Mobil diesel dikenal irit konsumsi BBM. Namun kendalanya adalah performa yang jauh dari harapan. Oleh karena itu, produsen menciptakan unit diesel yang sanggup memenuhi ekspektasi pecintanya.
Salah satu inovasi yang dikembangkan ada pada sistem induksi udara atau turbo. Idenya adalah memanipulasi putaran turbin dengan mengatur kecepatan agar kebutuhan udara selalu terpenuhi di setiap rentang putaran mesin. Sistem ini mengurangi jeda di putaran rendah dan membuat mesin tidak kehabisan napas di putaran tinggi.
Toyota melakukannya dengan mengembangkan teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT). Dengan mengandalkan nozzle yang diarahkan ke turbin, kecepatan aliran udara diatur dengan mengatur sudut nozzle. Alhasil, putaran turbin bisa lebih cepat di putaran rendah dan tidak kehilangan daya saat putaran tinggi.
Terdapat perbedaan signifikan pada unit 2KD-FTV yang tidak dan yang menggunakan VNT. Jika unit lama 2.494 cc 4-silinder common-rail tersebut hanya menghasilkan tenaga 102 dk dan torsi 265 Nm, dengan tambahan VNT plus intercooler, tenaga yang dihasilkan mencapai 144 dk dan torsi 350 Nm.
Dasbor tidak berubah
Menariknya, jika sebelumnya torsi 265 Nm didapat di kisaran 1.600-2.400 rpm, saat ini torsi 350 Nm diperoleh di kisaran 1.600-2.800 rpm. Terbukti, selain torsi meningkat tajam, napas mesin ikut naik lebih panjang. Sayang, distribusi tenaga ke roda masih belum berubah. Fortuner masih mempercayakan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed yang serupa pendahulunya.
Fortuner yang kami coba mengandalkan transmisi manual. Berbekal perbandingan gigi satu 4,313 dan final gear 4,555, lonjakan tenaga sangat terasa ketika akselerasi. Tidak mudah untuk menghela tubuhnya yang besar. Sensasi yang sama terjadi setiap perpindahan gigi berikutnya. Tak sabar rasanya untuk mencoba lebih jauh.
Dilengkapi head unit dengan GPS dan AC climate | Motif two-tone pada bangku |
Hukum fisika tidak dapat ditolak oleh Fortuner. Dengan postur tubuh tinggi besar, bukan perkara mudah mengendalikannya saat manuver cepat. Potensi limbung mudah terdeteksi.
Meski begitu, cobalah rasakan pergerakannya saat menikung. Apalagi model ini sudah menggunakan sokbreker TRD Sportivo yang cenderung keras. Begitu Anda bisa mengantisipasi gerakan tubuh dan kecenderungan oversteer-nya, bermain dengan Fortuner akan terasa menyenangkan.
Front fender mirror sebagai aksesori resmi TRD Sportivo | Pelek 18 inci adalah aksesori TRD yang tidak masuk dalam paket penjualan |
Imbas pemakaian sokbreker lebih keras terasa pada gerakan suspensi saat berada di jalan berlubang atau kerikil. Tapi ayunannya di jalan rata dan bergelombang masih dalam taraf wajar.
Tampilan fisiknya tidak banyak berbeda dari model sebelumnya. Paling hanya air scoope di atas kap mesin sebagai media pendingin intercooler yang membedakannya.
Unit ini adalah tipe termewah TRD Sportivo. Makanya, di sekujur tubuhnya berhiaskan pernak-pernik aksesoris gagah tersebut. Sebut saja front bumper spoiler, front fender mirror, rear bumper spoiler, roof spoiler, muffler cutter, dan sokbreker TRD Sportivo.
Di dalam, tidak ada perubahan dari model diesel sebelumnya. Bangku two-tone tampak mewah dan memberi kesan fresh. Dasbor serupa Kijang Innova sudah mulai terasa usang bagi sebagian orang. Sementara posturnya yang tinggi besar menjamin akomodasi yang sangat memadai.
Selain mesin, tampaknya Toyota belum mau berbuat banyak pada sisi lain Fortuner. Mungkin itu akan dilakukannya saat nanti Fortuner berganti generasi.
Emblem VNT sebagai pembeda | Air scoope sebagai pembeda sekaligus mengalirkan udara ke intercooler | Begitu juga dengan spoiler atap TRD Sportivo ini |
RIVAL |
Chevrolet Captiva 2.0 VCDI A/T Prime |
0-100 km/jam: 10,5 detik
Harga: Rp 350 juta
+ Performa, harga, transmisi matik tiptronic
- Desain kurang gagah, akomodasi kabin, tidak ada manual
Inilah mesin diesel Fortuner dengan teknologi VNT yang berlimpah torsi
FIRST OPINION Toyota hanya menyentuh mesin diesel Fortuner kali ini. sebuah terobosan sebenarnya lantaran bisa meningkatkan tenaga dan torsi secara signifikan. Meski begitu, rival-rivalnya sesama pengguna unit diesel telah lebih dulu melakukannya. Pun tanpa penyegaran di sektor lain. Cukupkah hal itu bagi Anda? SEKILAS PANDANG - Fortuner diesel terdiri dari 4 model, yakni G M/T, G A/T, G M/T TRD Sportivo, dan G A/T TRD Sportivo - Fortuner bermesin bensin 2.700 cc masih dijual |
Performa dahsyat sangat terasa ketika akselerasi. Aplikasi suspensi TRD Sprotivo membuatnya terasa lebih keras namun belum mengganggu.
Info Dan Pemesanan :
FERDINAND OTTO
marketing consultant Auto 2000
021 98912704
085811622383
081908699033
PIN BB : 28171BFD
http://www.autobildindonesia.com
marketing consultant Auto 2000
021 98912704
085811622383
081908699033
PIN BB : 28171BFD
http://www.autobildindonesia.com
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak