Vulkanisir atau retreading pada dasarnya adalah menambahkan telapak ban yang baru pada ban yang sudah gundul. Vulkanisir sangat disarankan untuk kendaraan komersial seperti truk atau bus untuk menghemat pengeluaran pemilik kendaraan.
Seperti diketahui harga ban truk atau bus bisa 4 kali lebih mahal dari pada ban mobil biasa.
Pada dasarnya setiap perusahaan yang bergerak dibidang Vulkanisir bisa melakukan vulkanisir asal beberapa syarat tercapai.
Memahami Vulkanisir Ban Yang pertama dan paling penting adalah kondisi casing ban yang harus bagus.
Persepsi orang banyak salah, dari dana 100 persen beli ban, sekitar 80 persen itu untuk biaya produksi dari casingnya, sementara telapaknya 20-30 persen. Artinya kebanyakan untuk casingnya. Selama casingnya bisa dipakai dan benar-benar baik kondisinya, ban bisa divulkanisir.
Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
Teknik vulkanisir di luar negeri juga sudah direkomendasikan.
Banyak pesawat terbang, bannya bisa 6 kali divulkanisir. Untuk ban dan bus maksimal 4 kali Vulkanisir.Yang dikembangkan memang rekomendasinya untuk truk dan bus yang off the road.
Yang perlu diingat pula, ban direkomendasikan untuk vulkanisir hanya khusus ban belakang saja. Ban depan atau ban setir disarankan jangan divulkanisir demi alasan keamanan.
Tapi itu tergantung dari regulasi negara masing-masing ya. Ada negara yang misalnya untuk bis anak sekolah tidak boleh ban di setir tapi untuk ban belakang.
Agar ban bisa divulkanisir, disarankan beberapa tips untuk menjaga kondisi casing ban tetap baik.
- Pertama menjaga tekanan angin ban sesuai rekomendasi,
- Kedua cara driver mengemudi jangan ugal-ugalan dan tetap menjaga kecepatan tidak over speed,
- Ketiga, sebelum ban menipis dengan melihat tread wear, langsung ganti telapak ban alias di vulkanisir.
Rekomendasinya, sebelum 3 milimeter (keausannya) baru dilepas untuk divulkanisir, jangan gundul banget bannya, karena kalau gundul akan merusak struktur dalam casing.
Seperti yang kita ketahui bahwa Vulkanisir atau bahasa luarnya
RETREADING, adalah proses ulang terhadap ban itu sendiri yang sudah
gundul tentunya yang bertujuan untuk menambah umur ban yang telah
digunakan. Proses ini dilakukan dengan cara melapisi kembali ban yang
telah aus digunakan dengan telapak baru (precured).
Seperti yang telah kita ketahui 70% nilai dari sebuah ban berada di
CASING dan hanya 30% berada di TREAD. Dan saat digunakan hanya bagian
yang 30% ini saja yang habis terpakai, sehingga seandainya pemilik kendaraan tidak melakukan Vulkanisir ,berarti perusahaan telah melakukan pemborosan sebesar 70% dari harga ban ersebut.
Kuncinya adalah merawat ban dengan mengikuti standard sehingga ban tersebut dapat diproses vulkanisir sampai dengan 4-5 kali.
Mengapa ban perlu di vulkanisir ?
Dengan melakukan vulkanisir ban, casing ban yang telah digunakan dapat
dipakai kembali hingga berulang kali sehingga menunda pembuangan sampah
ban ke lingkungan dan membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik .
Ban yang telah melalui proses vulkanisir memiliki kekuatan yang sama dengan ban yang baru, yang penting Anda tepat untuk memproses ban vulkanisir terhadap Pabrik vulkanisir tentunya yang sudah menggunakan peralatan dan mesin vulkanir modern.
Hampir semua ban karet yang diciptakan oleh manusia dapat di vulkanisir
kembali, seperti: ban mobil, ban truk, ban pesawat terbang, ban
forklift, dan ban dengan karet mati. (tidak memiliki ban dalam) Semua
ban tadi dapat divulkanisir dengan syarat bahwa ban tersebut masih
memiliki kondisi casing yang layak dan tidak habis masa pakainya .
jenis vulkanisir ada 2 macam :
1. Proses Vulkanisir Panas atau Mold Cure
Pada proses ini Casing ban yang telah dibersihkan ditempel dengan Karet
Compound (karet dalam bentuk setengah jadi, belum memiliki Pattern)
kemudian dimasukkan ke dalam mesin cetakan (Mold). Ban yang sudah
ditempel dengan Karet Compound tadi di Press ke Mold melalui tekanan
dari dalam ban dengan temperatur dan waktu tertentu hingga Karet
Compound tadi menjadi matang dan mengeras dan membentuk pattern yang
sesuai dengan pattern yang terdapat pada cetakannya (Mold).
