Destinasi wisata paling populer di kota Banda Aceh

Sebagai ibukota Provinsi Aceh, kota Banda Aceh pun menjadi tempat yang banyak disinggahi oleh para traveler. Kota yang memperoleh julukan sebagai kota Serambi Mekah ini pun menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Dan di antara sekian banyak lokasi, berikut ini adalah sepuluh tempat wisata di Banda Aceh yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.
Kumpulan tempat wisata di Aceh yang paling indah yang wajib dikunjungi. Aceh adalah salah provinsi yamg berada di Ujung Sumatera yang masuk kedalam wilayah Indonesia, Aceh memiliki nama lain Daerah Istimewa Aceh yang digunakan antara tahun 1959-2001 dan Nanggroe Aceh Darussalam yang digunakan antara tahun 2001-2009.

Aceh adalah salah provinsi yang berada diujung barat dari wilayah Indonesia. Aceh memiliki kewenangan otonomi sendiri yang sangat berbeda dengan provinsi lain yang ada di Indonesia. Salah satu alasan kuat tersebut adalah karena dari segi sejarah. Wilayah Aceh berbatasan langsung dengan dengan Teluk Benggala di sebelah utara. Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan sebelah selatan sekaligus .
Inilah  Tempat wisata di Banda Aceh terpopuler :

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
sumber gambar: indotravelguides

Pergi ke Banda Aceh tentu tidak lupa dengan Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini sudah dikenal lama sebagai simbol dari Provinsi Aceh. Bahkan masjid ini pun menjadi trend setter desain masjid lain di Indonesia dan Malaysia. Dan lagi, masjid yang megah ini merupakan salah satu masjid tua di Banda Aceh, didirikan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yang memerintah Aceh pada rentang tahun 1607 hingga 1636.

Monumen Pesawat Dakota Seulawah

Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini juga menjadi bukti kemakmuran masyarakat Aceh. Di sini, terdapat pesawat kedua milik Republik Indonesia bernama Dakota RI-001 Seulawah yang merupakan pesawat hasil sumbangan rakyat Aceh. Pesawat ini pun dikenal sebagai cikal bakal berdirinya Garuda Indonesia yang saat ini dikenal sebagai maskapai penerbangan terbesar di Indonesia.

Monumen Pesawat Dakota Seulawah
sumber gambar: Wikipedia

Pesawat Dakota RI-001 yang asli memang tidak ditempatkan di sini. Pesawat tersebut tersimpan di Taman Mini Indonesia Indah. Namun keberadaan tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini menjadi bukti betapa besarnya peran rakyat Aceh dalam pembangunan bangsa.

PLTD Apung

PLTD Apung
sumber gambar: Wikipedia

PLTD Apung ini menjadi tempat wisata di Banda Aceh yang populer sebagai salah satu monumen sisa-sisa bencana tsunami 2004 lalu. Kapal ini terseret oleh tsunami dan menempuh jarak sekitar 5 kilometer dari lokasi aslinya. Setelah dilakukan beberapa renovasi, PLTD Apung ini pun menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Museum Rumah Cut Nyak Dien

Museum Rumah Cut Nyak Dien ini sebenarnya tidak masuk dalam area Banda Aceh. Tempat wisata yang satu ini masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar dan berjarak kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Bangunan berbentuk rumah tradisional Aceh ini dibangun di atas lokasi yang dulunya merupakan rumah pribadi Cut Nyak Dien.

Museum Rumah Cut Nyak Dien
sumber gambar: Indonesia Kaya

Rumah tempat tinggal Cut Nyak Dien memang sudah tak lagi berdiri tegak. Tak lain karena rumah tersebut dibakar oleh tentara Belanda pada tahun 1893 pada saat terjadi Perang Aceh. Akibatnya, rumah tersebut pun hanya tinggal pondasi. Baru pada tahun 1980an, bekas rumah pahlawan wanita dari Aceh itu dijadikan sebagai lokasi museum.

Peucut Kerkhoff

Peucut Kerkhoff
sumber gambar: Aceh Planet

Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini merupakan bukti sejarah perlawanan masyarakat Aceh melawan penjajah Belanda. Peucut Kerkhoff ini merupakan area pemakaman serdadu Belanda yang tewas dalam pepemrangan. Tak kurang dari 2000 prajurit Belanda dimakamkan di tempat ini. Dan saat ini, para traveler pun banyak yang datang ke sana. Utamanya adalah para traveler dari negeri Belanda.

Kampung Turki di Bitay

Kampung Turki di Bitay
sumber gambar: adirafacesofindonesia
Siapa sangka ternyata masyarakat Aceh mempunyai hubungan yang sangat erat dengan negara Turki. Buktinya adalah keberadaan ‘Kampung Turki’ di Bitay, Banda Aceh. Tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini dikenal menjadi peristirahatan terakhir para guru, ustadz serta petugas militer dari Turki Utsmani yang dikirimkan ke negeri Aceh. Kedatangan orang-orang dari Turki tersebut pun bertugas untuk mengajarkan agama Islam ke masyarakat Aceh.


Makam orang-orang Turki yang datang ke Aceh itupun berada di Kompleks Situs Makan Tengku di Bitay, Banda Aceh. Terdapat sebanyak 48 makam kuno yang ada di area pemakaman ini. Termasuk di antaranya adalah makam Sultan Salahuddin. Area pemakaman ini sempat mengalami kerusakan saat bencana tsunami di tahun 2004. Dan Pemerintah Aceh pun kembali memperbaiki tempat ini lengkap dengan ornamen Timur Tengah.


Pantai Terong di Aceh Tengah

Pantai Terong di Aceh Tengah

Keindahan Danau Laut Tawar di Panta Terong di Aceh Tengah

Tempat wisata di Aceh paling indah dan favorit di kunjungi wisatawan pertama adalah Pantai Terong. Pantai Terong merupakan sebuah bukit yang berada di garis tertinggi dari Bukit Daratan Tinggi Gayo. Di sana kita bisa menyaksikan ibu kota dari Aceh Tengah serta danau jenis Laut Tawar secara menyeluruh. Tersedia juga lapangan pacuan kuda yang berada di bawah pengawasan Kecamatan Pegasing. Di Panta Terong, kita bisa menyaksikan pula berbagai yang ada di Bandara Rembele dari ketinggian, Pantan Terong adalah wilayah yang diapit dan dikelilingi dengan punggung Gunung Bukit Barisan yang cantik. Pantan Terong adalah salah satu destinasi wisata Aceh yang terletak di Kecamatan Bebesan, atau berjarak sekitar 7.5 km dari pusat kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah


Air Terjun Blang Kolam di Aceh Utara

Air Terjun Blang Kolam di Aceh Utara
Keindahan dari Air Terjun Blang Kolam di Aceh Utara

Tempat wisata di Aceh paling populer akan keindahnnya ketiga adalah Air Terjun Blang Kolam yang terletak di hutan teduh nan asri yang ada di Kab. Aceh Utara yang memiliki tinggi 75 Meter. Tempat wisata di Aceh yang satu ini adalah tempat yang sangat sejuk denagn keindahan alam yang masih asri yang akan membuat siapapun pengunjungnya ingin menikmati berbagai spot menarik yang tersedia disana. Salah satu spot yang terkenal adalah salah satunya dinginnya air terjun yang bisa kamu rasakan jika sedang berkunjung ke sana.

Ada berbagai aktivitas kegiatan yang bisa kamu nikmati di tempat wisata paling indah di Aceh tersebut, salah satunya adalah kita bisa berendam maupun menikmati keindahan dan bersantai diakhir pecan. Air Terjun Blang Kolam adalah salah satu tempat wisata yang bisa kamu nukmati bersama kehangatn keluarga. Rute menuju Air Terjun Blang Kolam sebenarnya tidak sulit. Banyak sekali jalur yang bisa kita tempuh saat berkunjung kesana. Salah satunya melalui rute Cunda Kota Lhokseumawe yang berada di Kabupaten Kandang Aceh Utara atau kawasan lhokseumawe

Gunung Selawah Agam di Aceh Besar

Gunung Selawah Agam di Aceh Besar
Kegagahan Gunung Selawah Agam di Aceh Besar , Tempat Wisata di Aceh
Kegagahan Gunung Selawah Agam di Aceh Besar salah satu tempat wisata pendakian yang indah

Tempat wisata di Aceh keempat adalah Gunung Seulawah Agam yang terletak di Kabupaten Aceh Besar. Seulawah Agam merupakan Gunung yang kaya berbagai koleksi jenis Flora dan Fauna. Banyak sekali fauna dan flora yang ada disana, sebut saja Harimau Sumatera, Kedih, Burung Rangkong, dan berbagai jenis Fungi atau Jamur serta berbagai fauna dan flora khas dari Sumatera.

Gunung Borni Telong di Bener Meriah, Aceh

Gunung Borni Telong di Bener Meriah, Aceh
Sisi Terindah Gunung Borni Telong di Bener Meriah, Aceh

Tempat Wisata di Aceh paling indah kelima adalah Gunung Burni Telong yang berada di kawasan Kabupaten Bener Meriah. Gunung Burni Telong adalah jenis gunung yang aktif yang pernah meletus pada 7 Desember 1924 yang menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Dari berbagai aspek lingkungan yang ada di sekitar tak terkecuali berbagai lahan pertanian serta berbagai perkampungan disekitarnya. Burni Telong jika di artikan ke bahasa Indonesia memiliki arti gunung yang terbakar. Burni Telong memiliki tinggi sekitar 2.600 meter diatas permukaan laut. Gunung tersebut berjarak sekitar 5 KM dari daerah Redeolong yang menjadi ibu kota dari Kab. Bener Meriah sekaligus Bandar Udara Rembele.

Saat berkunjung, untuk mencapai Gunung Burni Telong ada berbagai pilihan yang bisa kita pilih. Salah satunya Jalur Edelwais yang merupakan jalur yang sepanjangnya ditumbuhi berbagai bunga Edelwais atau dikenal dengan nama bunga abadi. Itu lah yang menjadikan Gunung Borni telong menjadi salah satu wisata terbaik di Aceh yang paling indah. Jalur tersebut adalah jalur utama dari Takengon-Bireun yang berada di samping Burni Telong yang ada diantara desa Bandar Lampahan. Jika kita memilih untuk berkemah ataupun mendaki di Gunung Burni Telong, kita harus konsultasi terlebih dahulu terhadap beberapa pemuda asli dari daerah tersebut, dikarenakan areal yang terjal dan sangat berbahaya jika anda lalui sendiri.

Kuala Merisi di Aceh Jaya

Kuala Merisi di Aceh Jaya
Mari Berkunjung ke Kuala Merisi di Aceh Jaya

Tempat wisata di Aceh keenam yang akan kita bahas adalah keindaahn dari Pantai Kuala Merisi yang termasuk kedalam tempat wisata jenis pantai yang indah dengan keindahan dan panorama yang dimilikinya. Kuala Merisi di Aceh Jaya adalah wisata yang sangat pas untuk keluarga dan teman anda. Karena disana , kebersamaan kita akan lebih terikat satu sama lain.

Tentunya Masih Banyak Lagi  Tempat wisata di Banda Aceh terpopuler Tunggu Artikel Berikutnya ....

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak