Harga Ban Truk Tambang ,Setara 3 Pajero Sport



Jangan Kaget Lihat Harga Ban Truk Tambang Ini, Setara 3 Pajero Sport 


Beragam kendaraan berat ditampilkan di pameran Mining Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Salah satu yang menarik perhatian adalah dump truck raksasa yang biasa dipaksa di area pertambangan. Dump truck ini memiliki harga yang sangat mahal, enam buah bannya saja berharga setara tiga unit Mitsubishi Pajero Sport.


Seperti disampaikan Product Sales Representative Pusaka Bumi Traktor Deny Sulaeman, dump truck raksasa ini bisa mengangkut beban hingga 120 ton. Jika ditambah bobot truknya sendiri, truk ini memiliki gross vehicle weight hingga 205 ton. Truk ini memiliki nama XCMG XDE130.





"Truk ini bisa mengangkut semua jenis mining yang produksi hariannya memang harus tinggi. Truk ini sudah pakai electric drive. Jadi pakai mesin, genset, dan motor listrik," bilang Deny ditemui detikOto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9/2023).


Bicara harga, truk XCMG XDE130 ini memiliki banderol sekitar Rp 17,8 miliar dengan inden atau masa tunggu hingga 3-4 bulan. Harga ban mobil ini pun nggak kaleng-kaleng, bisa tembus miliaran rupiah.



"Kisaran harga bannya itu Rp 250 juta sampai Rp 500 juta. Tergantung merek ban yang dipakai, kalau pakai merek Michelin atau Bridgstone pasti lebih mahal," sambung Deny.

Sebagai informasi, truk raksasa ini menggunakan enam buah ban. Asumsi harga satu bannya Rp 250-an juta, maka kalau ada enam ban harganya sekitar Rp 1,5 miliar. Maka, uang segitu kalau dibelikan mobil SUV Pajero Sport yang harga paling murahnya Rp 500 jutaan, bakal dapat tiga unit lho. Mahal banget ya harga bannya.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak