Tempatkan Diri Anda dalam Posisi Pelanggan.  Jika perusahaan Anda tengah mencari celah untuk berinovasi, jangan buang
 waktu untuk menganalisis laporan penelitian pasar dan tenggelam dalam 
lautan data pelanggan. Apa yang pelanggan katakan akan mereka lakukan 
bukan hanya apa yang mereka akhirnya akan lakukan.
Namun lebih dari itu, Anda coba letakkan diri pada posisi sang pelanggan. Amatilah para pelanggan yang menggunakan produk dan ketahuilah kejengkelan yang bahkan mereka tak sadari.
Jangan mendelegasikan tugas seperti itu pada konsultan penelitian pasar yang tidak memahami betul karakteristik produk dan konsumen Anda. Lakukanlah sendiri.
Pastikanlah orang-orang senior yang berpengalaman yang memiliki pemahaman strategis untuk mengenali adanya peluang dan wewenang untuk bertindak menanggapinya. Keluarlah dan amatilah pelanggan Anda juga.
*) Diadaptasi dari “How to Get Past Your Customers” oleh Alessandro Di Fiore
Namun lebih dari itu, Anda coba letakkan diri pada posisi sang pelanggan. Amatilah para pelanggan yang menggunakan produk dan ketahuilah kejengkelan yang bahkan mereka tak sadari.
Jangan mendelegasikan tugas seperti itu pada konsultan penelitian pasar yang tidak memahami betul karakteristik produk dan konsumen Anda. Lakukanlah sendiri.
Pastikanlah orang-orang senior yang berpengalaman yang memiliki pemahaman strategis untuk mengenali adanya peluang dan wewenang untuk bertindak menanggapinya. Keluarlah dan amatilah pelanggan Anda juga.
*) Diadaptasi dari “How to Get Past Your Customers” oleh Alessandro Di Fiore







Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak