Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Setelah Artikel  mengenai lapangan sepak bola , sekarang saya akan menulis artikel mengenai ukuran lapangan bola voli beserta gambarnya. Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga favorit yang banyak dimainkan di Indonesia, Oleh sebab itu banyak sekali kejuaraan yang diselenggarakan berhubungan dengan permainan bola voli ini.



Permainan bola voli adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh 2 grup yang saling berlawanan dimana masing masing grup tersebut memiliki 6 orang pemain dalam melakukan permainan bola voli. Olahraga bola voli sendiri dinaungi oleh Federation Internationale De Volleyball atau disingkat dengan FIVB yang merupakan induk organisasi internasional dari olahraga bola voli sedangkan di indonesia olahraga bola voli dinaungi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. (PBVSI)


Lapangan bola voli pada umumnya berbentuk persegi panjang dimana memiliki
panjang 18 meter
Lebar 9 meter


Ukuran Garis Batas Lapangan Bola Voli

Untuk semua garis batas lapangan garis tengah serta garis daerah serang adalah 3 meter.

Garis batas sendiri memberikan tanda batas menggunakan tali kayu cat atau kapur dan kertas yang mana lebarnya tidak lebih dari 5 cm.

Ukuran Lapangan Bola Voli MAsing-Masing Tim

Lapangan permainan voli tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang mana luasnya adalah 9 x 9 meter.
Ukuran Daerah Service Bola VOli
Ukuran daerah service permainan bola voli
Ukuran Daerah Service Bola VOli

Daerah servis merupakan sebuah area seluas 9 meter di belakang setiap garis akhir dimana garis tersebut dibatasi oleh dua buah garis pendek ke panjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir sebagai kepanjangan dari garis samping.

Ukuran Net Dalam Permainan Bola Voli
Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli Internasional
Untuk jaringan atau net dalam permainan bola voli ukurannya tidak boleh lebih dari sembilan koma lima puluh meter dengan lebar 1 meter dimana mata jaring atau petak petak berukuran 10 x 10 cm.

Untuk tinggi net putra setinggi 20 43 meter sedangkan untuk putri setinggi 24 meter pada tepian atas jaring atau net terdapat sebuah pita putih selebar 5 centimeter

Ukuran Rod Dalam Permainan Olahraga VOli

Dalam setiap pertandingan olahraga bola voli baik skala nasional maupun internasional pada tas samping jaring atau net dipasang sebuah tongkat atau rod yang menonjol ke atas setinggi 80 cm dari bibir net atau tepi jaring. Tongkat tersebut dibuat dari bahan fiberglass yang memiliki ukuran 180 cm dan memiliki warna yang kontras.

Ukuran Bola Voli

Bola dalam permainan bola voli diharuskan berbentuk bulat yang dibuat dari kulit yang lentur atau kulit sintetis bagian dalamnya dari karet ataupun bahan bahan yang sejenis. Warna bola voli haruslah satu warna atau kombinasi dari beberapa warna seperti yang sering kalian lihat di toko-toko.
.
Berat bola voli adalah 260 – 280 grm
Keliling bola voli adalah 64 – 67 cm
tekanan didalam bola voli haruslah 0, 39 – 0, 325 kg/cm2 (4,26 – 4,61 Psi) (294,3 – 318,82 mbar/hpa).

Pemain Dari Permainan VOli

Jumlah pemain dalam olahraga bola voli yang terdapat dalam lapangan adalah 6 orang dari masing-masing tim, 5 orang pemain lainnya sebagai pemain cadangan dari satu orang pemain libero. Dalam satu tim permainan bola voli maksimal terdiri dari 12 pemain, 1 orang sistem coach, 1 orang coach, 1 orang dokter medis, 1 orang trainer kecuali libero. Satu dari para pemain yang ada di masing-masing tim adalah kapten tim, dan kapten tim tersebut harus diberi tanda dalam score sheet.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak