Ada sarung tangan yang bisa mendeteksi kanker payudara ?

Ada sarung tangan yang bisa mendeteksi kanker payudara?

Ada sarung tangan yang bisa mendeteksi kanker payudara?
Sebuah sarung tangan yang diproduksi perusahaan IC Pharma dilaporkan mampu mendeteksi kanker payudara. Pihak perusahaan tersebut juga menyebutkan kalau deteksi menggunakan alat ini bisa lebih mudah daripada pemeriksaan sendiri dengan tangan.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail (07/11), sayangnya banyak ahli yang meragukan kemampuan dari sarung tangan tersebut. Peringatan untuk para wanita segera dilayangkan setelah produk sarung tangan dipromosikan dan dijual dengan harga 86 pound sterling atau sekitar Rp 1,3 juta.
Sarung tangan tersebut dipromosikan di Inggris setelah lolos uji klinis di Italia. Sarung tangan bernama BE gLOVE itu dikabarkan terbuat dari bahan super tipis poliuretan yang membuat jari mampu merasakan 15 kali lebih sensitif. Sehingga wanita yang menggunakannya mampu mendeteksi kanker payudara secara mudah.

Namun Mia Rosenblatt dari Breast Cancer Campaign tidak begitu yakin akan kemampuan BE gLOVE. Menurutnya, pemeriksaan mandiri secara rutin memang disarankan bagi para wanita. Tetapi belum ada bukti kuat bahwa sarung tangan tersebut bisa mendeteksi kanker secara akurat dan mampu menggantikan fungsi mammogram. Jadi sebaiknya para wanita tidak tergesa-gesa membeli BE gLOVE.
"Bukti dari kemampuan sarung tangan BE gLOVE sangat terbatas. Jadi jangan gunakan alat tersebut sebagai pengganti mammogram," tutur Rosenblatt.

Selain itu, Sally Greenbrook dari Breakthrough Breast Cancer juga ikut melontarkan pendapatnya.
"Kami tidak menyarankan para wanita menghabiskan uang untuk membeli produk seperti ini. Cara terbaik mendeteksi payudara adalah dengan mengenal bagian tubuh sendiri secara mendalam," demikian tegas Greenbrook.

Sumber