Ulang Tahun Auguste Rodin Ke-172


Ulang Tahun Auguste Rodin Ke-172 Di Logo Google Doodle Hari ini 12 Nopember 2012 | Auguste Rodin menjadi tema logo google hari ini. Beliau merupakan seniman pematung asal Prancis yang dikenal sebagai bapak pematung modern. Patung karyanya yang terkenal adalah Le Penseur (Pemikir) dan Le Baiser (Ciuman).


Saat Auguste Rodin lulus sekolah menengah, bakatnya yang hebat dalam seni pahat mulai terlihat. Rodin pun berencana melanjutkan studinya ke jurusan seni pahat, namun gagal saat tes. Kegagalan itu menjadikan Rodin mengambil jalur berbeda, yaitu bekerja sebagai perajin dan dekorator.

Pada tahun 1864 Auguste Rodin bertemu Rose Beuret, seorang penjahit wanita berusia 20 tahun, yang kemudian menjadi model patung sekaligus istrinya. Pada masa-masa itulah Rodin mulai menemukan gaya orisinalnya, dan semakin berkembang dalam karya-karyanya.

Dalam seni pahat, Rodin memiliki kemampuan menyampaikan perasaan melalui ekspresi wajah dan melalui bagian tertentu dari tubuh manusia. Dia menggoreskan lekukan-lekukan wajah yang dalam untuk menciptakan bayang-bayang yang kuat, sementara bagian wajah yang bertekstur memperkuat perasaan hidup dan gerakan, sesuatu yang tak terlihat pada bentuk pahatan klasik sebelumnya.

Pada tahun 1880, pemerintah Prancis menugaskannya untuk merancang sepasang pintu untuk museum seni dekoratif yang akan dibangun. Proyek yang terkenal dengan nama “The Gates of Hell” tersebut menyita seluruh waktu Rodin, hingga meninggal dunia, proyek itu tetap belum terselesaikan.

Karya patung dan seni Auguste Rodin banyak dipajang di Museum Rodin yang terletak dalam Hotel Biron, Paris. Susunan tata letak tempat tersebut sampai saat ini masih mempertahankan pengaturan asli Rodin.