Lengkap lihat Videonya Klik Disini
2. Proses Vulkanisir Dingin atau Pre Cure
Pada proses ini Casing ban yang telah dibersihkan ditempel dengan Tread
Rubber (karet jadi, dan sudah memiliki pattern) dengan bantuan Cushion
Gum. Ban tersebut kemudian diisi dengan ban dalam dan dibungkus dengan
Envelope kemudian dimasukkan ke dalam Chamber pemanas.
Ban kemudian di Press dua arah yaitu dari dalam dengan bantuan Ban Dalam
dan dari luar dengan menggunakan Envelope dan juga dipanaskan dengan
Chamber. Akibat dari tekanan dan panas tersebut Cushion Gum yang berada
diantara Casing dan Tread Rubber mengalami vulkanisasi dan menyatukan
semua elemen tadi (casing, gum, tread) menjadi satu.
Lengkap Video Klik Disini
Proses vulkanisir
Secara umum proses Vulkanisir dibagi menjadi beberapa tahap:
1.Inspection (Proses Panas dan Dingin)
adalah tahap pemeriksaan fisik ban, disini ban diperiksa keadaannya dari
lubang, sobek, retak, dan sebagainya. Apabila ban tersebut dinilai
layak maka ban tersebut akan maju ke tahap berikutnya.
2.Buffing (Proses Panas dan Dingin)
atau dikenal dengan proses pemarutan bertujuan untuk menghilangkan tapak yang sudah aus
dan membuat permukaan ban agar rata dan simetris. Sehingga Casing
tersebut nantinya dapat ditempeli dengan Karet Compound atau Cushion Gum
dan Tread Rubber.
3.Kniving (Proses Panas dan Dingin)
adalah pembersihan terhadap luka yang tidak dapat terjangkau
melalui proses Buffing. Disini benang yang keluar dari ban bekas buffing
dihilangkan, selain itu lobang dan kotoran yang tidak dapat dijangkau
oleh mesin Buffer dibersihkan
4.Repair (Proses Panas dan Dingin)
di tahap ini semua cacat pada Casing diperbaiki, lubang pada Casing dibersihkan kemudian ditembel dengan Filling (Cushion Gum), cekungan/kawah diratakan juga menggunakan Filling, sedangkan lubang dan kawah dengan diameter besar ditembel dari dalam dengan Tyre Patch.5.Cementing (Proses Panas dan Dingin)
adalah proses pemberian cairan Cement ke seluruh permukaan ban, cairan ini berfugsi sebagai lem untuk menempelkan Cushion Gum ke Casing.6.Building : Pemasangan karet
Panas : Building adalah proses penempelan Karet Compound dengan Casing,
disini Casing ban yang telah diberi oleh cairan Cement ditempel langsung
dengan Karet Compound untuk dapat diproses
lebih lanjut.
Dingin: Building adalah proses penempelan Cushion Gum dan Tread Rubber
dengan Casing, disini Casing ban yang telah diberi oleh cairan Cement
dilapisi dengan Cushion gum terlebih dahulu, setelah itu baru ditempel
dengan Tread Rubber dengan bantuan mesin Builder.
7.Envelope (Proses Dingin)
adalah proses pembungkusan ban yang hendak divulkanisir dengan bungkus khusus untuk memastikan agar Casing ban yang telah diprose/Building dapat ditempel menjadi satu dengan baik.8.Rim and Flange (Proses Panas dan Dingin)
adalah proses pemasangan ban dalam dan marset ke dalam Ban yang hendak
divulkanisir yang kemudian ditutup dengan pelek khusus. Tujuannya adalah
untuk dapat memasukkan tekanan angin ke dalam ban saat dimasak di dalam
cetakan (Mold) atau Chamber.
9.Curing (Proses Panas dan Dingin)
Panas :
Saat proses Curing, Ban yang sudah ditempel dengan Karet Compound tadi
di Press ke Mold melalui tekanan dari dalam ban dengan temperatur 140C
selama waktu tertentu hingga Karet Compound tadi menjadi matang dan
mengeras dan membentuk pattern yang sesuai dengan pattern yang terdapat
pada cetakannya (Mold).
Saat proses Curing, ban di Press dua arah yaitu dari dalam dengan
bantuan Ban Dalam dan dari luar dengan menggunakan Envelope dan juga
dipanaskan dengan temperatur 110C didalam Chamber selama 160 menit.
Akibat dari tekanan dan panas tersebut Cushion Gum yang berada diantara
Casing dan Tread Rubber mengalami vulkanisasi dan menyatukan semua
elemen tadi (casing, gum, tread) menjadi satu.
10.Final Inspection (Proses Panas dan Dingin)
bertujuan untuk memastikan bahwa ban yang telah selesai diproses dapat dipertanggung jawabkan dan memenuhi Industry Quality Standard sebelum diserahkan kembali ke konsumen.Demikian Memahami Vulkanisir Ban dan Salam Vulkanisir.
29 Comments
i got some more information about this topic, it is really helpful for me thanks for sharing those information. i need more information about this concept.
ReplyInformatica Training in Chennai
penjelasannya cakep banget
Replyplastik kemasan vacuum sealer
mesin es krim murah
mesin giling daging otomatis
vacuum sealer portable
mesin press plastik murah
mixer roti adonan
mesin mie cetak
ReplyThanks for the informative article. This is one of the best resources I have found in quite some time. Nicely written and great info. I really cannot thank you enough for sharing.
rpa training in bangalore
best rpa training in bangalore
RPA training in bangalore
rpa course in bangalore
rpa training in chennai
rpa online training
Superb.. Really it is an amazing article I had ever read. I hope it will help a lot for all. Thank you so much for this amazing post
Replymoto service center in chennai
motorola service center in chennai
moto service centre chennai
moto service center
motorola service center
motorola service center near me
motorola mobile service centre in chennai
moto g service center in chennai
motorola service center in velachery
motorola service center in t nagar
motorola service center in vadapalani
I am amzaed by the way you have explained things in this post. This post is quite interesting and i am looking forward to read more of your posts.
Replyoneplus mobile service center in chennai
oneplus mobile service center
oneplus mobile service centre in chennai
oneplus mobile service centre`
oneplus service center near me
oneplus service
oneplus service centres in chennai
oneplus service center velachery
oneplus service center in vadapalani
ReplyThis is most informative and also this post most user friendly and super navigation to all posts. Thank you so much for giving this information to me. Informatica training in Chennai.
Java training in chennai | Java training in annanagar | Java training in omr | Java training in porur | Java training in tambaram | Java training in velachery
Replythanks for sharing such a helpfull arti
https://www.krishnawellness.com/
Replyreally nice article
https://www.apponix.com/Digital-Marketing-Institute/Digital-Marketing-Training-in-Bangalore.html
Recommended money making games บาคาร่า
ReplyRecommended money making games sa gaming
Replyufabet Recommended money making games
Replyufabet Recommended money making games
ReplyRecommended money maEPICWIN
Replyking games
Recommended money making games EPICWIN
ReplyRecommended money making games PG SLOT
ReplyPG SLOT
PG SLOT
PG SLOT
Recommended money making games SLOTXO
ReplySLOTXO Recommended money making games
ReplySLOTXO Recommended money making games
ReplySLOTXO Recommended money making games
Replyjoker Recommended money making games
ReplySLOTXO Recommended money making games
ReplyVery Helpful Articles. uefa It might help you. uefa Thanks For Sharing
uefa Thank you very much.
Very nice post.
Replyrb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
This article is so interesting i love to share it with you guys.
Replyrb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
Amazing
Replyrb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
rb88 ล็อกอิน
This blog is providing valuable and unique information, Great job!.makampoppop002-superslot
Replyjoker123
pg
joker slot
joker gaming
slotxo
pg
ufa
Membeli rumah impian terkadang tidak selalu sempurna. Salah satu cara untuk menyempurnakan hunian idaman yaitu dengan renovasi. Renovasi rumah menjadi perkara penting apalagi jika bangunan yang ditinggali sudah berusia puluhan tahun.
ReplyMeski biaya renovasi rumah lebih hemat ketimbang membangun dari nol, ongkosnya tetap tak bisa disepelekan. Perencanaan anggaran biaya rombak rumah mesti disiapkan matang-matang demi mencapai hasil yang diimpikan.
Rumah
mungkin sudah tahu beberapa trik internet dan komputer yang membuat aktivitas harianmu lebih efektif dan efisien.Memang terdapat banyak sekali trik internet dan komputer yang sangat mempengaruhi aktivitas harian kita di luar sana, namun tentu tidak semuanya sudah kita ketahui.
Replywisata komputer
PG SLOT, the number 1 online slot, pg slot ทดลองเล่น apply for a new one, get 100%
ReplyPG SLOT, the number 1 online slot, pg slot ทดลองเล่น apply for a new one, get 100%
Try Free Slots. mega game slot Number 1 online slots
Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak