 detik. Berlaku juga untuk halaman berikutnya.
- Untuk BlackBerry denganOS 4 dan OS 5
- Pilih“Setting” (icon yang tertera pada layar ponsel adalah: )
- Pilih “Advanced Option”
- Pilih “Host Routing Table”
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
- Dari halaman awal ponsel ketik : Host Routing Table
- Klik icon yang tertera pada layar ponsel :
- Pilih “Option”
- Pilih “Device”
- Pilih “Advanced System Setting”
- Pilih “Host Routing Table”
- Highlight angka 51001130 (atauangka yang tampaklebihhitam)
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
Pelanggan dapat membuat dan atau menambah akun email kedalam
BlackBerry baik melalui desktop yang terhubung ke internet maupun ponsel
BlackBerry.
Cara Membuat Akun Email dari Desktop (PC atau Laptop).
- Pastikan komputer sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
- Buka aplikasi Internet Explorer dan ketik alamat situs:www.xl.blackberry.com
- Pilih “Create New Account”
- Muncul notifikasi mengenai Term & Condition
- Centang bagian “I have read and understand the Legal Terms and Conditions.” Lalu klik “I Agree”. Setelah itu akan muncul layar baru :
Pada layar ini, pelanggan harus memasukkan nomor PIN dan IMEI BlackBerry.
Laluklik “continue”
- Selanjutnya akan muncul “Account Setup”, pelanggan hendaknya membuat User Name dan Password.
Catatan : Password harus terdiri dari minimal 8 karakter, maksimal 16 karakter, dengan minimal 1 huruf uppercase, 1 angka, dan 1 karakter. Setelah selesai klik Next. - Akan muncul halaman untuk mengaktifkan email kita (push mail), seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll.
Catatan : Email yang dipush adalah email yang layanan POP atau SMTP atau IMAP-nya sudah diallow, contoh adalah free mail seperti yahoo ataupun Gmail ataupun Hotmail yang sudah di set allow oleh provider email.
Sampai disini proses untuk aktifasis udah berhasil, dan dalam 20
menit email akan mulai masuk ke BlackBerry. Karena BlackBerry itu
bersifat push email, maka email yang masuk hanya email yang datang 20
menit setelah disinkronisasikan ke BlackBerry. (Email yang terdahulu
tidak akan masuk ke BlackBerry)
Cara MembuatAkun Email Dari BlackBerry.
Para pelanggan harus memiliki akunBlackberry IDyang sudah terintegrasi ke aplikasi APP World untuk membuat akun email dari ponsel BlackBerry. Ketentuan ini dikeluarkan setelah RIM melakukan upgrade system dan software mereka.
Para pelanggan harus memiliki akunBlackberry IDyang sudah terintegrasi ke aplikasi APP World untuk membuat akun email dari ponsel BlackBerry. Ketentuan ini dikeluarkan setelah RIM melakukan upgrade system dan software mereka.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun email dariBlackBerry:
- Pilih icon “Setup”
- Masuk ke menu “Email Setting”
- Masukan ID BlackBerry yang sudah dibuat sebelumnya.
- Masukan alamat email seperti : Yahoo, Gmail, Hotmail, dll.
Catatan: Email yang dipush adalah email yang layanan POP/ SMTP/ IMAP-nya sudah diallow, untuk alamat email gratis sepertiYahoo, Gmail, Hotmail, dsb sudah di set allowoleh provider email yang bersangkutan.
Bagi pelanggan yang sudah memiliki BlackBerry sebelumnya, proses registrasinya lebih mudah.
HRT adalah proses untuk melakukan koneksi dari ponsel BlackBerry pelanggan ke pihak RIM.
- Untuk BlackBerry denganOS 4 dan OS 5
- Pilih “Setting” (icon yang tertera pada layar ponsel adalah: )
- Pilih “Advanced Option”
- Pilih “Host Routing Table”
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
- Untuk Blackberry denganOS 6
- Dari halaman awal ponsel ketik : Host Routing Table
- Klik icon yang tertera pada layar ponsel :
Cara lainnya:
- Pilih “Option”
- Pilih “Device”
- Pilih “Advanced System Setting”
- Pilih “Host Routing Table”
- Highlight angka 51001130 (atauangka yang tampaklebihhitam)
- Klik menu
- Pilih “Register Now”
Pelanggan dapat membuat dan atau menambah akun email kedalam BlackBerry baik melalui desktop maupun ponsel BlackBerry.Cara Membuat Akun Email dari Desktop (PC atau Laptop).- Pastikan komputer sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
- Buka aplikasi Internet Explorer dan ketik alamat situs:www.xl.blackberry.com
- Di kolom existing user, masukan user name dan password lalu klik log In
- Pelanggan harus melakukan validasi password.
- Pilihicon “Help “
- Klik “Send Service Book”
Para pelanggan harus memiliki akunBlackberry IDyang sudah terintegrasi ke aplikasi APP World untuk membuat akun email dari ponsel BlackBerry. Ketentuan ini dikeluarkan setelah RIM melakukan upgrade system dan software mereka.
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak